HOAX, Benarkah NASA Mengakui Mukjizat Terbelahnya Bulan?

Hoax, Benarkah NASA Mengakui Mukjizat Terbelahnya Bulan?

Padahal NASA telah mengkonfirmasi bahwa TIDAK ADA bukti ilmiah yang menyatakan bahwa Bulan pernah terbelah, tetapi berita HOAX yang mengatasnamakan NASA masih saja terus beredar. My recommendation is to not believe everything you read on the internet, itulah quote yang paling tidak akan mengawali pembahasan kita kali ini..

Gambar di atas diambil oleh NASA pada masa eksplorasi Bulan di tahun 1969 dalam misi Apollo 10 yang merupakan gladi resik sebelum dilaksanakannya misi Apollo 11 yang telah membawa Neil Armstrong menjajakkan kakinya di permukaan Bulan. Namun tampaknya gambar tersebut telah membawa kontroversi, banyak artikel yang menggunakan gambar ini untuk menyatakan bukti Mukjizat bahwa Bulan pernah terbelah. NASA (National Aeronautics and Space Administration) yang merupakan lembaga pemerintah Amerika Serikat itu pun diklaim telah mengkonfirmasi tentang peristiwa terbelahnya Bulan. Apakah benar demikian..? Apakah goresan tersebut merupakan tanda bahwa Bulan pernah terbelah..?!

TEORI ASAL MULA TERBENTUKNYA BULAN

Pada tahun 2009, sebuah pertanyaan telah dijawab oleh NLSI (NASA Lunar Science Institute) mengenai peristiwa terbelahnya Bulan menjadi dua bagian..

>> Pertanyaan :

Was the moon split into two parts at a certain time?

Apakah bulan pernah terbelah menjadi dua bagian pada suatu waktu?

>> Jawaban :

I'm not sure what you[re referring to, but the current theory is that the Moon is the result of a collision with early Earth and a Mars-sized planetessimal. Early on when the Earth was completely molten, the heavier elements (iron, etc.) were falling to the center of the Earth leaving behind a less-dense outer layer/crust. When the collision happened, it ripped off that outer most layer and was flung out into orbit around Earth and eventually came together to form our Moon. This is the reassemble it, it is the result of two bodies collided with one another!

Saya tidak yakin dengan apa yang anda maksud, namun teori yang ada saat ini menyatakan bahwa Bulan tercipta dari sebuah benturan antara Bumi ketika berada dalam fase awal pembentukkannya dan sebuah planet kecil seukuran Mars. Awal pada saat Bumi benar-benar cair, unsur-unsur yang lebih berat (seperti besi, dll) jatuh ke pusat bumi meninggalkan lapisan luar yang kurang padat (kerak bumi). Ketika terjadi tumbukkan, lapisan terluarnya tercarik lalu terhempas menuju orbit di sekitar Bumi dan akhirnya terkumpul membentuk Bulan kita. Ini adalah penyatuan yang dihasilkan dari dua benda yang menumbuk satu sama lain..!!

[Sumber : http://sservi.nasa.gov/?question=was-the-moon-split-in-two]

>> Komentar :

Sangat tampak bahwa NASA sendiri pun tidak begitu paham dengan peristiwa terbelahnya bulan, sehingga mereka menjawabnya dengan teori pembentukkan bulan. Menurut teori yang dipaparkan, bulan terbentuk dari unsur-unsur kedua benda yang bertabrakan. Dan ini hanyalah salah satu teori yang menyatakan bagaimana mulanya bulan terbentuk..

HOAX, Benarkah NASA Mengakui Mukjizat Terbelahnya Bulan?
Sketsa tabrakan bumi dengan sebuah planet
Credit : Joe Tucciarone

Teori yang dijelaskan tersebut dikenal dengan sebutan "The Giant Impactor Theory" atau teori tubrukkan besar. Inilah teori pembentukkan bulan yang dapat diterima dan masih dalam pembahasan hingga saat ini, dibandingkan dengan teori-teori yang ada lainnya..
Untuk mengetahui lebih detail mengenai berbagai teori pembentukkan bulan dapat menuju ke link berikut: http://starchild.gsfc.nasa.gov/docs/StarChild/questions/question38.html

MENJAWAB TANYA

Gempuran berita HOAX yang begitu kuat tentu membuat banyak orang bertanya-tanya tentang hak mereka untuk mengetahui kebenaran. Jawaban di atas tampaknya belum cukup membendung kontroversi yang dibuat oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab..

Pada tahun 2010, NLSI menjawab kembali pertanyaan terkait hal tersebut dan kita dapat menyimaknya sebagai berikut..

>> Pertanyaan :

You’ve already answered this question in August 2009 but I’d like to go into more detail. This website: http://www.mastikorner.com/forum/islamic-picx/6843-miracle-prophet-muhammad-p-b-u-h.html claims that Allah split the Moon in two at the request of the Prophet Mohammed and that there is a split on the Moon documented by American scientists that goes right around it which is evidence of the miracle. Is there any truth to any of these claims?

Anda sudah menjawab pertanyaan ini pada bulan Agustus 2009, tetapi saya menginginkan yang lebih spesifik. Website ini: http://www.mastikorner.com/forum/islamic-picx/6843-miracle-prophet-muhammad-p-b-u-h.html mengklaim bahwa Allah membelah bulan menjadi dua bagian atas permintaan Nabi Muhammad dan di sana terdapat sebuah goresan pada bulan yang didokumentasikan oleh para ilmuwan Amerika ketika mereka berada di sekitar bulan, yang hal itu merupakan bukti dari kebenaran mukjizat. Apakah klaim ini benar..?

