Psychology (Trik Sulap Konspirasi Bumi Datar)

Psychology (Trik Sulap Konspirasi Bumi Datar)

Argumen sederhana. Orang yang mencoba menengahkan antara Flat Earth dan Globe Earth, sekilas terlihat bijak. Namun orang tersebut sebenarnya telah terjangkit virus konspirasi. Entah ia membenarkan atau pun tidak membenarkan sepenuhnya teori tersebut, dengan bersikap menengahi setidaknya mereka telah MENGAKUI keberadaan flat earthers, dan tentu saja tujuan pertama dari disebarkannya konspirasi adalah agar dunia mengakui keberadaan mereka. Setelah diakui, mereka akan berusaha mengambil tempat dan menggantikan posisi kaum mayoritas. Coba disimak lagi dan sedikit direnungkan, flat eathers sama sekali tidak menyajikan kata-kata dan data-data sebagai bentuk dari ungkapan "Tawaran Informasi", tetapi mereka menjelaskan ini dan itu diiringi keyakinan penuh dengan seyakin-yakinnya bahwa bumi ini pasti datar, PASTI datar..


Baca juga : Mengupas Kebohongan Konspirasi Bumi Datar (1) - Gravitasi Dan Archimedes

Pembicaraan seputar ini, pro dan kontra yang semakin pekat setelah dirilisnya video flat earth. Pertanyaan saya adalah, mengapa mereka memilih media audio visual atau video dan mengapa pengaruhnya begitu kuat..? Jawaban sederhana, karena mata adalah indera yang paling mudah untuk dibohongi dan telinga adalah indera yang paling mudah dipengaruhi. Layaknya sebuah trik sulap. Apa itu sulap..? sulap adalah pengecohan yang dirancang untuk menyusup ke dalam 2 (dua) sistem, kepercayaan dan keyakinan. Dan sepasang mata adalah jalan terbesar untuk masuk ke dalam sistem tersebut..


Bagaimana kaum minoritas memiliki kekuatan untuk melawan kaum mayoritas..? Bagaimana bisa 1 orang beratraksi di atas pangggung, tetapi ia dapat membuat jutaan pasang mata bertekuk lutut dan bertepuk tangan..? Itulah magic. Dan satu hal lagi, tanpa adanya ALUR CERITA YANG MENARIK, trik sulap mereka hanyalah sampah. Bukankah demikian yang sering kita dengar dari para komentator magician..?


Sudut pandang kaum minoritas yang diungkapkan dengan cara yang cerdas dan diinformasikan dengan sangat baik, maka tidak mustahil jika mereka menjadi sangat berpengaruh..


Ketika seorang pesulap mengayunkan satu tangannya lalu berkata: "Abra Cadabra," maka sesungguhnya satu tangannya yang lain sedang melakukan sesuatu yang tersembunyi. Konsep dasar magic, pengalihan telah menyembunyikan potongan-potongan cacat..


Ketika kita diperlihatkan gambar-gambar yang seolah mendukung, ditambah dengan alunan musik, data-data yang seolah fakta, dan intonasi kata-kata layaknya kebenaran yang harus kita terima, di sisi lain mereka menyembunyikan hal yang justru sangat penting, apa itu..?


Cara mereka mengambil kesimpulan, itulah potongan cacatnya. Menjelaskan sesuatu yang besar, namun tanpa disertai dengan hal-hal yang rinci dan penjelasan yang lengkap. Kesamaran adalah kekuatan mereka..


Karen Douglas, seorang psikolog University of Kent di Inggris mengatakan:


"Flat-earthers' beliefs cohere with those of other conspiracy theorists she has studied. All conspiracy theories share a basic thrust: They present an alternative theory about an important issue or event, and construct an (often) vague explanation for why someone is covering up that 'true' version of events. One of the major points of appeal is that they explain a big event but often without going into details.."


