Hewan Terbesar Di Bumi, Paus Biru Dan Tentang Makanannya

Hewan Terbesar Di Bumi, Paus Biru Dan Tentang Makanannya

Hewan Terbesar Di Bumi, Paus Biru Dan Tentang Makanannya

Paus biru adalah binatang yang dikenal sebagai hewan terbesar di planet Bumi, panjangnya bisa hampir mencapai 100 kaki dengan berat lebih dari 400.000 lbs. Menariknya, meski memiliki ukuran yang sangat besar, paus biru menelan krill (sejenis udang) sebagai makanan utamanya, krustasea kecil di hamparan luasnya lautan yang berada di bagian bawah rantai makanan. Paus biru akan menyusuri menuju sekelompok krill dan menelannya beserta sebagian besar air akan masuk ke dalam mulutnya, namun sistem penyaring khusus yang dikenal dengan plat baleen akan "memeras" air hingga keluar dari mulut dan menyisakan krill sebagai santapannya. Paus biru dewasa dapat mengonsumsi krill hingga mencapai 40 juta dalam satu hari..

Krill
Krill

Sekali telan, raksasa yang diambang kepunahan itu memang melahap makanannya dalam jumlah banyak, namun energi yang dikeluarkan juga tidak kalah besar. Efisiensi adalah faktor yang sering disebut-sebut dalam hal ini. Penelitian terbaru dari Oregon State University menemukan bahwa paus biru tidak akan menyia-nyiakan energinya hanya untuk makan, jika ia dapati hanya sekelompok kecil krill yang ia temukan..

Pesawat udara tanpa awak (drone) digunakan untuk mengamati perilaku paus biru di permukaan dan menemukan bahwa ia tidak merespons sekumpulan kecil krill, mengabaikannya dan menuju sekelompok krill yang lebih besar. Dalam video berikut kita akan menyaksikan bagaimana paus biru melahap krill hanya dengan satu serangan...


Pengamatan paus biru terhadap krill, dikatakan jarang terjadi. Rekaman ini menarik, sulit menangkap gambar yang bagus bila mengambil dari atas kapal, sedangkan pesawat atau pun helikopter akan membuat kebisingan yang menggangu, dan tim OSU (Oregon State University) dilatih untuk menerbangkan drone untuk dapat menyaksikan paus biru dari perspektif yang unik..

Paus Biru Hewan Terbesar Di Dunia
Perbandingan paus biru dengan manusia dan hewan lainnya.

Para peneliti menganalisis bahwa paus tersebut mendekati sekelompok krill dengan kecepatan sekitar 6,7 mph (mil per jam). Lalu ia melambat hingga kecepatan 1,1 mph untuk membuka mulutnya dan melahap makanan, setelah itu ia kembali lagi dengan meningkatkan kecepatan jelajahnya, dan tentu saja perilaku tersebut membutuhkan banyak energi. Strategi dalam memilih makanan seakan-akan seekor ikan paus dapat menghitung sendiri berapa besar asupan yang akan ia dapat, dibandingkan dengan berapa banyak energi yang harus ia kerahkan untuk melambat dan melaju lagi menyusuri lautan..

Referensi :

http://oregonstate.edu/ua/ncs/archives/2017/apr/new-video-shows-how-blue-whales-employ-strategy-feeding


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." [HR. Muslim no. 1893]


Blognya Esha Ardhie Updated at: 09.58.00
Please Feel Free to Share