Mengupas Kebohongan Konspirasi Bumi Datar (2) : Bagaimana Cara Memotret Galaksi?

Mengupas Kebohongan Konspirasi Bumi Datar (2) : Bagaimana Cara Memotret Galaksi?

Gambar di atas dapat kita temukan dalam video ketiga Flat Earth tentang "Kebohongan Sains Modern"..


Sebagai pengantar, saya ingin mengutarakan hal-hal berikut. Menganggap bahwa otoritas tertentu seperti NASA dan yang lainnya telah melakukan manipulasi data dan fakta, sama sekali bukanlah jalan ilmiah untuk menerangkan konsep bumi datar..


Anehnya, Wilmore dan presiden organisasi Flat Earth Society yang bernama Daniel Shenton, menganggap bahwa pemanasan global itu memiliki bukti yang kuat. Padahal bukti-bukti pemanasan global banyak berasal dari data satelit yang dikumpulkan oleh NASA..


Dalam aspek psikologi, kita dapat menyimaknya dalam tulisan berikut :


1. Psychology (Trik Sulap Konspirasi Bumi Datar)

2. Wawancara Dengan Psikolog Spesialis Tentang Konspirasi Bumi Datar

Sebuah pernyataan menarik dalam video Flat Earth : "Sejujurnya, dalam tataran personal, tak ada bedanya anda mau percaya bumi ini kotak atau segitiga, dunia akan terus berjalan. Tapi dalam tataran sosial, jika satu kebohongan ini terbongkar, maka seluruh kebohongan dan kezhaliman yang dilakukan oleh elite global akan terbongkar. Ini seperti batu kerikil yang bikin jatuh raksasa.."


Bagaimana kita memahami perkataan tersebut..? kita jangan terlalu fokus dengan ungkapan raksasanya, tapi perhatikanlah batu kerikilnya. Bahkan mereka pun menganggap dirinya kecil layaknya batu kerikil. Jadi, jika sekarang anda termasuk bagian dari orang-orang yang terjebak, layakkah kerikil ini menjatuhkan anda ke dalam kubangan ilusi konspirasi..?


Dalam tulisan sebelumnya saya telah mengatakan bahwa pemodelan Flat Earth yang mereka lakukan tidak akan selesai dan tidak akan pernah selesai. Semakin mereka menjelaskan, akan semakin terlihat kecacatan argumen mereka. Dengan kata lain, ide tentang bumi datar hanyalah sebuah jalan pintas untuk mengetengahkan konspirasi tersebut. Video ketujuh tentang "Secret Societies" sangat menampakkan hal itu, pada akhirnya kita akan digiring untuk menganggap elite global dan berbagai otoritas yang ada sebagai sebuah simbol illuminati, freemason, dan sebagainya. Tidak ada hubungannya sama sekali tentang kosmologi bumi datar dalam tatanan ilmiah..


Bagaimana Cara Memotret Galaksi Bimasakti..?


Galaksi Bimasakti (Mengupas Kebohongan Konspirasi Bumi Datar)
Galaksi Bimasakti (Credit NASA)
Sebenarnya pertanyaan ini sudah pernah ditanyakan dan dijawab oleh LS, sebuah komunitas astronomi yang anggotanya adalah para astronom sungguhan. LS berkembang menjadi media komunikasi dan edukasi astronomi di Indonesia, sejak 2008 telah bergabung dalam asosiasi Internasional Global Hands on Universe..

Berikut kami salinkan pertanyaan dan jawaban menarik tentang bagaimana cara memotret galaksi Bimasakti..


Pertanyaan :


Gimana sih cara para astronom dalam mengambil gambar galaksi kita sendiri (galaksi bimasakti)..? Dan apakah gambar tersebut sesuai dengan kenyataanya..? Terima kasih..


Jawaban :


Bumi berada di dalam Tata Surya yang juga berdiam dalam galaksi yang kita kenal dengan nama Bimasakti. Tapi, pertanyaannya bagaimana para ilmuwan bisa mengetahui bentuk galaksi Bimasakti dan memotretnya kalau kita masih belum mampu menerbangkan wahana sampai ke luar Tata Surya..?


