Mengupas Kebohongan Konspirasi Bumi Datar (3) : Penerbangan Dari Bali Ke Los Angeles

Mengupas Kebohongan Konspirasi Bumi Datar (3) : Penerbangan Dari Bali Ke Los Angeles

Mengapa saya memberikan judul artikel ini dengan kalimat "Mengupas Kebohongan" dan mengapa tidak dengan kalimat "Bantahan Ilmiah"..? Silahkan ikuti rangkaian artikelnya, dan temukan sendiri jawabannya..

1. Psychology (Trik Sulap Konspirasi Bumi Datar)
2. Wawancara Dengan Psikolog Spesialis Tentang Konspirasi Bumi Datar
3. Mengupas Kebohongan Konspirasi Bumi Datar (1) : Gravitasi Dan Archimedes
4. Mengupas Kebohongan Konspirasi Bumi Datar (2) : Bagaimana Cara Memotret Galaksi?
5. Mengupas Kebohongan Konspirasi Bumi Datar (4) : Rute Penerbangan Yang Tak Masuk Akal
6. Mengupas Kebohongan Konspirasi Bumi Datar (5) : Mengapa Air Laut Tidak Tumpah..?
7. Mengupas Kebohongan Konspirasi Bumi Datar (6) : Peluncuran Roket, Kubah Bumi Mana Ya..?

Perhatikan pada video Flat Earth 05 Antartika Dan Bom Nuklir Bumi, pada menit 8.16 dijelaskan :

Dalam berita Daily Mail 13 Oktober 2015 disebutkan pada penerbangan China Airlines dengan rute dari Bali ke Los Angeles, seorang wanita melahirkan di dalam pesawat dengan ketinggian 30.000 kaki sehingga terpaksa dilakukan pendaratan darurat di Alaska..

Hal yang sangat mengherankan, dari Bali ke Los Angeles tetapi mendarat di Alaska..? Kata mereka, ini merupakan bukti telak. Perhatikan gambar berikut,

Penerbangan Dari Bali Ke Los Angeles (Mengupas Kebohongan Konspirasi Bumi Datar)
Bali - Alaska - LA (Versi Peta Bumi Bulat)
Penerbangan Dari Bali Ke Los Angeles Versi Peta Bumi Datar (Mengupas Kebohongan Konspirasi Bumi Datar)
Bali - Alaska - LA (Versi Peta Bumi Datar)
Melakukan pendaratan darurat di Alaska dalam rute Bali - LA adalah hal yang tidak masuk akal menurut versi bumi bulat, tetapi sangat masuk akal jika ditinjau dari peta bumi datar. Bali, Alaska, dan LA berada dalam satu garis lurus..

>> Jawaban :

Berikut adalah faedah yang kami dapatkan dari dosen kami, Dr. Setyanto Umar Hanif, beliau adalah dosen Fisika IPB hafizhahullahu ta'ala..

Berita di Daily Mail yang disebutkan dapat dicari dengan mudah, silahkan cek link berikut : http://www.dailymail.co.uk/travel/travel_news/article-3270382/Caught-camera-amazing-moment-woman-gives-birth-premature-baby-girl-30-000ft-Taiwan-Los-Angeles-flight-crew-passengers-helping-out.html

Berita tersebut tidak menjelaskan detail tentang penerbangannya. Jika kita telusuri berita dari China Post, disebutkan :

"CAL said her flight took off from Taiwan Taoyuan International Airport at 11:50 p.m. Wednesday and was scheduled to arrive in the U.S. at 8:35 p.m., Los Angeles time.."

Sumber : http://www.chinapost.com.tw/taiwan/national/national-news/2015/10/12/448127/Taiwanese-woman.htm

Jadi pesawatnya itu bukan direct flight dari Bali ke Los Angeles, tetapi mampir dulu di Hongkong menggunakan Garuda Indonesia (GA856), dari Hongkong kemudian ke Taipei/Taiwan menggunakan China Airlines (CI920), baru kemudian ke Los Angeles menggunakan China Airlines (CI8)..

Perhatikan jadwal China Airlines berikut,

Rute Dari Bali Ke Los Angeles (Mengupas Kebohongan Konspirasi Bumi Datar)

Jadwal tersebut juga mengkonfirmasi berita di China Post bahwa pesawat berangkat dari bandara Taoyuan International (Flight CI8) pada pukul 11:50 pm, pada gambar di atas tertulis dari TPE berangkat pukul 23.50..

Pengelabuan ini sangat jelas, kita diframing oleh video tersebut seakan-akan kejadiannya adalah seorang ibu melahirkan di dalam pesawat ketika dilakukan penerbangan langsung dari Bali ke Los Angeles, padahal kejadian yang sebenarnya adalah sebagaimana yang disebutkan oleh China Post di atas, Ibu tersebut melahirkan setelah 6 jam penerbangan dari Taipei..

Apa akibatnya jika kita mengikuti framingnya si pembuat video..? kita akan disuguhi gambar yang tidak masuk akal bila memakai konsep bumi bulat, bukankah sangat aneh jika melakukan pendaratan di Alaska..? Kalau pesawat tersebut berangkat dari Taipei, maka mendarat di Alaska setelah 6 jam penerbangan adalah hal yang sangat masuk akal untuk konsep bumi bulat. Perhatikan gambar berikut,

Trajektori Taipei Ke Los Angeles (Mengupas Kebohongan Konspirasi Bumi Datar)

Trajektori tersebut bisa anda lihat di flight radar dengan memasukkan nomor penerbangan CI8. Perhatikan trajektori, mengingat penerbangan dari Taipei ke LA memakan waktu 12 jam 30 menit, maka setelah 6 jam perjalanan, posisi pesawat kurang lebih berada di pertengahan. Ini sangat masuk akal..

Karen Douglas, seorang psikolog University of Kent di Inggris menyatakan bahwa keyakinan para anggota Flat Earth Society sama seperti para pencipta teori konspirasi lain yang telah ia pelajari. Salah satu poin utama dari bantahan yang mereka buat adalah, mereka menjelaskan kejadian besar tetapi sering kali tanpa disertai penjelasan yang lengkap. Kenyataannya, kekuatan mereka banyak terletak pada kesamar-samaran..

——○●※●○——

Esha Ardhie
Rabu, 20 Juli 2016


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." [HR. Muslim no. 1893]


Blognya Esha Ardhie Updated at: 6:12:00 AM

135 komentar:

  1. jawaban kurang memuaskan juga. kalopun dari taipei ngapain lewat alaska yg diujung utara..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itumah sama aja kaya nanya, kenapa dari Jakarta ke Bandung lewat Tol Cipularang.. Emang ude rutenya begono, suka-suka merekalah mau lewat mana, hahaa

      Kenapa mendarat di alaska..? silahkan baca lagi beritanya, itu pendaratan darurat dan airport yang paling deket itu di alaska..

      Lagian saya juga tidak hendak memuaskan siapa-siapa ko :v gak puas ya gpp.. Yang jelas, satu kebohongan flat-earthers sudah tersingkap :)

      Delete
    2. biarkan saja bang, sama halnya dengan orang yang menganut agama, karna sudah terbawa percaya, mau disuguhkan argumen seperti apapun mereka akan tetap tidak percaya. haha, biarkan flat earther berfikir sendiri.

      Delete
    3. Octory Mardevin ga beragama ya?

      Delete
    4. Jawaban kurang memuaskan apa otak loe yg nggak nyampe? Sudah jelas2 memang itu jalurnya :D

      Delete
    5. Sebagai contoh rute penerbangan komersil via kutub utara supaya lebih cepat :

      http://www.boeing.com/commercial/aeromagazine/aero_16/images/polar_fig1.jpg

      Delete
    6. https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=%23&ved=0ahUKEwimpuCAr9nQAhUDto8KHeO-D0wQxa8BCBkwAA&usg=AFQjCNF1sHlk2z9QIx28jtvfnGP_UlkifA&sig2=g4SAZB8zRz4LGjgNu44JrA

      Tidak perlu berdebat kusir.
      Kita lihat historynya dulu tentang simbol ilumimati di mata uang ngara kita jg ada segitiga mata satu.

      Delete
    7. https://youtu.be/FG9B15gs0C4

      Tidak perlu debat kusir. Saja jg tak sepenuhnya percaya kalau bumi bulat dan saya jg tak sepenuhnya percaya bumi datar. Tp saya lbh tdk prcya klo ada satelit. Cek logika dan hitungan mathematis tm2 melalui video diatas.

      Freemason itu ada dan jg ilumi. pemuja dajal mata satu. Segitiga bermata satu.