>> Jawaban :

My recommendation is to not believe everything you read on the internet. Peer-reviewed papers are the only scientifically valid sources of information out there. No current scientific evidence reports that the Moon was split into two (or more) parts and then reassembled at any point in the past.

Saya menyarankan agar anda jangan mempercayai semua yang anda baca di internet. Karya tulis yang telah ditela'ah oleh pakarnya merupakan satu-satunya sumber ilmiah yang dapat dipercaya dari semua informasi yang ada. Sampai saat ini, tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa bulan pernah terbelah menjadi dua bagian (atau lebih) kemudian setiap bagian tersebut menyatu kembali pada masa lalu.

[Sumber : http://sservi.nasa.gov/?question=evidence-moon-having-been-split-two]

>> Komentar :

Jawaban yang sangat tajam..!! Namun dengan ini kita telah yakin bahwa NASA tidak pernah menyatakan atau membenarkan peristiwa terbelahnya bulan dan tidak terdapat bukti ilmiah mengenai hal tersebut..

BUKTI BULAN PERNAH TERBELAH..?

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana dengan goresan di permukaan bulan yang seolah-olah merupakan tanda bahwa bulan pernah terbelah..? Penjelasan asli mengenai gambar tersebut dapat dilihat pada link NASA berikut: http://apod.nasa.gov/apod/ap021029.html

Setelah kita membacanya maka kita akan mengetahui bahwa foto tersebut sama sekali tidak menjelaskan perihal terbelahnya bulan. Foto dengan zoom yang besar memang tampak seperti goresan terbelah. Nyatanya, goresan tersebut hanyalah salah satu jenis kanal sempit (disebut rille) yang dinamakan dengan Ariadaeus Rille, yaitu kanal yang berbentuk hampir lurus. Dan ternyata, di bulan banyak terdapat berbagai jenis kanal yang terbentuk dari aktivitas goelogis permukaan bulan. Jadi anggapan bahwa kanal tersebut adalah bukti bahwa bulan pernah terbelah sangatlah mengada-ada. Perhatikanlah gambar di bawah ini, apakah semua garis-garis itu menunjukkan bahwa bulan pernah terbelah menjadi dua..!?

HOAX, Benarkah NASA Mengakui Mukjizat Terbelahnya Bulan?
Beberapa kanal di permukaan bulan
Credit : Lpi.usra.edu

Penjelasan mengenai Ariadaeus Rille bisa disimak di sini: http://www.nasa.gov/mission_pages/LRO/multimedia/lroimages/lroc_20090928_ariadaeus.html

KESIMPULAN

Jadi, adakah bukti ilmiah saat ini yang menyatakan bahwa bulan pernah terbelah menjadi dua bagian kemudian menyatu kembali..? Jawabannya adalah tidak ada. Apakah NASA membenarkan mukjizat terbelahnya bulan..? Jawabannya adalah tidak..

Terbelahnya bulan adalah haq (benar) berdasarkan dalil-dalil yang shahih, namun kita mesti memahami bahwa Mukjizat yang kita yakini dengan pasti tidaklah harus memiliki bukti ilmiah dari sudut pandang sains, dan kebenaran Islam sama sekali tidak butuh pengakuan dari berita-berita HOAX. Jika ada orang-orang yang mengklaim sesuatu atas nama NASA, maka kita cukup menanyakannya satu hal, mintalah link dari situs resmi milik NASA atas berita yang mereka klaim. Jika tidak terdapat dalam situs-situs resmi milik NASA, lalu darimana mereka mendapatkan informasi tersebut kalau bukan dari berita HOAX..!?

Allahu a'lam..

——○●※●○——

Esha Ardhie
21 September 2015


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." [HR. Muslim no. 1893]


Blognya Esha Ardhie Updated at: 7:15:00 PM

9 komentar:

  1. Muhammad adalah benar benar utusan Tuhan/Allah,Semua ucapannya benar,sebagian telah terbukti valid (benar,tanpa ada yang mampu membantah) ,sebagian lagi hanya tinggal menunggu waktu pembuktiannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita mesti memahami bahwa Mukjizat yang kita yakini dengan pasti tidaklah harus memiliki bukti ilmiah, dan kebenaran Islam sama sekali tidak butuh pengakuan dari berita-berita HOAX.

      Delete
    2. Buktinyata ya Al-Quran gan...

      Delete
    3. Surat dan ayat yang mana Gan? Jangan ngarang

      Delete
    4. Banyak orang mentakwilkan ayat mutasyabihat. Dari segi bahasa saja mereka sudah mengada-ada, belum lagi dari makna sebenarnya. Maka berhati-hatilah dalam menafsirkan ayat karena sahabat sendiri pernah salah menafsirkan ayat padahal sehari-hari mereka menggunakan bahasa arab untuk berkomunikasi.

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. di rusia malah pernah muncul 3 matahari...
    http://news.liputan6.com/read/2177553/fenomena-3-matahari-cantik-muncul-di-rusia

    ReplyDelete
  4. Saya curiga pembuat hoax sejenis adalah yahudi nasrani, sebagai bahan olok olok utk umat Islam

    ReplyDelete

Silahkan masukkan komentar Anda, berbagi pengetahuan dan sudut pandang Anda. Setiap artikel sangat memungkinkan untuk diperbaiki dan dilakukan pengeditan..