Sekarang mari kita analogikan dengan mempelajari rumah kita sendiri. Bayangkan kamu berada dalam rumah yang terkunci dan kamu tak pernah bisa keluar dari rumah itu. Jadi kamu pun tidak akan tahu bagaimana bentuk rumahmu secara utuh. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa mengetahui bentuk rumahmu..


Dari dalam rumah kamu bisa mengamati setiap sisi dan sudut. Kita tahu seperti apa kira-kira bentuk temboknya, atapnya, jendelanya. Kemudian kita juga bisa melihat rumah-rumah lain dari balik jendela. Maka kita pun bisa membandingkan dengan rumah-rumah tetangga dan mencari kira-kira rumah kita mirip yang mana. Maka kemudian kita pun bisa menggambarkan seperti apa rumah kita..


Demikian juga bentuk Bimasakti. Meskipun kita tidak bisa memotret seluruh galaksi Bimasakti dari "atas", tapi dari Bumi kita bisa melihat ke arah pusat galaksi Bimasakti untuk mengenal seperti apa bentuknya dan kemudian juga memotret sisi Bimasakti dari dalam galaksi Bimasakti itu sendiri. Kemudian kita bandingkan dengan galaksi lainnya yang kita lihat dan akhirnya bisa memprediksi seperti apa bentuknya tanpa harus keluar dari Bimasakti..


Apakah kemudian bentuk itu sesuai kenyataan..? Dari pengamatan dan membandingkan Bimasakti dengan struktur galaksi lain sehingga akhirnya bisa diketahui juga kalau Bimasakti merupakan galaksi spiral. Dan kita juga punya contoh galaksi spiral lainnya sehingga bisa diperkirakan seperti apa bentuk Bimasakti..


Mengapa para ilmuwan demikian yakin..? ketika kita melihat Bimasakti dari dalam, kita bisa melihat ke arah pusat galaksi yang ternyata seperti garis tipis panjang. Bentuknya mirip cakram dan bukannya ellipsoid.  Bentuk "bulge" atau tonjolan pada pusat galaksi seperti ini biasanya dimiliki oleh galaksi spiral. Selain itu kecepatan gerak bintang dan gas di dalam Bimasakti menunjukkan gerak rotasi yang lebih besar dari gerak acak. Ini merupakan ciri lain dari galaksi spiral. Karena itu kita bisa mengetahui bahwa galaksi Bimasakti punya bentuk seperti galaksi spiral lainnya..


Sesuai dengan kenyataan..? Paling tidak, berdasar data-data ilmiah, bisa dikatakan sesuai, the truth is, itu adalah kebenaran ilmiah, yang bisa dipertanggungjawabkan..


Dan untuk foto-foto Bimasakti yang kita lihat selama ini adalah foto-foto yang diambil dari Bumi yang bersama Matahari berada di salah satu lengan spiralnya ke arah pusat Galaksi..


Artikel sebelumnya : Mengupas Kebohongan Konspirasi Bumi Datar (1) : Gravitasi Dan Archimedes


——○●※●○——


Esha Ardhie

Rabu, 13 Juli 2016


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." [HR. Muslim no. 1893]


Blognya Esha Ardhie Updated at: 8:06:00 PM

53 comments:

  1. Kalo bisa foto galaksi bima sakti dari bumi, kok gak ketutupan satelit buatan bumi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bumi luas bro,sedangkan besar satelit tidak lebih besar dari sebuah rumah,jumlah satelit saat ini ada lebih dari 2000 buah,namun semua benda itu bergerak dengan kecepatan yang luar biasa sehingga sangat kecil kemungkinan untuk terlihat dari bumi

      Delete
    2. search ja d yutubbe "ternyata bumi Itu datar" Dorothy_Dragon Gamings. smw d djelasin disitu.

      Delete
    3. Kecepatan luar biasa? Tapi tdk didesain aero dinamis. Pesawat jet aja yg kecepatannya dbawah satelit katanya dbuat aerodinamis dan bahan yg lebih kuat

      Delete
    4. Setuju dengan prayogy kakunya. Satelit yang didesain aero dinamis bergerak dengan kecepatan yang luar biasa ? apa gak hancur tuh??