      Delete
    8. Yg ada adalah proyek white alice

      Delete
  2. Assalaamu ‘alaikum

    Bismillaahirrokhmanirrokhiim

    Kalau diperhatikan, “kelemahan” umat Islam yaitu Jarang Take Action. Atau bisa juga diasumsikan Minoritas Muslimin Do Action, Mayoritas Muslimin Do Thinking. Maka sungguh membanggakan bila komposisi ini dibuat seimbang. Maksud kami 50% populasi Do Action, 50% populasi Do Thinking

    Singkat kata, mari kita kaum Muslimin melakuakn ekspedisi fisik ke Selatan. Ini persis seperti perintah Allah kalian tidak akan bisa menembus (mengeksplorasi) langit kecuali menggunakan Sulthon (alat-alat)

    Walaupun bisa juga diartikan firman tsb sebagai Allah Sedang Hanya Berkata, tetapi bisa pula diartikan bahwa Allah Sedang Memerintah Muslimin untuk Do Action. Setidaknya Allah sedang menyuruh jutaan muslimin untuk melintasi langit, dimana dengan begitu otomatis menyuruh muslimin untuk Kreatif mengarang alat alat teknik

    Itu baru urusan ke langit. Maka nanti pasti akan terbersit cita cita mengebor bumi, dannnn.... Menjelajah kawasan Selatan

    Sehingga apabila ribuan muslimin sudah injakkan kaki di kawasan Selatan, maka tidak akan ada lagi debat. Justru Glory and Gold akan didapat kaum muslimin, sebagai karunia tambahan

    Akhir kata, salaamu’alaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh..

      Penafsiran anda tentang ayat yang dimaksud adalah NGAWUR alias KELIRU. Hendaknya kita berhati-hati dalam masalah ini, berikut adalah penjelasan dari Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal..

      ***

      Di antara cara menafsirkan Al-Qur'an yang keliru adalah menafsirkan ayat dengan sains dan teknologi..

      Coba perhatikan ayat berikut ini,

      يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْإِنسِ إِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَن تَنفُذُوا مِنْ أَقْطَارِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ فَانفُذُوا لَا تَنفُذُونَ إِلَّا بِسُلْطَانٍ

      "Hai jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan (sulthon)." [QS. Ar Rahman: 33]

      Sulthon dalam ayat ini berarti apa..?

      Ada yang menafsirkan dengan mengatakan bahwa sulthon adalah ilmu pengetahuan. Karena saat ini manusia sudah bisa hingga ke bulan dengan ilmu. Maka sulthon diartikan seperti itu..

      Komentar : Ini tafsiran tanpa ilmu dan termasuk "ngawur" karena tidak pernah diartikan oleh salafush sholeh..

      Perlu diketahui bahwa ayat tersebut membicarakan tentang kejadian pada hari kiamat. Lihat ayat sebelumnya,

      كُلُّ مَنْ عَلَيْهَا فَانٍ (26) وَيَبْقَى وَجْهُ رَبِّكَ ذُو الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ (27)

      "Semua yang ada di bumi itu akan binasa. Dan tetap kekal Dzat Rabbmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan." [QS. Ar Rahman: 26-27]

      Perhatikan pula ayat sesudahnya,

      يُرْسَلُ عَلَيْكُمَا شُوَاظٌ مِنْ نَارٍ وَنُحَاسٌ فَلَا تَنْتَصِرَانِ

      "Kepada kamu, (jin dan manusia) dilepaskan nyala api dan cairan tembaga maka kamu tidak dapat menyelamatkan diri (dari padanya)." [QS. Ar Rahman: 34]

      Para ulama menafsirkan sulthon di situ dengan quwwah atau kekuatan dari Allah. Dan tidak ada kekuatan bagi manusia untuk melakukan hal itu. Lihat Tafsir Al-Qur'an Al-Azhim, 7/108 dan Tafsir Al-Jalalain, hal. 543..

      Syaikh As Sa'di menafsirkan ayat tersebut dengan mengatakan bahwa jika Allah mengumpulkan manusia pada hari kiamat, maka Allah kabarkan bahwa manusia tidak mampu dan tidak kuat, yang punya sulthon (kekuatan) yang sempurna hanyalah Allah. Tidak ada yang mendapati jalan keluar dari kuasa dan kekuatan Allah pada hari kiamat.. [Lihat Taisir Al Karimir Rahman, hal. 830]

      Syaikh Muhammad bin Sholeh Al 'Utsaimin berkata, "Menafsirkan Al-Qur'an dengan teori sains modern amat berbahaya. Karena jika kita menafsirkan seperti itu lalu datang teori yang lebih baru lagi dan menyelisihi yang dulu, maka nanti muncul anggapan dari musuh Islam bahwa Al-Qur'an tidaklah benar. Kalau kaum muslimin sendiri bisa menyadari bahwa bentuk penafsiran seperti itu keliru. Namun hal ini tidak berlaku bagi musuh-musuh Islam. Oleh karena itu, saya sendiri sangat mewanti-wanti jika ada yang menafsirkan Al-Qur'an dengan pendekatan sains seperti itu.." [Kitabul Ilmi, hal. 150-151]

      Sumber : https://rumaysho.com/6570-menafsirkan-al-quran-dengan-teori-sains.html

      Delete
    2. saya anak pesantren dan saya sudah membaca 2 tafsir (tafsir al jalalayn dan tafsir ibnu katsir) tentang surah ar rahman ayat 33,didalam tafsir nya tidak ada penjelasan sama sekali kekuatan itu adalah ilmu pengetahuan tetapi kekuatan itu dari allah swt.

      Delete
    3. anu .. ilmu pengetahuan itu kan datang nya dari Allah..
      bukankah Allah yang mengajarkan manusia ilmu pengetahuan lewat ciptaannya

      Delete
  3. Assalaamu’alaikum

    Menurut saya jawaban anda itu BILA ditujukan kepada saya. Dalam hal ini saya terima saja dengan terpaksa.

    Tetapi seharusnya anggaplah saya ini kaum kuffar, yang tidak diwarisi Quran tapi malah mencontek isi Quran, maka saya (kaum kafir) tidak pedulikan segala jenis tafsiran ulama ulama yang namanya anda tulis.

    Saya (dari bani Kuffar) cukup mencuri / mencontek Quran dan Hadits. Semuanya saja tafsiran ulama saya anggap angin lalu.

    Mungkin saja kaum kuffar mencontek sabda Nabi Muhammad, kalian tidak akan tersesat bila mengikuti DUA SAJA yaitu Kitabullah dan Sunnah.

    Maka kaum kuffar tidak ingin buang waktu mempelajari tafsiran tafsiran. Karena menurut mereka DUA SAJA sudah cukup, tidak perlu TIGA, atau lebih. Dan buktinya berhasil.

    Maka apapun yang saya contek dari Quran (dan Hadits, serta tanpa panduan ulama) saya telan mentah mentah saja. Saya olah seperti mau saya saja. Toh saya tidak rugi apapun.

    Sekali lagi, dalam hal ini anggaplah saya ini dari Bani Kuffar.

    Maka saya cantukam saja tulisan di galon air minum keluaran pabrik saya Jangan Terkena Paparan Sinar Matahari. Ini saya lakukan saja tanpa rujukan ulama, melainkan langsung main copas dari hadits Nabi Muhammad.

    Begitu juga dalam pengartian kata Sulthon, apapun penafsiran ulama atas kata itu saya (kaum kafir) tidak pedulikan. Melainkan saya langsung main praktek Trial and Error.

    Pokoknya tuhannya orang islam bilang kita bisa lalu lalang di langit asalkan pakai alat alat, pakai kekuatan, pakai apalah pokoknya sulthon. Kalau gagal gimana? Kalau gagal, kita ciptakan sulthon yang baru. Bom mesiu sudah afkir, kita karang bom electron. We got nothing to lose (kita tidak rugi apapun, soalnya kita kan cuma nyontek).

    Demikian jawaban dari saya. Bahwa seharusnya jawaban anda ditujukan buat kaum yang tidak diwarisi Quran (dan bukannya kepada saya).

    ReplyDelete
    Replies
    1. dalem bro! Gw suka nih poin lo :thumbsup:

      Delete
    2. Anonim atas ane kocak bener, komen sendiri balas komen sendiri wkwkk :v

      Delete
    3. Mantep bro, gw jadi inget zakir naik dikatain sesat gara2 gini bro,di dalem dakwah doi ngomong gini, untuk mempelajari islam, jangan liat umatnya , tapi langsung baca alquran dan hadits sudah cukup, eh gerombolan ulama langsung marah2 ngecap zakir naik sesat xD
      Tau ga kenapa bro, ternyata mereka marah karena nama2 mereka ga disebut, harusnya selain baca alquran dan hadist, tanya langsung kepada orang yang punya ilmu, hahahahahaha.....
      Lu kate alquran cuman milik ulama doank, orang kafir aja berhak baca alquran, alquran itu untuk seluruh umat xD

      Delete
    4. N I C E
      I
      C
      E

      This is what I want to say but you say it first ..
      seharusnya yang berilmu tau apa yang anda tulis .. tapi yaa kita lihat saja

      Delete
  4. mnurut globe air port terdekat di hawai, bukan alaska,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Linknya sudah ada di atas, tinggal dibaca..