Dalam video pertama, setelah menyebutkan 10 argumen bumi berbentuk bola, mereka mengatakan: "Ternyata, jika kita mereview dengan data dan fakta yang credible, kesepuluh hal itu ternyata tidak benar.." Lalu dilanjutkan dengan kalimat: "Semua data ada di depan mata, kita hanya tak pernah memperhatikannya.."


Mereka mengatakan bahwa foto-foto bumi hanyalah rekayasa komputer atau CGI (Computer Generated Imagery) dan itu semua adalah palsu. Sepintas kita akan berpikir untuk mencari foto-foto bumi yang bukan CGI, tanpa disadari sebenarnya kita telah masuk ke dalam perangkap. Bukan kita yang harus mencari dan membuktikan, tetapi merekalah yang harus menyajikan data dan menerangkan bagaimana cara mereka menyimpulkan bahwa foto CGI yang beredar itu palsu dan tidak sesuai dengan kenyataan. Mereka harus melakukan itu sebagai bentuk tangung jawab atas apa yang mereka tuduhkan..


Orang yang menganggap sesuatu itu palsu, bukan berarti bahwa dialah yang asli. Mereka tidak menemukan foto bumi yang bukan CGI, lantas mengklaim CGI yang tersebar itu tidak sesuai dengan fakta, sederhana sekali bukan..?


Perhatikan. Jika mereka belum pernah melihat foto BENTUK bumi yang asli, bagaimana mereka dapat menyimpulkan sesuatu itu palsu atau asli, mana yang sesuai dengan kenyataan dan mana yang tidak sesuai dengan kenyataan. Ingat, ini bukan masalah warna, tapi masalah bentuk. Apa mereka punya foto flat earth yang asli dan bukan CGI sehingga mereka sangat yakin bahwa bumi ini datar..? Jika mereka bilang semua data ada di depan mata, dimana saya bisa mendapatkan foto flat earth yang asli..? Intinya, proses pengambilan kesimpulan bahwa CGI bumi itu palsu sama sekali tidak ilmiah, jawaban yang sangat terlihat dibuat-buat..


Coba disimak lagi dan sedikit direnungkan, flat eathers sama sekali tidak menyajikan kata-kata dan data-data sebagai bentuk dari ungkapan "Tawaran Informasi", tetapi mereka menjelaskan ini dan itu diiringi keyakinan penuh dengan seyakin-yakinnya bahwa bumi ini pasti datar, PASTI datar. Bukan bulat, bukan kotak, bukan segi tiga, bukan prisma, bukan yang lainnya melainkan pasti datar..


Maka dengan cara pengambilan kesimpulan yang seperti itu, layakkah kesimpulannya dianggap sebagai sebuah FAKTA..?? Kesimpulan bahwa CGI bumi itu palsu, satelit palsu, dan sebagainya, tidak lain hanyalah TUNTUTAN untuk menciptakan alur cerita yang mengalir dan menarik, tidak ada pilihan lain..


Itulah magic, tanpa adanya ALUR CERITA YANG MENARIK, trik magic mereka hanyalah sampah..


Flat Earth Challenge. Mereka mengatakan: "Silahkan terbang melintasi antartika sehingga terbukti bumi ini berbentuk bola. Anda pasti tak akan dapat melakukannya.."


Jebakan lagi, merekalah yang seharusnya melakukan ekspedisi. Perhatikan, mereka sendiri bahkan belum sejengkal pun berlayar, tetapi sudah menyimpulkan layaknya sebuah fakta yang harus diterima bahwa anda tidak akan dapat melintasinya. Ingat, kita tidak sedang membahas benar atau salah, yang selalu kita perhatikan di sini adalah proses pengambilan kesimpulannya..


Argumen mereka tidak solid bahkan menyimpang, tetapi dibahasakan dengan cara yang sangat meyakinkan. Barangkali itulah yang membuat segala sesuatunya menjadi...... di luar dugaan, hehee..


Mereka tidak ingin dianggap lelucon, tetapi dalam video mereka menampilkan potongan adegan-agedan film, mengaitkannya dengan konsep ketuhanan. Apa itu bukan lelucon..?