      Delete
  2. Semoga komentarnya tidak sedang bercanda, hehe :)

    Oia, masalah satelit, saya salinkan lagi komentar saya.. Semoga bisa membantu..

    Satelit bisa dikatakan memang sulit untuk dilihat, karena ukurannya yang kecil, apalagi jika dibandingkan dengan ukuran bulan (apalagi galaksi -_-)..

    Tapi tidak sulit untuk menemukannya, anda bisa menemukan satelit dan siarannya hanya dengan aplikasi hp dalam waktu singkat, simak tutornya dalam video berikut..

    https://youtu.be/uwyLIYtYD-g

    Kalau anda mau memotret satelit atau ISS pake teleskop, simak tutornya dalam video berikut..

    https://youtu.be/7eF7LQl0f0c

    ReplyDelete
  3. cari siaran bukan satellite

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mulai hari ini sampai 27 Agustus 2016, Stasiun Luar Angkasa Internasional akan lintasi pulau-pulau di Indonesia..

      Bisa diamati dengan mata telanjang atau lewat teleskop seperti pada foto yang dipotret Fayçal Demri dari Algeria. Dalam pandangan mata, ISS akan nampak bagai bintang terang tak berkelap-kelip yang bergerak cepat..

      Simak jadwal lengkap melintasnya ISS di sini: http://www.infoastronomy.org/spotthestation

      Delete
    2. ya kan cuma bisa liat keluar rumah... dari luar liat rumah bisa ga... tapi katanya rumah dikunci... terus motret rumahnya gimana..

      Delete
    3. ya kan cuma bisa liat keluar rumah... dari luar liat rumah bisa ga... tapi katanya rumah dikunci... terus motret rumahnya gimana..

      Delete
  4. Yang ini bener ga?
    http://bakingbrain.blogspot.co.id/2016/08/benarkah-bumi-mengelilingi-matahari.html

    ReplyDelete
  5. https://www.youtube.com/watch?v=kDnEUyl0PjI

    ReplyDelete
  6. firman allah bumi dihamparkan dalam quran

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya bukan hubungannya apa bro. tapi apa maksud dari firman allah swt trsb ?, bukannya manusia itu di beri akal dan pikiran untuk berpikir ya ?.jika kalian bisa berargumen begini begitu anda melebihi tuhan ? saya juga masih belum percaya atas semua video tersebut tapi saya masih mencari dari all kitab !.ini persoalan besar bukan kecil meliputi seluruh negara dan jgn sampai kita di bohongi oleh zionis dan manusia tidak beragama !

      Delete
  7. Isra miraj menuju langit ke 7
    Globe earth : langit ke 7 dimana
    Flat earth : Kubah bumi mempunyai 7 lapisan

    Bibel berkisah tuhan pernah menjatuhkan bintang ke bumi
    Globe earth : bintang besar dari bumi
    Flat earth : bintang itu kecil dan berputar mengelilingi bumi

    Waraha awatara pernah menyelamatkan bumi dari tenggelam di lautan kosmik
    Globe earth : lautan kosmik di mana
    Flat earth : di luar kubah bumi isinya adalah air

    ReplyDelete
  8. satelit atau drone nih... karena kalau liat parabola di ATM dan central Bank mengarahnya tetap ke satu titik,,, lho kok satelitnya muter2 ATM tetap bisa transaksi?
    .
    Btw saya lihat percobaan roket mengukur batas kubah langit... 3 roket mentok bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. GPS dan Google Maps lebih dulu digunakan daripada Drone..

      GPS bekerja sepenuhnya pada tahun 1993, link : http://www.nasa.gov/directorates/heo/scan/communications/policy/GPS_History.html

      Peluncuran Google Maps pada tanggal 08 Februari 2005, link : https://googleblog.blogspot.co.id/2005/02/mapping-your-way.html

      Sedangkan Izin FAA untuk penggunaan drone (dalam kasus bencana) baru pada tanggal 18 Mei 2006, link : http://archive.is/20120629064215/http://www.af.mil/news/story.asp?storyID=123024467

      Delete
    2. GPS tidak menggunakan satelit...
      penghitungannya melalui tower tower...