      Delete
    2. klo link yg ini yg mana bener
      http://global.liputan6.com/read/2341068/dari-bali-ke-los-angeles-bayi-lahir-di-ketinggian-30000-kaki

      Delete
    3. yang bener, situs yg resmi mas bro

      Delete
  5. Trs gmn menjelaskan tentang surat an naba ayat 6 dan al kahfi ayat 47 dan msh bnyk surat al quran lainnya yang mengatakan bahwa bumi itu datar???

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Saya salinkan surat an-Naba ayat 6 :

      "Bukankah Kami telah menjadikan bumi sebagai hamparan.."

      Komentar :

      Ayat di atas sama sekali tidak membicarakan tentang bentuk bumi ini datar atau tidak..

      2. Saya salinkan surat al-Kahfi ayat 47 :

      "Dan (ingatlah) pada hari (ketika) Kami perjalankan gunung-gunung dan engkau akan melihat bumi itu rata.."

      Komentar :

      Perhatikan lagi kalimat, "Dan engkau akan melihat bumi itu rata.."

      Perhatikan lagi kalimat, "Engkau akan melihat.."

      Engkau melihatnya dari permukaan bumi atau dari luar angkasa..? Untuk memastikan bentuk bumi datar atau bulat, tentu saja engkau harus keluar dari bumi atau ke luar angkasa..

      Tapi ayat di atas tidak berbicara demikian, kita akan melihat bumi ini datar atau rata ketika kita melihatnya dari permukaan bumi..

      Kata "bumi" dalam ayat di atas bisa juga merujuk kepada "tempat kediaman" atau "permukaan bumi", perhatikan ayat berikut :

      "Dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan.." [QS. Al-Baqarah, 36]

      Delete
    2. Di albaqarah kediaman di tulis kediaman bumi ditulis bumi jd gk ada tuh ngejelasin bumi itu bisa jd hal lain..bumi tetaplah bumi...dan di al kahfi jelas "engkau akan melihat bumi itu datar"....jika suatu saat terbukti semoga Allah mengampuni karena anda membantah ��...kl sy bukan berarti mendukung gerakan bumi datar hanya meyakini apa yg Allah SWT katakan...mksh

      Delete
    3. Kata "al-Ardhi" bisa diartikan dengan "bumi", bisa juga diartikan "permukaan bumi" yang merujuk kepada tempat kediaman atau tempat tinggal sebagaimana surat al-Baqarah yang disebut.. Karena sudah kita ketahui bahwa manusia itu hidup atau menetapnya di permukaan bumi.. Jadi, kita melihat bumi ini datar ketika kita melihat dari permukaannya, dan ini sama sekali tidak menafikan bahwa bumi itu aslinya adalah bulat..

      Kalau kita menelan mentah-mentah perkataan anda, bisa saja saya katakan bahwa bumi ini kotak, karena ketika anda berada di atas permukaan bumi yang kotak, anda juga akan melihatnya datar..

      Kalau anda katakan ayat tersebut memastikan bahwa bumi ini datar, anda keliru.. Sesungguhnya memami al-Qur'an itu butuh ilmu, bukan tebak-tebakkan kaya pemain sulap..

      Kita melihat bumi ini datar, berdasarkan sudut pandang kita saja. Sama halnya seperti kita melihat tenggelamnya matahari. Perhatikan ayat berikut..

      "Hingga ketika dia telah sampai di tempat matahari terbenam, dia melihatnya (matahari) terbenam di dalam laut yang berlumpur hitam.." [QS. Al-Kahfi, 86]

      Perhatikan kalimat, "Dia melihatnya (matahari) terbenam di dalam laut yang berlumpur hitam.."

      Apakah mau dikatakan kalo matahari tenggelam itu bener-bener nyemplung di dalem laut berlumpur hitam...??

      Maka saya katakan, memahami al-Qur'an itu butuh ilmu, bukan COCOKLOGI..

      Datar atau lurus, bahasa arabnya adalah sawi atau almustafi, dua kata itu tidak ada satu pun di dalam al-quran ketika mendeskripsikan bumi..

      Delete
    4. Surat al-Kahfi ayat 47 itu berbicara tentang hari kiamat..

      Saya salinkan tafsirnya :

      Allah subhanahu wa ta'ala menceritakan bahwa Dia melenyapkan gunung-gunung hingga rata dengan dataran, serta bumi menjadi rata dan datar sama sekali, ti­dak ada tanah yang datar dan tidak ada tanah yang menonjol; semuanya rata, tiada lembah dan tiada perbukitan. Karena itulah disebutkan oleh firman-Nya:

      وَتَرَى الأرْضَ بَارِزَةً

      "Dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar." (Al-Kahfi, 47)

      Yakni rata dan datar, tiada suatu tanda pun milik seseorang dan tiada suatu tempat persembunyian pun bagi seseorang. Bahkan semua makhluk di bawa ke hadapan Tuhannya, tiada sesuatu pun dari mereka yang ter­sembunyi bagi Allah.

      Mujahid dan Qatadah telah mengatakan sehubungan dengan firman-Nya: "Dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar." (Al-Kahfi, 47) Maksudnya: Tiada bebatuan dan tiada liang-liang padanya.

      Qatadah me­ngatakan, makna yang dimaksud ialah tiada bangunan dan tiada pepohon­an padanya..

      Sumber : http://www.ibnukatsironline.com/2015/06/tafsir-surat-al-kahfi-ayat-47-49.html

      Delete
    5. hamaparan tidak mengatakan bumi ini datar atau tidak, lalu ayat yg menyatakan bumi ini bulat mana, apa jika hamparan tidak datar, dapat dipastikan bulat ?

      Delete
    6. Justru itulah hebatnya Alquran. Di Alquran tidak ada kalimat yg jelas dan tegas bahwa bumi ini datar atau bulat. Bila ada ayat atau kalimat bumi itu bulat, maka dari zaman nabi Muhammad Alquran tidak akan diakui oleh org2 pada mada itu, namun sebaliknya bila ada ayat bahwa bumk itu datar maka orang2 zaman sekarang termasuk org islam akan meninggalkan Alquran.

      Ayat2 di Alquran harus dimaknai dgn pemikiran yg mendalam jangan asal cerna dgn ilmu yg rendah.

      Delete
    7. This comment has been removed by the author.

      Delete
    8. This comment has been removed by the author.

      Delete
  6. Salam,

    Hal yang bisa diobservasi sendiri adalah keberadaan satelit yang katanya ada ribuan dilangit, tapi tidak terdeteksi saat kita teropong.
    Tidak pula menutupi bulan saat kita meneropong bulan. Silahkan googling tentang jumlah satelit yang ada saat ini.

    Andai saya salah, mudah-mudahan ada alasan yang logis untuk menyanggah pendapat ini.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satelit bisa dikatakan memang sulit untuk dilihat, karena ukurannya yang kecil, apalagi jika dibandingkan dengan ukuran bulan..

      Tapi tidak sulit untuk menemukannya, anda bisa menemukan satelit dan siarannya hanya dengan aplikasi hp dalam waktu singkat, simak tutornya dalam video berikut..

      https://youtu.be/uwyLIYtYD-g

      Kalau anda mau memotret satelit atau ISS pake teleskop, simak tutornya dalam video berikut..

      https://youtu.be/7eF7LQl0f0c

      Semoga membantu :)

      Delete
    2. ah admin g ngerti dengan pertanyaaannya katanya kenapa pas meneropong bulan TIDAK ADA 1 PUN menutupi bulan padahal kan katanya ada ribuan satelit..
      biarpun kecil dan cepat pastinya ad lewatlah...
      pikir bro secara logika

      Delete
    3. Gua punya tropong, gk sengaja liat iss, jd gmna ya bro

      Delete
  7. Bukankah semakin masuk akal kalo ke taipei dulu. Perhatikan gambar peta flat earth, disitu lurus sekali dengan Taipei

    ReplyDelete
  8. Sepertinya anda salah fokus, masuk akal atau tidaknya bukan dilihat dari lurus atau tidak lurus. Silahkan dibaca ulang artikelnya..

    ReplyDelete
  9. Setuju vicky, kalo dgn flat earth transit di taipei jadi lebih masuk akal.
    Trus esha, saya mau tanya, kalo kabah itu kira2 satu garis lurus ga dengan arsy nya Allah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti peta bumi datar itu keliru, karena nyatanya trajektori penerbangannya tidak lurus..