Kita tidak perlu repot-repot membantah teori mereka, cukup tonton kembali video itu dan temukanlah potongan-potongan cacat lalu berkesimpulanlah, apakah mereka layak untuk dibantah..?


"I was thinking of writing up a definitive post debunking this silliness, but decided I have better things to do, like clipping my toenails.." (Phil Plait)


Lima ratus tahun atau lebih, entah berapa lama mereka telah melakukan pemodelan. Yang jelas, pemodelan flat earth belum selesai dan belumlah tuntas. Menurut teori mereka, bukan kita yang ditarik oleh bumi. Tetapi cakram bumilah yang bergerak ke atas dengan percepatan 9.8 m/s² yang disebabkan oleh kekuatan misterius yang dinamakan dengan "energi gelap". Apakah cakram bumi tersebut dapat bergerak ke atas melebihi kecepatan cahaya menurut Teori Relativitas Einstein..? mereka pun masih memperdebatkannya. Rupanya hukum Einstein masih berlaku di dunia mereka, hehee. Ini berdasarkan artikel yang ditulis pada tahun 2012, sedangkan dalam video ketiga flat earth 101 "Kebohongan Sains Modern" disebutkan bahwa kekuatan yang menyebabkan bulan dan matahari bergerak mengelilingi bumi adalah medan elektromagnetik. Grativasi adalah ilusi, heliosentrik adalah kebohongan sains..


Prediksi. Pemodelan mereka tidak akan selesai dan tidak akan pernah selesai. Karena kekuatan mereka ada pada kesamaran, semakin mereka menjelaskan secara detail maka akan semakin terungkap kecacatan argumen mereka..


——○●※●○——


Please correct me if I am wrong..


Esha Ardhie

Minggu, 10 Juli 2016


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." [HR. Muslim no. 1893]


Blognya Esha Ardhie Updated at: 7:34:00 PM

85 komentar:

  1. Bagaimana mungkin ada orang yang dapat mengambil gambar bumi tanpa edit jika ruang angkasa dan sejarah manusia pergi ke bulan itu masih jadi tanda tanya bagi umat manusia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Jangankan sekedar foto bumi, bahkan wahana antariksa atau pesawat luar angkasa NASA udah nyampe Pluto dan berhasil mengekspolasinya. Silahkan cek sendiri bukti-buktinya di sini >> http://pluto.jhuapl.edu/

      2. Soal risalah manusia ke bulan, mereka melakukan perjalanan ke bulan dan kembali lagi ke bumi bukanlah dengan hamparan tangan kosong, tetapi mereka membawa batu-batuan bulan. Itulah bukti valid yang tidak bisa dikonspirasikan. Silahkan cek di sini >> http://science.nasa.gov/science-news/science-at-nasa/2001/ast23feb_2

      Delete
    2. klo sumbernya hanya NASA, kumpulan ilmuan dibawah amerika. klaim mereka gak bisa 100% dibenarkan, media yang mempublikasikan juga gak ada yang idependent. hanya sebagai referensi ilmu pengetahuan bukan fakta untuk diyakini. film holywood aja bisa menampilkan scane diluar yang bisa dibayangkan penonton dengan teknologi, bukan tidak mungkin NASA yang kumpulan orang pintar bisa menyajikan sesuatu yang sulit dibantah.

      untuk meredam konspirasi bumi datar, bisa membuktikan bahwa antartika bukan pinggiran dari bumi tapi berupa benua. lagi2 amerika yang bisa menjawabnya karena meraka yang bisa meliris gambar (bisa dibuktikan keaslianya) dan mereka pula yang menjaga kawasan antartika.

      Delete
    3. Ikuti saja rangkaian artikel ini, semoga bisa mencerahkan..