      Delete
    3. GPS pakai satelit dan keakuratannya disebabkan oleh penerapan hukum relativitas umum einstein..

      Delete
    4. wkwk google sendiri bilang dia ga pake satelit, kenapa situ yakin banget gps pake satelit?

      Delete
  9. untuk diketahui, saat ini dunia mengakui bahwa kecepatan internet lebih optimal melalui jaringan kabel fiber optik daripada sinyal satelit. Bahkan internet melalui satelit masih sebatas wacana gagasan saja.

    Lha terus bagaimana dengan cara kerja GoogleMaps atau game populer Pokemon Go? bukankah pakek GPS? enggak mas bro. Semua itu kerjanya berdasarkan BTS atau tower seluler terdekat dari anda.

    Lalu bagaimana dengan Satelit BRI yang baru saja diluncurkan?. Nagh disitulah bisnisnya, tetap saja data BRI terhubung melalui BTS terdekat lalu tersambung ke melalui kabel-kabel bawah laut. Terus bohong dong satelit BRI itu? disitulah inti bisnisnya. Amerika mengeruk jutaan dollar dari ilusi satelit.

    Masih gak percaya, kata flatter kita disuruh membandingkan bentuk pesawat dan satelit. Satelit BRI bisa ngebut sampai 23 kecepatan suara, tapi kok bentuknya sangat tidak aero dinamis? tidak seperti jet tempur HTV-3 pesawat tercepat saat ini.

    Tapi kan di angkasa luar tidak ada angin, hampa udara, jadi satelit bisa ngebut. Oke jika benar hampa udara, maka satelit memerlukan gaya dorong untuk bisa ngebut mengitari bumi. Naghhh kira-kira kenalpotnya satelit satu apa dua ya? tenaganya dorongnya berapa kuda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenaga kuda ga bisa gan... kasian kudanya...
      terus diangkasa hampa udara mati kudanya ...
      saya yakin pasti bukan kenalpot racing yang dipakai... mungkin kerjasama sam superman sssst... supermannya yang ndorong...

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Tenaganya ya gravitasi bumi lah, lu pikir bulan mengelilingi bumi pake knalpot

      Delete
    4. Tenaganya ya gravitasi bumi lah, lu pikir bulan mengelilingi bumi pake knalpot

      Delete
    5. hahaha wahyu definisi tentang gravitasi tuh gmna sih?

      Delete
    6. broh, para flater itu enaknya dimintain penjelasan aja, semakin mereka njelasin semakin ga karuan dan bikin ngakak argumennya, udalah kita gausa capek2 njelasin ke mereka, orang logikanya kaga main

      Delete
  10. Gravitasi atau atau masa benda hahaha

    ReplyDelete
  11. Lagian juga kalo misalnya bumi datar pasti ada ujung lingkarannya dong, trs air itu ketampung gimana kalo buminya datar? kalo pesawat terbang lurus terus, ujungnya bakal kemana yaa, aduh ada ada ajaa ya org luar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. search ja d yutube "ternyata Bumi itu datar" Dorothy_Dragon Gamings. semua djelaskan distu.

      Delete
    2. terus klo bumi bulat airnya gimana ketampungnya

      Delete
  12. Flat earth itu lelucon bagi orang yg udah kena doktrin kalo bumi itu bulat. hehehe saya sih netral. tp saya punya 3 pertanyaan buat orang orang yg percaya bumi itu bulat. pertanyaan dalam video flat earth.

    1. Perhitungan matematika gerhana
    2. Perhitungan matematika gravitasi
    3. Fisik melintasi antartika.

    kalo ini bisa di jawab saya juga percaya kalo bumi itu bulat.

    ReplyDelete
  13. I hope you think all there is in the Qur'an him our guidelines .. semua sudah jelas dan semua sudah ada alasannya kenapa bumi berbentuk bulat atau datar yg jelas buminya itu bulat tapi hanya dalam di bumi nya datar ..jgn mau di bodohi freemason semua mempunyai hak untuk dunia kita, dunia hak untuk semua umat manusia dan di dunia ini kita terlahir gratis tanpa harus bayar sepeser pun dan yg lebih penting lagi saya juga masih memperdalam nya!