      Delete
  10. Trayeknya garis lurus tapi disebut keliru.
    Nah, kalau maksudnya kabah itu se garis lurus sama baitul makmur gimana?
    Soalnya dari dulu saya bingung, ini yang jadi poros alam itu kabah apa matahari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Matahari itu bukan pusat alam semesta, tapi pusat tata surya, artinya planet-planet dalam tata-surya kita bergerak mengelilingi matahari..

      Tapi jika dikatakan, dimana pusat alam semesta..? pertanyaan ini menarik. Jika kita konfirmasi dengan teori big bang, dimana alam semesta ini awalnya diibaratkan sebuah titik, lalu titik tersebut mengembang dan terus mengembang hingga sekarang..

      Khayalan sederhana, bayangkan sebuah titik lalu titik tersebut memuai layaknya seperti balon, mengembang ke segala arah..

      Lalu dimana pusatnya..? pusatnya TIDAK ADA. Karena semua bagian dalam alam semesta ini sama-sama ikut berkembang. Sehingga, kita mendefinisikan bahwa pusat alam semesta itu tidak ada..

      2. Soal ka'bah, saya punya artikel berikut, semoga bisa membantu:

      https://eshaardhie.blogspot.com/2015/10/benarkah-mekah-kabah-adalah-pusat-bumi.html

      Delete
    2. Berarti matahari pusat edar tata surya menurut teori Heliosentrik kan ? Nah ayat dibawah ini apakah bisa membantah teori Heliosentrik yg dikemukakan Nicolaus Copernicus itu ?

      وَالشَّمْسِ وَضُحَاهَا وَالْقَمَرِ إِذَا تَلَاهَا

      “Artinya : Demi matahari dan cahayanya di pagi hari, dan bulan apabila mengiringinya,”[Asy-Syam : 1-2]

      Makna (mengiringinya) adalah datang setelahnya. Dan itu dalil yang menunjukkan atas berjalan dan berputarnya matahari dan bulan atas bumi.
      Seandainya bumi yang berputar mengeliligi keduanya tidak akan bulan itu mengiringi matahari, akan tetapi kadang-kadang bumi mengelilingi matahari dan kadang-kadang matahari mengeliling bulan, karena matahari lebih tinggi dari pada bulan. Dan untuk menyimpulan ayat ini membutuhkan pengamatan.

      Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman
      وَآيَةٌ لَّهُمْ اللَّيْلُ نَسْلَخُ مِنْهُ النَّهَارَ فَإِذَا هُم مُّظْلِمُونَ وَالشَّمْسُ تَجْرِي لِمُسْتَقَرٍّ لَّهَا ذَلِكَ تَقْدِيرُ الْعَزِيزِ الْعَلِيمِ وَالْقَمَرَ قَدَّرْنَاهُ مَنَازِلَ حَتَّى عَادَ كَالْعُرْجُونِ الْقَدِيمِ لَا الشَّمْسُ يَنبَغِي لَهَا أَن تُدْرِكَ الْقَمَرَ وَلَا اللَّيْلُ سَابِقُ النَّهَارِ وَكُلٌّ فِي فَلَكٍ يَسْبَحُونَ
      “Artinya : Dan suatu tanda (kekuasaan Allah yang besar) bagi mereka adalah malam; Kami tanggalkan siang dan malam itu, maka dengan serta merta mereka berada dalam kegelapan, dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai tandan yang tua. Tidaklah mugkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya.” [Yaa-Siin : 37-40]

      Penyandaran kata "berjalan" kepada matahari dan Dia jadikan hal itu sebagai kadar/batas dari Dzat yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui menunjukkan bahwa itu adalah haqiqi (sebenarnya) dengan kadar yang sempurna, yang mengakibatkan terjadinya perbedaan siang malam dan batas-batas (waktu).
      Dan penetapan batas-batas edar bulan menunjukkan perpindahannya di garis edar tersebut.
      Kalau seandainya bumi yang berputar mengelilingi maka penetapan garis edar itu bukannya untuk bulan.

      NB : "MATAHARI BERJALAN DITEMPAT PEREDARANNYA"
      nah kayak mana jelasinnya ini ? #ASK

      Delete
    3. Ini ada lagi nih

      coba Lihat kembali QS. Fathir : 141
      yang artinya : ”Sesungguhnya Allah menahan langit dan bumi supaya jangan bergesar, dan sungguh jika keduanya akan bergeser, tidak ada seorang pun yang dapat menahan keduanya selain Allah”.

      menurut ahli tafsir,ayat ini menunjukkan bahwa bumi itu tidak bergerak.
      Selain itu silahkan lihat lagi ayat-ayat Al Quran yang menerangkan hal yang sama, diantaranya, QS. Ar Rum : 25, QS. Al Baqarah : 20, QS. Al Hajj: 65, QS. An Naml : 61, dan QS An Nahl : 15.

      trus ada hadist ni

      Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam berkata kepada Abu Dzar radhiallahu anhu dan matahari telah terbenam.

      “Artinya : Apakah kamu tahu kemana matahari itu pergi ?”

      Dia menjawab: “Allah dan RasulNya lebih tahu”.

      Beliau bersabda: “Sesungguhnya dia pergi lalu bersujud di bawah arsy, kemudian minta izin lalu diijinkan baginya, hampir-hampir dia minta izin lalu tidak diijinkan.
      Kemudian dikatakan kepadanya: “Kembalilah dari arah kamu datang lalu dia terbit dari barat (tempat terbenamnya) atau sebagaimana dia bersabda [Muttafaq ‘alaih]

      PerkataanNya: “Kembalilah dari arah kamu datang, lalu dia terbit dari tempat terbenamnya” JADI
      sangatlah jelas sekali bahwa dia (matahari) itulah yang berputar mengelilingi bumi dengan perputarannya itu terjadinya terbit dan terbenam.

      Betapa banyak ayat al-qur'an dan hadist yang bertolak belakang dengan "SATU TEORI" heliosentrik yang menjadi "Tonggak" perkembangan astronomi dunia. "INGAT BARU SATU TEORI" min.
      So, Which one do you trust ? kalau aku mah tetap percaya sama rukun iman,
      But, think again :)

      Potongan surat albaqarah ayat 266 :
      كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمُ الْآيَاتِ لَعَلَّكُمْ تَتَفَكَّرُونَ ﴿البقرة:٢٦٦

      Artinya :"Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kamu supaya kamu Berpikir.”

      Delete
    4. Sesungguhnya Allah menahan langit dan bumi supaya jangan lenyap; dan sungguh jadi keduanya akan lenyap, tidak ada seorang pun yang dapat menahan keduanya selain Allah. Fathir 41

      Kalo bergeser itu tafsir Ibnu Katsir..mohon bergeser itu d tiliz dr tfsir Ibn Katsir..agar kita tau mana terjemahan aslinya quran

      Delete
    5. astagfirullah iya gan maaf ane lupa nulis , terimakasih gan udah ngingatin , cmiiw

      Delete
  11. Salam,
    cuma penasaran,
    jadi jawaban terhadap rute yang melengkung, "Emang ude rutenya begono" ? sepertinya kalau lengkung begitu semakin masuk akal dengan peta flat earth (?) dan setahu saya, pesawat itu setelah sampai diposisi yang pas, dia terbang selalu membentuk garis lurus dan datar (?)
    lagian untuk apa dia bisa terbang tinggi dilangit yang luas tapi tidak digunakan sebaik baiknya (?) karna emang udah dari sononya (?)
    atau emang dia terbang lurus dan datar, tapi buminya yang berbelok ?

    lalu mas, jika memang bumi berputar, kenapa penerbangan dari timur ke barat dan dari barat ke timur waktu yang ditempuh hampir sama ? bahkan sama ?
    padahal seperti yang kita tahu kecepatan rotasi bumi 1.669,97 km/jam, dan kecepatan rata rata pesawat terbang di indonesia hanya 850 km/jam, cuma setengahnya lho, belum lagi dihitung "diameter" penerbangannya pasti lebih tinggi dari "diameter" bumi, otomatis dia harus lebih cepat lagi jika harus melakukan penerbangan yang searah dengan rotasi bumi (?) atau kalau tidak ya pesawatnya ngga bakal sampe sampe

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum lagi ditambah kecepatan bumi "berevolusi" mengelilingi matahari sekitar 107.500 km/jam (?) gimana caranya ngga terlempar tuh ? karena adanya "gravitasi" yang hanya 9,8 m/s (?)