      Delete
    4. andaikan bumi bulat,maka arah kiblat menjadi 2, menghadap dan membelakangi kiblat jadi ambigu,.yang mana menghadap yang mana membelakangi,
      sedangkan bumi datar sudah jelas hanya satu arah kiblat.
      oh... JADI ADMIN DI ARTIKEL INI PERCAYA DENGAN INFORMASI DARI NASA... MAKAN INI BULLSIHT.. SILAHKAN NONTON SAMPAI HABIS..https://www.youtube.com/watch?v=kDnEUyl0PjI

      Delete
    5. Ya tentu arah kiblat diseragamkan ke barat, biar tidak membingungkan seperti mencari hilal.

      Delete
    6. Ada kok foto bumi tanpa diedit diambil dari Wahana Voyager

      Delete
    7. Bukti koq foto.. dari 3 milyar orang hanya 4 orang, yang bisa pergi membuktikan. Tidak usah yang susah dan diluar imajinasi kita. ada banyak teori kita bahas satu-satu bagaimana ?? kita mulai dari kelengkungan bumi browsing earth curvature. jarak Berapa kilometer dapat dibuktikan kelengkungan bumi itu nyata ??? Nanti saya tampilkan proyeksi pengamatan benda

      Delete
    8. Kurvatur bumi 5 inch per KM..

      https://www.metabunk.org/earth-curvature-refraction-experiments-debunking-flat-concave-earth.t6042/

      Delete
    9. Tampilan proyeksinya ane tunggu om..

      Delete
  2. urutan cerita yang disajikan flat earther dalam video memang sepertinya sudah dikomposisikan sedemikian rupa, sehingga bikin kepala gampang mengangguk angguk. paling tidak itu yang saya alami :D
    ada salah satu video yang tidak bisa di play lewat HP.... Perihal bagaimana terbit dan tenggelamnya matahari (kalau flat earther mungkin gak pas kalau pake istilah terbit&tenggelam :D ) akhirnya bagian itu saya lewati, baru melihat video tsb ketika di depan Pc... dari kepala mengangguk angguk dengan cerita tentang flat earther berubah jadi gelang gelang.

    ReplyDelete
  3. flat earth society = SAMPAH....!!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampah ada tempatnya om, flat earth society tempatnya dimana..? ๐Ÿ˜‚

      Delete
    2. Ilmu SMP dibanggakan. Memang kamu saja yang pernah mengeyam pendidikan SMP ??
      Di SMP ada rumus Bola kan coba berapa jarak nyata kelengkungan bumi bisa dibuktikan. DIAMETER BUMI itu 12.742 km. jadi pada radius jari-jari berapa kelengkungan bumi bisa dibuktikan. pake rumus lebih bagus. jangan logika apalagi nalar anak SMP

      Delete
    3. Kurvatur bumi 12,5 cm per KM..

      https://www.metabunk.org/earth-curvature-refraction-experiments-debunking-flat-concave-earth.t6042/

      Delete
    4. Sebuah benda massanya 2 kg, dijatuhkan dari ketinggian 5 m. Berapa waktu dan kecepatan benda saat menyentuh tanah..?

      Tuh soal SMP..
      Bisa jawab..? :p

      Delete
  4. Fakta bumi datar sudah menjadi rahasia umum. The earth is FLAT.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kayaknya mukanya Mas xixixix

      Delete
  5. ajakin diskusi dong bang ane, saya sih gak terlalu pusing datar apa bulet, tapi lebih penasaran sama konspirasi aliran sesatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aliran sesat yg mana bang denis? rasanya saya gak pernah nyebut-nyebut aliran sesat dalam artikel flat earth, hehe :D

      Delete
    2. ealah org kykl gini toh pola pikinya org yg percaya bumi bulat ? cuma buly , hehehe,,,

      Delete
  6. Yg yakin dengan bumi datar itu kemungkinan besar waktu sekolah sering mbolos, copas catatan teman, dan nyontek waktu ujian. Wkwkk... Ada-ada saja...

