Objek Interstellar (Antarbintang) Pertama Yang Diamati Oleh Para Astronom

Komet Asteroid Antarbintang

Objek Interstellar (Antarbintang) Pertama Yang Diamati Oleh Para Astronom..

Baru-baru ini, para astronom telah mengamati sebuah benda yang diyakini sebagai objek antarbintang pertama yang memasuki ruang tata surya, ia berasal dari luar tata surya, dari suatu tempat dalam galaksi kita. Sebuah asteroid kecil, atau mungkin sebuah komet (mulanya diklasifikasi sebagai komet dengan kode C/2017 U1, kemudian diklasifikasi ulang sebagai asteroid A/2017 U1) dengan diameter 400 m dan melaju begitu cepat 25,5 km/s..

Objek ini terdeteksi pertama kalinya pada tanggal 19 Oktober 2017 oleh teleskop Pan-STARRS yang berpangkalan di Haleakala, Hawaii (Amerika Serikat), yang memang secara rutin melacak benda-benda di sekitar bumi untuk dievaluasi ancamannya. Lintasannya yang tidak normal, tidak bisa dijelaskan seperti orbit komet atau asteroid pada umumnya dalam tata surya. Objek ini memiliki orbit yang ekstrem, hampir tegak lurus dengan bidang ekliptika, yang mendorong para peneliti menyimpulkan bahwa asteroid tersebut tidak lahir dalam tata surya kita..



Mengingat orbitnya memiliki jarak terdekat dengan orbit Bumi, entah apa yang terjadi jika benda mungil tersebut menabrak planet kehidupan ini, mungkin seperti nuansa Perang Dingin, dan secara global menyebabkan perubahan iklim. Namun hal yang patut kita syukuri bahwa peluang terjadinya benturan tersebut ialah nol persen, karena jarak terdekatnya belum memasuki ambang batas. A/2017 U1 memiliki titik terdekat dengan Bumi, terjadi pada tanggal 14 Oktober (15 Oktober WIB) dengan jarak 24 juta kilometer (sekitar 60x jarak ke bulan), lalu melesat kembali meninggalkan kita dan menuju ruang antarbintang..

Ngomong-ngomong, asteroidnya mirip kamu ya, iyaaa kamu, yang datang hanya untuk pergi, mungkin tak kembali lagi... ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚


Bacaan Menarik : https://www.nasa.gov/feature/jpl/small-asteroid-or-comet-visits-from-beyond-the-solar-system

Baca Juga :

○ Cheetah (Citah), Hewan Tercepat Di Daratan Bumi Dan Menuju Kepunahannya
○ Hewan Terbesar Di Bumi, Paus Biru Dan Tentang Makanannya
○ Bagaimana Cara Kerja Herd Immunity (Imunitas Kelompok)?
○ Hummingbird, Burung Kolibri Yang Unik Dengan Metabolisme Tingkat Tinggi
○ Alasan Ilmiah Mengapa Kucing Tiga Warna Tak Pernah Berusia Lama

——○●※●○——

Esha Ardhie
Jum'at, 03 November 2017


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." [HR. Muslim no. 1893]


Blognya Esha Ardhie Updated at: 12.58.00
Please Feel Free to Share