      Delete
    2. Jika anda di dalam kereta yang bergerak dgn kecepatan misal 100km/jam.kemudian anda berpindah dari gerbong A ke gerbong B hanya dgn berjalan dgn kecepatan misal 0.01 km/jam.pasti anda akan sampai ke gerbong B padahal lebih cepat kereta daripada cepat jalan anda.hal ini juga berlaku dgn kecepatan rotasi bumi dan kecepatan pesawat terbang

      Delete
    3. Bang abcde pake angka biar terlihat cerdas, padahal tiap apa yang disampaikan berbeda substansi.
      1. Jawaban emang udah begono itu yg dimaksud adalah memang sudah diatur demikian. Analoginya meskipun angkasa itu kosong dan kita bisa terbang lurus tp nyatanya tdk begitu, ada jalan (tikungan/belokan) yg harus diikuti. Lalu anda akan bertanya, 'Loh kok gitu, pemborosan dong?'. Jalur pesawat tdk selamanya mengejar efisiensi. First rule of every flight is safety. Kenapa di gambar tersebut terlihat berbelok ke utara, karena untuk mendekati radar atau stasiun udara yang ada di darat. Hal ini diperlukan untuk ground kontrol berusaha selalu memantau pesawat yg melintas. Selain itu in case of emergency jika terjadi kerusakan dia jg bisa mendarat darurat di daratan / pesisir pantai. Itulah kenapa jalur pesawat cenderung mendekati pantai.
      2. Berargumen menggunakan teori relativitas. Yang mana hal ini memang sangat terlihat tdk masuk akal bagi orang yamg belum paham. Lakukan eksperimen sederhana ini, anda naik mobil (analoginya mobil ini adalah bumi) pada kecepatan 100km/jam lalu anda pegang bola tenis (analoginya pesawat) didepan kepala anda, lalu lepaskan dari tangan anda, perhatikan apa yang terjadi, apa bola itu jatuh ke lantai mobil atau menempel terus ke muka anda. Saya yakin saat anda melakukan percobaan ini jawabannya adalah bolanya akan terjatuh, padahal anda sedang bergerak 100 km per jam. berdasar teori anda seharusnya bola itu menempel di muka anda. Kenapa bisa terjatuh, karena menurut teori relativitas bola dan anda bergerak 0km/jam di dalam mobil yg bergerak 100km/jam. Semoga membantu...

      Delete
    4. Bang abcde pake angka biar terlihat cerdas, padahal tiap apa yang disampaikan berbeda substansi.
      1. Jawaban emang udah begono itu yg dimaksud adalah memang sudah diatur demikian. Analoginya meskipun angkasa itu kosong dan kita bisa terbang lurus tp nyatanya tdk begitu, ada jalan (tikungan/belokan) yg harus diikuti. Lalu anda akan bertanya, 'Loh kok gitu, pemborosan dong?'. Jalur pesawat tdk selamanya mengejar efisiensi. First rule of every flight is safety. Kenapa di gambar tersebut terlihat berbelok ke utara, karena untuk mendekati radar atau stasiun udara yang ada di darat. Hal ini diperlukan untuk ground kontrol berusaha selalu memantau pesawat yg melintas. Selain itu in case of emergency jika terjadi kerusakan dia jg bisa mendarat darurat di daratan / pesisir pantai. Itulah kenapa jalur pesawat cenderung mendekati pantai.
      2. Berargumen menggunakan teori relativitas. Yang mana hal ini memang sangat terlihat tdk masuk akal bagi orang yamg belum paham. Lakukan eksperimen sederhana ini, anda naik mobil (analoginya mobil ini adalah bumi) pada kecepatan 100km/jam lalu anda pegang bola tenis (analoginya pesawat) didepan kepala anda, lalu lepaskan dari tangan anda, perhatikan apa yang terjadi, apa bola itu jatuh ke lantai mobil atau menempel terus ke muka anda. Saya yakin saat anda melakukan percobaan ini jawabannya adalah bolanya akan terjatuh, padahal anda sedang bergerak 100 km per jam. berdasar teori anda seharusnya bola itu menempel di muka anda. Kenapa bisa terjatuh, karena menurut teori relativitas bola dan anda bergerak 0km/jam di dalam mobil yg bergerak 100km/jam. Semoga membantu...

      Delete
    5. Betul...,Pesawat Udara itu bukan terbang assal lurus aja, tapi ada jalurnya (airways) yang harus diikuti, berupa signal2 elektronik yg terpancar sehingga pesawat udara yg terbang bisa dimonitor, dimonitor atau dikendalikan karena bisa berkomunikasi. Untuk membuat jalur itu dipasang berbagai peralatan seperti VOR, Radar dll. Umumnya peralatan yg berbasis elektronika itu dipasang didarat, supaya mudah pemasangan dan perawatan serta penyediaan power supplaynya
      Makanya saya heran pada salah satu topik ttg pendapat bumi datar ini ada PILOT yg menerima pendapat bahwa bumi erbentuk datar ...

      Delete
    6. analogi dalam mobil yak....?
      trus klo satelit itu termasuk d dalam mobil ap d luar mobil?
      klo d dlm mobil kok tdk jatuh2?
      klo d luar mobil malah kelihatan keren. karena bisa mengimbangi kecepatan bumi dlm berotasi dan berevolusi ��

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan satu hal lagi. Setuju deh sama yg bilang bahwa panduan kita menjelaskan semua ini udah fix harga mati, pake al quran aja. Insya allah, isinya ga akan ngawur. Kalo ga yakin sama satu ayat, kaitkan dengan ayat lain didalmnya saja dulu. Jangan dikaitkan dengan tafsiran2.

      Delete
    2. aaa setuju kali nya aku sama bang ucok ini bah,

      Delete
  13. Berdebat tentang bentuk bumi tidaklah menghasilkan uang. Memangnya kalau kita tau bumi itu bulat atau datar akan berpengaruh pada kehidupan rumah tangga kita masing masing ?

    Sebaiknya mulai sekarang orang2 tidak memperdebatkan sesuatu yg hampa seperti ini. Yang ada hanya saling bantah dan fitnah.

    Alangkah baiknya hidup kita ini di isi dengan kegiatan2 sosial yg lebih bermakna dan menghasilkan keuntungan materi yg bermanfaat bagi keluarga kita masing masing.

    Sekian terimakasih :) salam persaudaraan semuanya.
    Wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini bukan masalah menghasilkan duit atau tidak, msalahnya teori2 yg ada di buku pelajaran ada bbrp yg tidak real

      Delete
    2. Ini bukan masalah keuntungan yang kita dapat. Tapi berpengaruh terhadap 1% lebih kaya dari 99%.

      Delete
  14. Sejujurnya logika saya lebih setuju pada artikelnya bang esha ardhie soal bentuk bumi bulat. Lebih masuk akal dari segi manapun saya memandang.

    Tapi sudah lah. Ga perlu berdebat juga sama yg mikir bumi ini rata kaya meja. Saya juga ga dapet duit dari perseteruan ini. Hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karna itu doktrin dan pembuatan Sistem dari duhulu bahwa bumi itu bulat

      Delete
  15. yo bareng2 kite ke selatan nyampe ujung disana ada apaan ye? mungkin ada jurang disana bro..

    ReplyDelete
  16. Perdebatan yang ga ada habisnya. Sama halnya dengan perang Israel-Palestina... Lebih baik balik ketujuan awal Allah menciptakan makhlukNya. Yaitu beribadah.

    ReplyDelete
  17. Kehendak Allah gak bisa diukur dengan logika manusia..

    ReplyDelete
  18. Kehendak Allah gak bisa diukur dengan logika manusia..

    ReplyDelete
  19. waduh.. jadi konflik batin saya, kayaknya ilmu sains itu banyak bohongya buat keuntungan semata.
    padahal sudah sejak sd di kasi tau bumi itu bulet tapi prakteknya mengindikasikan bumi ga bulet -.-. makin susah percaya sama teori teori orang kafir. yang penting akhlak ibadah kita aja lah, mau bumi bulet ato datar toh ga ngaruh sama kehidupan kita. kebohongan itu pasti akan terbongkar juga pada waktunya.
    pesan buat yg buat blog, kalo bikin artikel buat dibaca manusia bikin yg lebih masuk di akal manusia kecuali mau bikin fiction jangan percaya tu sama profesor dengan bermacam gelarnya apa lagi kafir. kita dikasih pikiran itu buat berpikir bukan untuk menerima mentah mentah dari sesama manusia, gua yakin lu tu smart.