    ReplyDelete
  7. salah satu metode brainwashing....jd yg langsung yakin bumi datar berarti ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti... berarti dia jadi kerumunan flat-earthers om ๐Ÿ˜‚

      Delete
  8. Siapa sih pembuat channel flath earth 101 , ya , namanya luli alias bossdarling ,

    Apa sih yang melatarbelakangi pembuatan fe 101?

    Uang , boss darling adalah seorang blogger yang mencari perhatian untuk mendapatkan view

    ReplyDelete
  9. Siapa sih pembuat channel flath earth 101 , ya , namanya luli alias bossdarling ,

    Apa sih yang melatarbelakangi pembuatan fe 101?

    Uang , boss darling adalah seorang blogger yang mencari perhatian untuk mendapatkan view

    ReplyDelete
  10. Aduh ribet juga ni penulis, dia brmasalah.y dg flatheather, malah yg menengahi kena juga. Tidak ada satu kepastian melainkan dari tuhan mas, mang situ sdh yakin bumi betul2 mirip bola?, z g percaya keduanya karna belum ada bukti dari keduanya yg betul2 pasti, apa bedanya situ sma flatearther, yg memakdakan kehendak bahwa bumi begini begitu, sama sja, flatearther g punya foto bumi datar, sedangkan nasa punya foto bumi bola, meski CGI. Alasan.y karna foto asli yg digabungkan melalui aplikasi komputer, klo begitu kenapa g sekalian diupload foto aslinya??, sma aja, kalk udah fanatik begini ni, z merima kberadaan flatearth krn itu layak dipertimbangkan, ini bukan berrti lgsung percaya. Ingat kepastian sesungguh.y cuma dri pencipta, bukan ciptaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejak Abad ke-6 Sebelum Masehi, hipotesa bumi datar sudah runtuh.. Sekarang udah tahun 2016 Masehi ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Delete
    2. Mereka punya bukti bisa dibuktikan terbalik ??? Hipotesa manusia kera darwin juga runtuh tahun 2001. Padahal itu sudah sudah dipahami banyak anak sd.

      Delete
    3. Hipotesa darwin runtuh karena perkembangan ilmu pengetahuan, hipotesa bumi datar runtuh karena ilmu pengetahuan..

      Delete
    4. What.. 2001..? Kata siape om..?

      Delete
    5. Sok tau nih adminnya , kyk ilmuan aja hahahha

      Delete
    6. Sok tau nih adminnya , kyk ilmuan aja hahahha

      Delete
  11. Saya lebih percaya mesin waktu dan ufo drpd percaya bumi datar

    ReplyDelete
  12. Saya lebih percaya mesin waktu dan ufo drpd percaya bumi datar

    ReplyDelete
    Replies
    1. WkwkwkWkwkwk, gw malah sama sekali nggak percaya ama dua hal itu,.

      Delete
  13. Batuan bulan yg dibawa astrounut hilang krn pencurian dilab????? Itu yg saya tonton di NGI. Dicuri atau memang gak pernah ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang punya BLOG ngak bisa jawab. Masih Googling.
      Dia membantah kalau seumur hidupnya telah dibodohi. tapi membantahnya dengan membenarkan yang tidak diketahuinya dengan pasti, bahkan mungkin saja keliru.

      Delete
    2. Gosip seperti itu tidak perlu ditanggapi, lebih cocok masuk infotaiment..

      Delete
  14. jangan bilang trik sulap.. Coba buktikan teory mereka salah. 1 saja.
    Mereka pake logika koq. kalau memang logika situ lebih hebat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengen bukti..?
      Silahkan meluncur..

      https://eshaardhie.blogspot.com/2016/09/video-peluncuran-roket-falcon-9-mengorbitkan-satelit-komunikasi-thailand.html

      Delete
  15. Bagaimana astronout bisa melayang di dalam pesawat luar angkasa ?? berapa jarak satelit sampai bumi tidak bisa memberi gravitasi ?? jarak satelit dari bumi sekitar 400 km. apakah itu sudah hilang gravitasi ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanya mulu -_-
      Saya nanya balik boleh..?