    ReplyDelete
  14. Contoh rumah dan penjara tidak bisa membantu argumentasi untuk mengatakan bimasakti benar adanya, kita harus brangkat dari data rumah itu sendiri, dan kita juga harus punya pengetahuan tentang rumah, tentang kita yang di kurung di dlam rumah, sikat nya kita harus punya mata, dan indra indra lainnya. bgitu juga dengan sains, sains hnya melihat persis seperti mata kita, 3 km saja jauhnya, lebih dari itu, adalah asumsi, karena kebanyakan data bagaimana sains menghitung jarak bumi, bagaimana sains memprediksi geerhana tidak se mutlak itu, angka angka itu kliru ketika di uji, sama halnya letak satelit dan luas permukaan bumi.

    sains menemukanya hanya lewat pola, bukan dari data yang konkrit, sama hal nya dengan petani, yang mengetahui kapan mereka harus menanam kacang minsalnya ubi, jagung, persis sama, petani tau kapan dan bulan brapa, tahun brapa, karena pola itu pernah ada sebelumnya ,,
    gitu loh mass,
    mari mengkritik dengan rahan yang benar, kita harus brangkat dari data data sains dan mengujinya, sebelum mengatakan bumi itu datar atau bulat, karena itu bukanlah masalah mendasar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan, kalo ente gak percaya dengan ini, harusnya ente lebih gak percaya lagi FE. Pernah liat kubah bumi..? lah itu yang motret kubah bumi siape..? katanya kan gak ada yang bisa nembus kubah bumi :v

      Delete
  15. Saya ingin bertanya nih gan.
    Satelitkan jalannya cepet, 4x muterin bumi per hari. Nah, apa gk rusak tuh satelit? Pesawat yang (kalo gk salah) 3x/4x kecepatan suara sudah menggunakan design yang super aerodinamis. Nah, sekarang satelit yang muter 4x sehari, aerodinamisnya dimana gan?

    ReplyDelete
  16. Oh iya, kalo misalnya buminya bulat, berarti kita selama ini sholat melenceng dari kiblat dong gan?(terkena lengkungan bumi)
    Kalo pake peta bumi datar jadi jelas gan, kita langsung ngadep ke kiblat dan juga tidak membelakangi kiblat.

    Saya enggak dukung FE ataupun GE.

    Saya cuma ingin penjelasannya aja gan.

    ReplyDelete
  17. Secara garis besar dri pemahaman tersebut berarti foto bimasakti itu hanya hoax / buatan manusia semata. Bukan sebuah kenyataaan, kita sebagai manusia yg punya akal hanya butuh sebuah kejujuran dn pembuktian yg nyata bukan argumen tanpa pembuktian nyata.

    ReplyDelete
  18. Secara garis besar dri pemahaman tersebut berarti foto bimasakti itu hanya hoax / buatan manusia semata. Bukan sebuah kenyataaan, kita sebagai manusia yg punya akal hanya butuh sebuah kejujuran dn pembuktian yg nyata bukan argumen tanpa pembuktian nyata.

    ReplyDelete
  19. 23 kali kecepatan suara? kok bisa? tolong jelasin dong hehe

    ReplyDelete
  20. saya kira penjelasannya akan memuaskan, ternyata para astronom jg menjelaskan hanya dengan ilustrasi... :( pertanyaan sama dengan yg diatas, jika kita berada didalam rumah, maka kita bisa mendapatkan gambar/foto ("asli") rumah kita secara utuh gmn caranya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehee, justru para astronom itu menjelaskan bahkan dengan ilustrasi agar orang-orang yang gak berkecimpung di bidang astronomi bisa ikut paham juga, meskipun cuma gambaran logikanya. Komunitas itu berkembang dengan misi untuk memperkenalkan dan mempopulerkan astronomi kepada masyarakat, secara masyarakat kita kurang minat dan perhatiannya kepada astronomi, padahal ilmu astronomi itu tidak kalah pentingnya dengan ilmu-ilmu yang lain. Sekali lagi, komunitas astronomi itu memperkenalkan dan bukan "mengajari", kalo anda mau belajar yaa di sekolah. Sayangnya banyak orang yang sok pinter, padahal liat bintang dengan teropong aja belum pernah. Sudah saatnya kita menyadari kapasitas diri kita..