    Damai bro

    ReplyDelete
  20. Memang gak ada ngaruhnya dengan kehidupan kita, tapi ngerasa nikmat aja kalo udah matahin pendapat atau argumen. Banyak bukti bumi bulat tp banyak pula bantahannya, begitupun sebaliknya. Tp lebih sepokat kalo bumi datar. Masalah penerjemahan ayat harus dengan ilmu, ada berapa ayat yg di jelaskan, apa yg menjelaskan sudah berilmu,

    ReplyDelete
  21. there is a simple question :

    bagaimana anda menjelaskan Baitul Makmur yang sejajar dengan ka'bah di bumi ?

    if this world is a spinning ball how could that happen?
    the sun is EXTREMELY BIG ? are we back to the past that everyone Praise the Sun? Ra ? Amun ? ahh come on .. now we have Prophet Muhammad S.A.W to follow and Know that our God ALLAH S.W.T has adorn the sky and have no crack even a little [QAAF:6]
    and still think human that made of clod of soil can rival the angel that made of Lights to go through the second sky? exept Rasulullah .. He can do that with God's Help He can go through seven skies and he do that in 1 night but He is not like us .. even human .. He is Perfect ..

    and still think the human that even didn't pray to God could do that?

    it's basically simple my brother Al-Qur'an is made not in complicated but Allah were make it Simple
    "Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan al-Qur`ân untuk (menjadi) pelajaran, maka adakah orang yang (mau) mengambil pelajaran?" [Al-Qomar/54:17]

    ReplyDelete
  22. Ketika saya membaca semua jawaban anda tentang potongan ayat al-qur'an, saya menemukan kejanggalan.
    Di surat al-kahf 47. Anda menerjemahkan "Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu (RATA)"
    Padahal yg benar " (Al-Kahf):47 - Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu (DATAR) dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka.
    ANDA JANGAN SESEKALI MERUBAH AYAT AL-QUR'AN DEMI MEMBENARKAN TEORI ANDA !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya salinkan lagi tafsir ibnu katsir yang sudah saya cantumkan di atas..

      ***

      Allah subhanahu wa ta'ala menceritakan bahwa Dia melenyapkan gunung-gunung hingga rata dengan dataran, serta bumi menjadi rata dan datar sama sekali, ti­dak ada tanah yang datar dan tidak ada tanah yang menonjol; semuanya rata, tiada lembah dan tiada perbukitan. Karena itulah disebutkan oleh firman-Nya:

      وَتَرَى الأرْضَ بَارِزَةً

      "Dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar." (Al-Kahfi, 47)

      Yakni rata dan datar, tiada suatu tanda pun milik seseorang dan tiada suatu tempat persembunyian pun bagi seseorang. Bahkan semua makhluk di bawa ke hadapan Tuhannya, tiada sesuatu pun dari mereka yang ter­sembunyi bagi Allah.

      ***

      Kata "datar" bisa juga diungkap dengan kata "rata". Ini terjemahan, sama sekali tidak mengubah al-Qur'an, teks arabnya tetap pun sama..

      "Dan (ingatlah) pada hari (ketika) Kami perjalankan gunung-gunung dan engkau akan melihat bumi itu rata.."

      Ungkapan "rata" yang di atas itu terjemahan yang saya salin dari al-Qur'an dengan penerjemah Kemenag RI, silahkan dicek :)

      Delete
    2. ga ersha...sangat gigih sekali mengakali ayat2 Allah SWT..dalam alquran terdapat banyak ayat yang menerangkan bumi dihamparkan....tapi tidak ada satu pun AYAT yg menrangkan bumi ini bulat seperti yang anda yakini...padahal kalau anda pakai nalar...jika benar bumi ini bulat maka 100% arah kiblat mu ketika sholat akan melenceng jauh dari kabah...GA PERCAYA?..pikir pake logika bro..kita ini di equator..kabah diasia barat daya pasti melenceng karena terhalang lengkung bumi...THINK..!!

      Delete
    3. buat ersa: km terlihat spt muslim yg beriman, sya rasa bumi datar dan bumi bulat ga akan mempengaruhi status keagamaanmu. coba liat flat earth 101 episode awal smp akir. cermati info penting yg disampaikan. pada akhir tiap2 episode silakan riset dan buktikan... mungkin itu akan mengubah perspektif anda.saya berpedoman pada alquran, dan saya percaya akan adanya campur tangan elite global yg melakukan propaganda dengan seruan bumi itu bundar untuk menyesatkan umat beragama. teori dari copernicus, galileo tentang matahari sbg pusat tatasurya itu tidak bisa dibuktikan dengan angka. justru ptolemy bisa membuktikan teori matahari bulan bintang bergerak mengelilingi bumi dengan hitungan yg akurat.

      kalo ngaku agama islam pasti tau sejarah asal muasal manusia. YA manusia pertama adlah ADAM. sedangkan science modern (darwin) menganggap manusia berasal dari kera (hal ini tidak disebutkan oleh al kitab)

      yg mau saya tekankan disini adl darwin, copernicus, galileo adl pengaut majusi--penyembah dewa matahari.(coba cari sumbernya).

      info2 yg anda dapat adl berasal dari mereka2 penyembah selain tuhan. anda juga pasti tau sendiri bahwa sebenar2nya informasi adl dari tuhan (alkitab dan nabi2nya).untuk mempelajari tentang flat earth anda juga harus mempelajari tentang aliran freemason yang berakar dari ajaran raja namrod.

      Delete
  23. Yakinlah dengan hal yang gaib, Allahu A'lam Bi Syawab

    ReplyDelete
  24. Untuk yang bingung kenapa rute trans-pasifik melengkung ke utara melewati alaska...

    Dalam dunia penerbangan, rute semacam itu disebut dengan istilah "great circle". Rute itu memiliki jarak yang lebih singkat dibandingkan penerbangan melalui garis katulistiwa. Coba dilihat referensi2 di google mengenai great circle, disana dipaparkan secara jelas kenapa jarak rute great circle bisa lebih singkat.

    Kalau misalnya google juga dianggap konspirasi NASA, mungkin paham flat earth lebih cocok untuk anda...

    ReplyDelete
  25. Dulu Garuda terbang ke LA .. dengan rute jakarta-biak-honolulu-LA... Dan rute itu memang rute terdekat menurut bumi bulat..
    Coba kalau pake teori bumi datar bisa nyemplung di laut itu rute JKT-biak-honoluli-LA kan jadi rute paling jauh menurut teori bumi datar.. dengan jenis pesawat yg di gunakan pada saat itu dan rute yg jauh(menurut teori bumi datar) rasanya tidak mungkin rute itu di lalui cukup dengan 2 kali transit.. hal itu menjadi mungkin jika kita pakai teori bumi bulat.. karena rute itu jaraknya pendek menurut teori bumi bulat..

    Kalau nanya kenapa skrg gk ada penerbangan direct karena keselamatan penerbangan Indonesia masih di bawah standar (CAT2) sehingga maskapai Indonesia di larang terbang ke Amerika begitu pula sebaliknya maskapai amerika dilarang terbang ke Indonesia.
    Kenapa tidak pakai maskapai lain ??
    Jelas tidak bisa direct. Karena maskapai di luar maskapai negara itu tidak bisa melakukan direct flight di negara lain.. kecuali penerbangan lanjutan..

    Contoh Garuda bisa menggunakan rute cgk- Amsterdam-london gatewick.. tapi Garuda tidak bisa hanya menerbangi Amsterdam- London getwick saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau boleh saya koreksi pernyataanya:
      1. Ternyata memang tidak ada satupun maskapai yang ada penerbangan langusung Bali-LA. jadi bukan hanya Garuda Mas.

      2. ada kok penerbangan garuda yang boleh ke LA, kalau katanya Garuda dilarang terbang ke Amerika karena alasan keselamatan garuda masih di bawah standar, itu kalimat ngawur. silahkan lihat link dibawah ini. http://www.cheapoair.com/fpnext/Air/Listing/s/1.

      3. Tahuk gak kenapa tidak ada penerbangan lansung dan harus transit (misalkan melalui taiwan/guangzho/taipei/Jepang/korea) padahal berdasarkan peta bumi bulat, mestinya lebih dekat melalui philipina.

      4. coba tarik garis Bali-LA dengan peta bumi datar, jalurnya memang melewati kawasan itu (taiwan/guangzho/taipei/Jepang/korea).

      Delete
    2. Gue sndiri gak terlalu paham dgn dunia penerbangan. Tapi satu yg pasti penerbangan komersial pastia akan menghitung profit bisnis jalur nya. Seperti ane yg tinggal di padang pengen ke palembang, tapi ternyata pesawatnya transit dulu di Jkt, begitu juga dgn bbrp kota lainnya harus transit ke jkt dulu.

      Ane gak tau pasti seberapa banyak sih orang Bali atau turis bali yg pengen terbang langsung ke LA. Membandingkan Bali dengan Taiwan, tokyo atau kota2 besar dunia lain jelas sama aja membandingkan kota Padang dgn kota Jakarta.

      Delete
  26. Yang tidak kalian lihat semuanya wahai pendukung bumi bulat dan datar yaitu bahawa kezoliman yang ada harus di gugat... Bentuk bumi bulat yang disajikan saja tidak konsisten... Benua Amerika yang di release sama Nasa di bentuk bumi bulat berubah ubah bagaimana kalian akan mengukur jalur pesawat?