      Delete
    2. udah aku kasih pertanyaan bang

      Delete
    3. Pertanyaannya gak rumit ko, sederhana. Jika benda-benda langit bergerak, kenapa bumi sendiri yang diam..? apa yang menyebabkan bumi bisa diam..? kenapa bumi tidak ikut berputar seperti yang lainnya..?

      Delete
    4. Jawabannya Wallahualam hhahahahaaha

      Delete
    5. Jawabannya Wallahualam hhahahahaaha

      Delete
  16. klo mau make foto org ya ijin dulu, itu fotonya eric johansen sudah ijin ?
    kepada yg bersangkutan ? justru dengan teori flat earth arah kiblat akan benar, teori globe adalah teori org pagan menyembah matahari sedangkan flat earth terbalik justru mataharinya yg mengelilingi bumi, dan bumi dan ciptaan nya adalah anugerah dr alam semesta,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Om @nano, fotonya gratis ko..
      Kalo mau ambil aja..

      http://www.erikjohanssonphoto.com

      Delete
  17. mas anton teori 1 aja ya jujur capek debat ma org GE yg isinya buly dulu

    bumi punya gravitasi ? graviasti dibuktikan dengan teori newton ?
    berarti semua benda yg menempel di bumi adalah pengaruh newton
    bumi bulat bola ?

    2/3 isi bumi adlah AIR ? apakah AIR juga termasuk MEDIA yg terkena GRAVITASI ? AIR sifatnya mengalir dari tempat tinggi ke rendah ? jadi parameter pengukuran ketinggian dan menentukan beda tinggi dataran ? kecuali make photagoras. jika bumi bola maka itung curvature di permukaan laut ? klo ketemu curvature permukaan air laut, kenapa AIR gak tumpah di permukaan BUMI BAWAH ?? GRAVITASI ? gaya TEKAN MAGNET daru KUTAB selatan dan UTARA ? tak kasih bocoran dikit BROWSING juga PASANG SURUT AIR makasih udah buly org yg belajar FE org FE gak pernah maksa ORG GE percaya FE .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane perhatiin, flat-earthers yang mampir cuma numpang rewel doang :D

      Delete
    2. Jawab dong gan,, ane penasaran nih... :v

      Delete
    3. jahahahhaa dia diam ga bisa jawab wokwokw, kafir susah otaknya dah di rasuki iblis dan setan wkowkow

      Delete
    4. Ershaardhie simanusia globe yang tak bisa mebuktikan globe nya bumi... Fuck off

      Delete
  18. Masnya kenal ga sama luli bossdarling itu? Agama nya apa dia?

    ReplyDelete
  19. bossdarling itu orang islam gan, dia juga pemain blog..

    ReplyDelete
  20. Ini Blog berbau islami kan, kalo gitu mau tanya dikit antara sains dan kita. Kita Alquran.
    Bisa jelaskan gk maksudnya Matahari dan Bulan beredar pada garis edar nya apakah sama dengan Geosentris?
    Dan bagaimana pendapat anda ttg ayat Quran yg menyebutkan bahwa Matahari sebg pelita dan Bulan sebagai Cahaya?
    Berrti bulan mmpunyai chaya nya sendiri, dan saya sudah riset sndri. hasilnya suhu cahaya bulan di bawah lgsg dan tidak itu berbeda.

    Satu lagi, kalau bumi ini bulat, berrti jarak matahari bumi dan bulat sudah dapt dihitung kan?
    KenapA peristiwa gerhana masih menggunakan siklus saros yg geosentris.
    Kenapa hingga sekrang tidak bisa d hitung akurat berdasrkan angka yg d dapat?

    Buat sharing aja sih
    Saya berdasarkan AlQuran saja,,

    ReplyDelete
  21. Q cuma kadisihan pd pnganut fe, mereka g ngerti fisika tp karna udah digiring opini dr video FE 101, mereka lgsung bs nyimpulin bumi datar??? Kalo kalian g yakin klo bumi bulat kenapa g bljar fisika dlu??? Enak bgt cuma nonton video sktar 2jam trs kita dah suruh lupain ilmu yg udah bertaun2 kita dapati disekolah?? Emgnya semua ilmuan dan temuanya adalah konspirasi? Sya ngliat video FE101 bnr2 muntah.