      Delete
    2. ga usah maksa gan kalo ga bisa jawab yang benernya.. bukan berarti gue tau yang bener, tapi orang tau mana yang bakal mereka percaya asal jelas dan mana yang bakal mereka bantah atau bingungkan kalo ga jelas.

      Delete
    3. Hahahahahaha sangat saintific jawaban nya lol lol lol

      Delete
    4. Hahahahahaha sangat saintific jawaban nya lol lol lol

      Delete
  21. saya akan mengkomentari dari segi agama ya. kalo yg ga percaya dgn agama berati saya anggap orang itu sesat dan penyembah selain tuhan.tuhan sendiri melalui agama memberikan info yg sebenrnya dan tiada keraguan sedikitpun. saya lihat situs ini memposting tentang nilai nilai agama islam dalam beberapa artikel, dimana saya berasumsi bahwa admin adl seorang muslim. Padahal jelas2 di al quran sudah tertulis bahwa bumi itu dihamparkan (bukan berbentuk bulat), di dalam injil juga disebutkan tentang bumi ditutupi oleh kubah (firmament). Mungkin perlu dicari lebih banyak bukti lain bila anda mengatakan bumi itu bulat.

    ReplyDelete
  22. Agak maksa ya penjelasannya, hanya untuk menyanggah saja

    ReplyDelete
  23. Kita tdk perlu debat kusir utk saling mempertahankan opini masing2 tp mari gunakan kecerdasan logika kita berdasarkan fakta2 dan hitungan2 yang ada diinternet yaitu NASA dll yang dikupas diyoutube seperti saudara Jhojo Riardy bilang
    search ja d yutubbe "ternyata bumi Itu datar" Dorothy_Dragon Gamings. smw d djelasin disitu. Salam kebersamaan, Semoga dengan kekuatan people power kita bisa menumbangkan paradigma dari "elite global"

    ReplyDelete
  24. Hello pemirsa ... Apakah Anda seorang musisi yang baik atau orang bisnis atau juga pekerja apapun dan Anda perlu kelebihan uang dan Anda juga ingin menjadi terkenal dan kaya di sini adalah kesempatan Anda untuk menjadi anggota Illuminati dan menjadi bintang di hidup Anda. jika Anda benar-benar tertarik untuk menjadi anggota penuh dari Illuminati jangan ragu untuk email kami atau hubungi dan kami juga ingin Anda tahu bahwa ada seorang pun yang menentukan masa depan Anda karena masa depan Anda tepat di tangan Anda sehingga bergabung dengan kami sekarang dan menjadi manusia yang bertanggung jawab menjadi baik-baik saja, sehingga email kami jika tertarik untuk menjadi kaya dan berkuasa email nya sekarang di: thegreatilluminatitemple0@gmail.com> atau hubungi mrs jennifer terus terang di 2347060886336 atau add kami di whatsapp melalui nomor yang sama.

    ReplyDelete
  25. Hello pemirsa ... Apakah Anda seorang musisi yang baik atau orang bisnis atau juga pekerja apapun dan Anda perlu kelebihan uang dan Anda juga ingin menjadi terkenal dan kaya di sini adalah kesempatan Anda untuk menjadi anggota Illuminati dan menjadi bintang di hidup Anda. jika Anda benar-benar tertarik untuk menjadi anggota penuh dari Illuminati jangan ragu untuk email kami atau hubungi dan kami juga ingin Anda tahu bahwa ada seorang pun yang menentukan masa depan Anda karena masa depan Anda tepat di tangan Anda sehingga bergabung dengan kami sekarang dan menjadi manusia yang bertanggung jawab menjadi baik-baik saja, sehingga email kami jika tertarik untuk menjadi kaya dan berkuasa email nya sekarang di: thegreatilluminatitemple0@gmail.com> atau hubungi mrs jennifer terus terang di 2347060886336 atau add kami di whatsapp melalui nomor yang sama.

    ReplyDelete

Silahkan masukkan komentar Anda, berbagi pengetahuan dan sudut pandang Anda. Setiap artikel sangat memungkinkan untuk diperbaiki dan dilakukan pengeditan..