    ReplyDelete
  27. Toh peta yang kalian ribut kan sama-sama datar yang satu peta datar dilihat dari kutub Utara dan yang satu peta datar dilihat dari katulistiwa... Coba katakan pada saya mana yang benar dan mana yang bohong... Bukankah peta bulet globe itu asalnya dari peta datar

    ReplyDelete
  28. Yang pasti al quran pasti benar menurut islam..yang jadi masalah cuma fenafsiran masing 2x

    ReplyDelete
  29. Itu benar.. flat ia real. Yang gak percaya gak punya iman.. dikitab auci manapun dijelaskan. Bumi itu datar. Pelajaran kita sejak SD sudah membodohi... orang2 audah mulai sadar

    ReplyDelete
  30. Kalo saya sih lebih percaya apa yg saya lihat,
    Matahari terbenam (tenggelam) dari atas turun kebawah, dan terbit (muncul) dari bawah ke atas.

    Jika Dalam teori bumi datar ini seharusnya saya lihat matahari datang dari kejauhan sebelah timur, dan hilang dikejauhan sebelah barat. Karna teorinya matahari melintasi katulistiwa dengan kutub utara sebagai pusat (seperti jangka).

    Kesimpulanya globe is real

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju bumi bulat .....
      Tolong yg perjaya bumi datar pergi ke pantai lihat matahari terbit/terbenam. Matahari tidak mengecil sebelum terbenam,TETAP BESAR dan terbenam dibalik bumi. Padahal menurut teorybumi datar katanya matahari tidak terbenam tapi berputar putar diatas langit, mengecil dikejauhan lalu menghilang..apakah masih percaya teory yg ga mutu tsb.

      Delete
  31. Kalo saya sih lebih percaya apa yg saya lihat,
    Matahari terbenam (tenggelam) dari atas turun kebawah, dan terbit (muncul) dari bawah ke atas.

    Jika Dalam teori bumi datar ini seharusnya saya lihat matahari datang dari kejauhan sebelah timur, dan hilang dikejauhan sebelah barat. Karna teorinya matahari melintasi katulistiwa dengan kutub utara sebagai pusat (seperti jangka).

    Kesimpulanya globe is real

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju.. Lihat saja matahari terbit/terbenam waktu kita di pantai. Matahari tidak mengecil sebelum terbenam,TETAP sama BESAR dan terbenam dibalik bumi. Padahal menurut teory bumi datar katanya matahari tidak terbenam tapi berputar putar diatas langit, mengecil dikejauhan lalu menghilang ...aneh

      Delete
    2. Salah mas bro, bila ilustrasi bumi datar dgn matahari mengelilingi bumi sekitar 50 km diatas bumi, malah justru matahari tetap harus terlihat di malam hari sekalipun. Krn faktanya bintang2 yg lebih jauh malah terlihat, tp kenapa matahari yg lebih dekat justru tidak terlihat dgn teropong/teleskop sekalipun? Aneh kan.

      Yg tidak busa dijawab oleh para pendukung bumi datar adalah knapa pd musim dingin di kutub utara matahari bisa tidak muncul selama bbrp bulan dan diwaktu bersamaan di belahan selatan matahari malah tidak terbenam slm bbrp bulan. Kalo memang bumi datar seharusnya matahari tetap terlihat dari daerah manapun di bumi, krn tidak ada bangunan atau gunung yg memiliki tinggi diatas 10 km yg menutupi penglihatan.

      Delete
    3. itu abang dua teori disatukan, kucing di samain sama tikus.
      kalo teori bumi bola/globe (bukan bulat karena bukan tahu atau lingkaran) bumi nya bang yang muter bukan matahari yang muter, abang mesti setuju bahwa matahari gak gerak tapi berputar pada porosnya, abang jangan bilang begerak (terbenam) matahari dari atas ke bawah.

      Delete
  32. penjelasan yg aneh banget, rute denpasar - hongkong - taiwan - alaska - los angeles di peta bumi datar itu hampir membentuk garis lurus, jd lebih masuk akal peta bumi datar drpd peta globe, coba pake logika dong kalo ente bukan pilot...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener juga sih..masuk akal juga tuh...hahaha

      Delete
    2. Gue sndiri gak terlalu paham dgn dunia penerbangan. Tapi satu yg pasti penerbangan komersial pasti akan menghitung profit bisnis jalur nya. Seperti ane yg tinggal di padang pengen ke palembang, tapi ternyata pesawatnya transit dulu di Jkt, begitu juga dgn bbrp kota lainnya harus transit ke jkt dulu.

      Ane gak tau pasti seberapa banyak sih orang Bali atau turis bali yg pengen terbang langsung ke LA. Membandingkan Bali dengan Taiwan, tokyo atau kota2 besar dunia lain jelas sama aja membandingkan kota Padang dgn kota Jakarta.

      Flat earth gak bakal bisa menjelaskan knapa penerbangan dari padang ke palembang harus transit ke JKT. Hahaha...

      Delete
  33. Kalo ane nyimak aja dah..karena ini adalah para elite yg bicara...tapi saya tetep salut sama pencetus kesdaran bumi datar...tapi lebih hebat lagi kalo pencetus kesadaran bumi datar itu di buktikan secara ilmiah dan saint juga bukan sekedar alibi saja..sehingga orang awam seperti saya bisa langsung sadar sepenuhnya..arab saudi kan negara kaya masa ngk mau biayai perjalanan keluar angkasa buat para anggota flat earth..sehingga bikin video dari luar angkasa yg nyata bukan sekedar rekayasa computer..beres kan.. wassalam..

    ReplyDelete
  34. Bumi itu datar persis kayak lambang pbb..

    ReplyDelete
  35. Bumi itu datar persis kayak lambang pbb..

    ReplyDelete
  36. udh anda kok nggak memperhatikan kalau garis yang ditunjuk dari bali bali itu kalau peta datar ya melalui hongkong secara taiwan itu berdekatan dengan hongkong lihat dengan seksama peta bumi datar...lihat garis nya mendekati honkong taiwan jepang terus ke atas ke alaska..aduh kok saya ngikutin nih blog ya munkin udah kena psikologi hipnotis nih gua sama ini blog lol...yang gua butuhin itu bantahan serius untuk flatter klau bantahan dari anda makin kesini makin ngawur..

    ReplyDelete
  37. Quote kalimat diatas : Jadi pesawatnya itu bukan direct flight dari Bali ke Los Angeles, tetapi mampir dulu di Hongkong menggunakan Garuda Indonesia (GA856), dari Hongkong kemudian ke Taipei/Taiwan menggunakan China Airlines (CI920), baru kemudian ke Los Angeles menggunakan China Airlines (CI8).. Kok pesawat bisa naik pesawat lagi menggunakan garuda Indonesia? Disitu kalimat nya sudah rancu. Kemudian cek lagi beritanya di lain. Dan memang benar wanita tersebut melahirkan di dalam pesawat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Garuda indonesia udah gabung jadi member skyteam sejak 2014, salah satu kelebihannya ya disitu. Begitu juga kebalikannya dari maskapai lain pindah ke garuda.

      Benefit dr skyteam ini penumpang gak perlu capek2 beli 2 atau 3 tiket pesawat, tapi cukup sekali aja walaupun nnti memakai 2 atau 3 maskapai.

      Delete
  38. Kalo bumi itu datar buktikan ujung dunia itu di mana.dan itu harusnya ada dan mana....?

    ReplyDelete
  39. Kalo gua baca, komentar flat earthers isinya cuma bully doang, merasa paling benar padahal hanya nyontel sumber bkn explorasi sendiri

    komentar tanpa ilmu pengetahuan dan logika

    sudahlah, mereka tdk perlu diingatkan
    hanya buang2 waktu saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. hanya satu pertanyaan saya. Kenapa tidak ada penerbangan langsung dari Bali ke LA ya. kenapa harus lewat Taiwan atau guangzhow bukankah itu lebih jauh. kalaupun harus transit, kenapa tidak melalui Pilipina? saya udah cari di internet jadwal penerbangan dari Bali ke LA, hasilnya tidak ada. terimakasih

      Delete
  40. GUE MAH GA PEDULI MAU DAKTAR KE MAU BULAT KE YANG PENTING UDUD

    ReplyDelete
  41. assalamaulaikum. hanya satu pertanyaan saya. Kenapa tidak ada penerbangan langsung dari Bali ke Los anggeles ya. kenapa harus lewat Taiwan atau guangzhow bukankah itu lebih jauh. kalaupun harus transit, kenapa tidak melalui philifina? saya udah cari di internet jadwal penerbangan dari Bali ke LA, hasilnya tidak ada. terimakasih.