    ReplyDelete
  22. Q cuma kadisihan pd pnganut fe, mereka g ngerti fisika tp karna udah digiring opini dr video FE 101, mereka lgsung bs nyimpulin bumi datar??? Kalo kalian g yakin klo bumi bulat kenapa g bljar fisika dlu??? Enak bgt cuma nonton video sktar 2jam trs kita dah suruh lupain ilmu yg udah bertaun2 kita dapati disekolah?? Emgnya semua ilmuan dan temuanya adalah konspirasi? Sya ngliat video FE101 bnr2 muntah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih mempercayai ilmu sains modern daripada kitab sendiri walaupun itu bertentangan isinya = musrik.

      Delete
    2. Contohnya,lebih pilih mana? manusia berasal dari kera atau berasal dari tanah.

      Delete
    3. “ Dan bumi sesudah itu dijadikan oleh-Nya berbentuk bulat telur.” (QS.An – Naazi’aat:30).

      Delete
    4. Anak FE tuh bialng bumi datar karena mereka sudah paham sekali dengan fisika nya bumi bulat bukan karena bego jangan sok2an fisikawan dah. Jelasin masalah segitiga bola matematika dasar aja baru berkoar loe.malah gua yang kasian sama elo gmana kalo bener loe budak2 nya yang gx ngerti apapun tapi dah aktiv nyiapin karpet merah buat kedatangan dajjal. Btw nama loe sam ya? Kepanjangannya samijan bukan? Liat referensi video luar dulu aja. Rob skiba atao eric dubay baru koment daripada ngelantur gx jelas.

      Delete
  23. pret lah , mau muntah perasaan an? biasa aja nontonya ,situ aja yabg lebay ga mind blowing

    ReplyDelete
  24. ya gua percaya kalo neil armstrong pergi ke luar angkasa tapi masih di low earth orbit dan ada van allen radiation mana mungkin tembus terus balik lagi ke bumi, laksanain plan c
    hmm gua mulai pusing dengan dunia ini :(

    ReplyDelete
  25. Tidak ada yg bs melihat bentuk bumi kecuali rasulullah. Lalu dituangkanlah apa yg di lht ke dlm kitab,agar menjd tanda2 bagi org yg berfikir.

    Tdk ada yg bs keluar dr bumi dan lapisannya,krn pasti terbakar hangus.itu sebabnya tdk ada yg bs mengambil foto bumi asli. Kalau mmg bs mengambil foto bumi asli,dia hrs keluar orbit bumi beberapa kali lipat dr diameter bumi sehingga bumi dpt di lihat secara total dr atas,pun begitu dia hrs tahan tdk terbakar oleh lapisan panas kubah bumi,kalau ada org yg mampu melakukannya,pastilah ia melebihi utusan ALLAH.dan itu tdk akan pernah ada.

    Lagian kalau bumi bola, di hitung dgn rumus phytagoras kok tdk cocok?? Harusnya ada lengkungan bumi sepersekian inch,tp kok tetap lurus.

    Ahh..sudahlah.. flat earth itu benar,tdk salah. Di Quran jg menerangkan demikian.Tdk ada yg lebih benar dan nyata selain Quran. Sains pada akhirnya akan kembali pada keimanan.

    Semua adlh saudara..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan, Qur'an pedoman kita

      “ Dan bumi sesudah itu dijadikan oleh-Nya berbentuk bulat telur.” (QS.An – Naazi’aat:30).

      Delete
    2. hadeeeh tafsir quran koq di ubah ubah ya ,istigfar mas klo bodoh belajar dulu jgn jiplak dan showup info yg ga valid apalagi tafsir quran .

