Alasan Ilmiah Mengapa Kucing Tiga Warna Tidak Pernah Berusia Lama

Alasan Ilmiah Mengapa Kucing Belang Tiga Tidak Pernah Berusia Lama

Mengapa Kucing Belang Tiga Tak Pernah Berusia Lama

Oleh : drh. Puspasari Respatiningtyas

Kucing tiga warna (tricolor cat atau calico) merupakan kucing yang memiliki warna rambut (coat) perpaduan antara oranye, hitam, dan putih. Kucing tiga warna ini terkadang sering dihubungkan dengan mitos dan hal supranatural lainnya, namun ternyata terdapat fakta menarik dibalik tiga warna tersebut..

Berikut ini adalah alasan ilmiah mengapa kucing belang tiga tidak pernah berusia lama..

# Kucing tiga warna yang lahir dari kucing berwarna hitam dan berwarna oranye akan berjenis kelamin betina..

Warna rambut kucing merupakan sifat kucing yang terlihat yang dibawa oleh kromosom X. Kromosom X ini terdapat pada kromosom sex kucing betina (XX) dan kucing jantan (XY). Kucing betina berwarna hitam (Xb Xb) kawin dengan kucing jantan berwarna oranye (XB Y) akan menghasilkan kombinasi salah satunya adalah XB Xb yang akan memperlihatkan warna kucing tiga warna (oranye, hitam, dan putih) dan berjenis kelamin betina..

# Kucing tiga warna berjenis kelamin jantan tidak bertahan hidup lama..

Kondisi ini disebabkan oleh kombinasi kromosom yang mengalami perubahan, sehingga menimbulkan perubahan ekspresi gen. Kucing jantan yang seharusnya memiliki kromosom sex XY akan memiliki kromosom XXY jika memiliki warna rambut tiga warna..

Alasan Ilmiah Mengapa Kucing Tiga Warna Tidak Pernah Berusia Lama
Kucing imut dengan tiga warna
Kromosom XXY merupakan kelainan yang disebut Klinefelter Syndrome. Kelainan ini akan menyebabkan berbagai masalah seperti pertumbuhan yang tidak sempurna dan lambat, memiliki kematangan organ yang tidak sempurna, serta kemandulan (infertilitas) pada jantan. Oleh karena itu kucing dengan kelainan ini usianya tidak akan berlangsung lama..

# Induk kucing akan memakan kucing tiga warna berjenis kelamin jantan..

Kucing sebagai makhluk hidup memiliki insting (naluri) yang terasah dan secara alamiah didapat. Induk kucing yang mengetahui anaknya berjenis kelamin jantan dan tiga warna akan cenderung mengasingkan anaknya serta memakan anaknya. Hal ini dikarenakan insting ibu kucing yang telah mengetahui bahwa anaknya tidak akan hidup lama serta akan memiliki kecacatan atau kelainan. Insting ini merupakan hal yang wajar untuk mengeliminasi individu yang memiliki kelainan. Ini pun menjadi alasan jarangnya kucing tiga warna jantan yang bertahan hidup..

Kucing tiga warna ini merupakan keunikan tersendiri dan menyimpan misteri yang terungkap secara genetika dan ilmiah..

Baca Juga : Sains, Salah Satu Bekal Kita Untuk Kampung Akhirat

Sumber :

>> http://www.as.miami.edu/biology
>> Merck veterinary manual : Pet health (Congenital and inherited disorders affecting multiple body system of cats)

——○●※●○——

Disalin dari : http://tanyadokterhewan.com/2015/11/22/ini-alasan-ilmiah-mengapa-kucing-belang-tiga-tidak-pernah-berusia-lama

Esha Ardhie
Sabtu, 20 Agustus 2016


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." [HR. Muslim no. 1893]


Blognya Esha Ardhie Updated at: 11:38:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar Anda, berbagi pengetahuan dan sudut pandang Anda. Setiap artikel sangat memungkinkan untuk diperbaiki dan dilakukan pengeditan..