      Delete
  26. Jujur aku muntah nonton video fe , bnyk kebohongan dan pemutaran balik fakta , seolah-olah globe salah dan flate itu benar, padahal fe cuma sekedar lelucon yg terlanjur ditanggepi otak2 udang. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  27. @kun purwanto ini ayat aslinya
    Malaikat-Malaikat Yang Mencabut (An-Nฤzi`ฤt):30 - Dan bumi sesudah itu dihamparkan-Nya.

    ReplyDelete
  28. Selamat pagi

    Perdebatan inilah yang yg membuat para global elite merajalela,kita sebenarnya tidak perlu berdebat tentang heliosentrik dan geosentrik ,menurut saya terlalu membuang-buang waktu,saudara-saudara saya (flat earth) lebih baik kita memikirkan cara yang tepat untuk meruntuhkan sistem yang zalim.

    Selamat pagi

    ReplyDelete
  29. bang admin mau nanya ne....??
    bang kenapa ya kok setiap 6 bulan sekali di kutub utara tidak pernah malam ya??
    kan seharusnya kalau bumi kita bulat pastinya ada malam ada sianglah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh.. maen-maen lah om ke alamat google: season earth rotation.

      Delete
  30. bahkan di komen pun fes melakukan trik sulap, hanya saja tdk serapi fes101

    ReplyDelete
  31. bahkan di komen pun fes melakukan trik sulap, hanya saja tdk serapi fes101

    ReplyDelete
  32. Konspirasi Bumi datar bukan klaim bumi itu datar tapi meluruskan bahwa ilmu pasti atau yang dulu dikenal dengan IPA masih asumsi sementara bumi bulatpun belum pasti, memang harus diakaui teori bumi datar lebih masuk akal...

    ReplyDelete
  33. Admin tertarik bahas n membantah bumi datar,, tp knp tidak bahas tentang elit global yg di gembor2 FE memerangi mereka??? Saya tertarik akan teori konspirasi.

    ReplyDelete
  34. Admin tertarik bahas n membantah bumi datar,, tp knp tidak bahas tentang elit global yg di gembor2 FE memerangi mereka??? Saya tertarik akan teori konspirasi.

    ReplyDelete
  35. daripada debat gak selesai2, mending NASA ajak kedua kubu yg berseteru liat bentuk bumi yg sebenarnya dari pesawat luar angkasanya :), trus kalo masih belum puas juga ajak saja terbang ke antartika buat liat batas bumi.

    ReplyDelete
  36. wahabi laknatullah, dasar goblok
    di bohongin nasa bangga banget lu, laknat
    tolong lihat surah yasin
    matahari dan bulan mengelilingi bumi,
    dasar tolol

    ReplyDelete
  37. Oke flat earthers tenang-tenang... dinginin-dinginin... kalian menang, luar biasa!
    Sekarang tolong jelaskan kegunaan teori kalian itu?

    ReplyDelete
  38. udah lah tong, daripada ribut + berisik...coba cari video pesawat terbang atau drone melintasi antartika...biar kita bisa liat itu pesawat atau drone terbang ampe mana...bisa juga kalo lo punya kenalan seorang pilot pesawat komersil penerbangan yg jaraknya jauh coba tanyain, gimana koordinat penerbangan pesawat, waktu tempuh + jarak + ketinggian (dia sering ngatur gk ketinggiannya karena ada lengkungan bumi) terus yg paling penting, gimana bisa pesawat mendarat dengan selamat & waktu yg tepat kalo bumi ini berputar sementara pesawat kan gk nyentuh bumi saat terbang atau mau mendarat...seorang pilot harus menjawab dgn jujur pertanyaan2 tersebut...karena pasti para pilot itu tau semua & gk boleh tutup mulut, mereka tau dan tapi sayangnya mereka diam...wassalam

    ReplyDelete

Silahkan masukkan komentar Anda, berbagi pengetahuan dan sudut pandang Anda. Setiap artikel sangat memungkinkan untuk diperbaiki dan dilakukan pengeditan..