    ReplyDelete
  42. Apa kalian tidak merasa aneh bahwa tidak ada satupun maskapi penerbangan didunia yang langsung terbang dari bali ke LA? saya sudah search di internet http://www.cheapoair.com/fpnext/Air/Listing/s/1.

    lalu kenapa harus transit melalui taiwan/guangzho/taipei/Jepang/korea padahal jaraknya lebih jauh menurut peta bumi bulat? silahkan cek melalui google Map. Bali-Taiwan lalu Taiwan-LA?

    ReplyDelete
  43. Dari hasil searching saya sendiri di internet; saya menemukan fakta yang sangat aneh untuk waktu tempuh perjalanan pesawat dari Bali menuju Los Angeles, California, US. Memang berdasarkan jadwal penerbangan yang ada, tidak ada satu maskapaipun yang melakukan penerbangan langsung dari bali ke LA, harus transit, saya juga tidak tahu kenapa, tapi keanehannya bukan disini.

    Berdasarkan data yang saya dapatkan di internet http://www.cheapoair.com/fpnext/Air/Listing/s/1, transit dapat dilakukan di China (Ghuanzouw/Taipei), Taiwan, Jepang dan Korea, bergantung maskapi penerbangannya. Jika berdasarkan peta bumi bulat, Philipina, jepang dan Korea adalah titik terdekat menuju LA ketimbang Negara lainnya seperti China dan Taiwan, Silahkan cek di Google Map.

    Disinilah keanehanya mulai mincul, setelah saya searching estimasi waktu perjalanan dari Philipina ke LA, ternyata perjalanan paling lama, yakni 10 jam 30 menit ketimbang bandara di cina yang jaraknya lebih jauh dari LA, seperti Taipei, Guanzhou dan Taiwan. Philipina sebagai titik yang jarakya lebih dekat dari Los Angeles, tapi waktu tempuhnya lebih lama.

    Lihatlah waktu tempuh pesawat dari Tokyo-LA hanya 6 jam, Korea-LA 7 Jam, Taipei-LA 9 jam, Ghuanzou-LA 9 jam. Sementara dari Philipina-LA yang lebih dekat jaranya harus menempuh waktu 10 jam 30 menit. Padahal ghuabzhou dan Taipei berada dibelakang philipina!!!

    Ini sangat tidak rasional, silahkan di cek melalui google Map.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf gan ane ragu kalo ada penerbangan langsung dari manila filipina ke LA tanpa transit. Itu sama aja menganalogikan penerbangan dari kota ane di Padang ke Tokyo jepang. Hehehe... Ane dari padang mau ke palembang (sama2 di sumatera) harus transit ke JKT dulu gan, gak ada penerbangan langsung dr Padang ke Palembang. Aneh ya kan muter2 itu namanya... Teori bumi datar aja langsung lewat gak bisa jawab knapa bisa bgitu. hahahaha...:D

      Delete
    2. kalo itu domestik bang, urusannya duit sama maskapai, trick, ntar juga kalo udah rame banget ada pasti kaya di jawa

      Delete
    3. contoh pontianak-palangkaraya udh ada kan

      Delete
    4. ada tuh cek aja sendiri, ini alamat web nya, http://www.cheapoair.com, selain itu di trip advisor juga ada.

      Delete
    5. http://www.cheapoair.com/fpnext/Air/Listing/s/1

      Delete
    6. This comment has been removed by the author.

      Delete
    7. Ya jelas gan yg paling lama penerbangan ke LA adalah philipina diantara negara2 yg lain yg agan sebut, karna kenapa, kalau kita lihat di peta bumi datar menunjukkan bahwa philipina adalah negara yg paling jauh ke LA dibandingkan dengan negara2 yg lain, coba kalau cek di peta bumi bulat, pasti ngaur, karna di peta bumi bulat philipina yg paling dekat. Jadi tidak masuk akan kan.
      Sadarlah kalian yg masih mau dibodohi, kalau gak percaya coba kalian cek semua penerbangan2 international.
      Lihat transitnya dimana saja, dan coba kalian ukur menggunakan peta bumi datar dan juga Peta bumi bulat, pasti anda akan menemukan jawaban yg paling tepat dan masuk akal diantara alasan maskapai melakukan transit2 di negara tersebut adalah peta bumi datar, aku sendiri sudah membuktikan bahkan untuk meyakinkan diriku sendiri aku sampek melakukan pencarian penerbangan international sebanyak 30x penerbangan yg masing2 berbeda-beda rute.
      Dan hasilnya masih tetap, peta bumi datar lah yg paling masuk akal jika rute tersebut yg dipakai oleh maskapai penerbangan.

      Delete
  44. Menurut ente kan karena sudah rutenya seperti itu kan intinya. Karena sudah rutenya seperti itu. Ente lucu, mau bantah konspirasi tapi mikirnya masih pendek.

    Kenapa juga rutenya seperti itu? Emang itu rute bisa jadi sendiri tanpa ada yang bikin? Pasti ada yang bikin dong. NAH yang bikin rute penerbangan tuh siapa????

    Dia bikin seolah2 itu udah sistem dan ya kita harus mematuhinya. Kenapa? Toh udah sistem yang sesuai standar. TAPI JANGAN LUPA yang bikin sistem juga ya kita-kita juga.

    ReplyDelete
  45. Bang Esha, data nya abang observasi sendiri? apa abang observasi data orang yang udh observasi?,, misal abang terbang dari bali ke hongkong ke taipe ke alaska ke los angeles? dan video, terus hitung jarak? gituh gak bang? terus kalo bicara tafsir itu beda sama mengartikan, hafidz belum tentu bisa menafsirkan, karena ilmunya ada siroh nabawiyah. itu kata ulama gelar LC yang saya suka dengar kajiannya.

    ReplyDelete
  46. Miris nyimak banyaknya yg percaya dgn bumi datar, itu udah ada sjak lma , tp di indp baru trend2 nya saat ini, pdahal di luar negeri ditolak mentah2 itu , kok diindo malah jadi bahan perseteruan, lama2 bisa jadi 2 negara ini indonesia hahaha

    ReplyDelete
  47. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  48. Kenapa sih kita gak buat simpel dan sederhana cara berpikir dalam setiap argumennya?

    Kita diskusi untuk menuju 'progress' yah. Bukan siapa yang menang yang kalah :).

    Pertanyaan saya simpel bagi yang memang bumi itu bulat dan atas nama sains. Sains yah, bukan religi sains. Tahu kan bedanya religi sains?

    1. Apakah flat earth itu hadir karena berusaha provokasi dan brainwash publik di bawah kedigdayaan heliosentris dan 'saintis-saintis' yang setiap kali kemukakan teori dan penemuan, kita main mengiyakan tanpa berusaha cari dulu?

    Ini sama saja seperti David v Goliath loh. Mereka punya media loh.

    2. Kenapa masifnya growth flat earthers? lebih simpel malah.

    Karena melihat anomali yang terjadi pada sains modern dan berujung kepada heliosentris dan peradaban.

    Kalau dibilang konspirasi paranoid. Justru kita yang bertanya, kenapa NASA harus bohong-bohongan Man On The Moon di tahun 79?

    Sains adalah sains kalau menurut mereka. Man On The Moon itu kalau kalian teliti cari tahu dalem. Bukan erat kaitannya hanya dengan perang dingin US v Soviet loh (silahkan cari sendiri).

    Terakhir.

    Yuk, sama-sama. Cari tahu, kenapa Copernicus bisa seabsolut dengan heliosentris-nya yang justru disempurnakan orbitnya oleh Kepler setelah ia mati.

    Disaat sebelumnya 1300 tahun, manusia gunakan peta Ptolemy bahwa bumi itu datar?

    Oh iya satu lagi denk. Tahu gak sewaktu jurnalnya diprint di Jerman oleh anak didiknya.

    Jurnal itu dikasih catatan oleh Olisiander: bahwa jurnal ini tidak sepenuhnya benar, karena berisi teori perhitungan yang tidak umum. Tetapi selama ini membawa kebaikan bagi umat manusia, dipersilahkan.

    Konspirasi? gih silahkan cari sendiri googling :)

    Gak usah kita bawa ke ranah tafsir agama, berat bro.
    Berpikir simpel aja dulu, di saat saya dulu yang agnostic justru berbalik arah lagi percaya adanya agama karena flat earth.

    Seperti pesan: Iqra...iqra....Iqra.

    Itu 3x bukan berarti hanya Qur'an.
    Pesannya: cari tahu apa dibalik semua hal yang kita dengar, terima dan cerna.

    Bila memang kita salah di akhirnya, setidaknya: kita tahu apa yang kita lakukan dan percaya, berdasarkan rasionalitas akal, agama dan nalar.

    Kalau sains itu ilmiah menurut mereka. Jangan kita bicara gravitasi atau archimedes.

    Kenapa harus ada propaganda 'berbohong'? apa jaminannya mereka tidak akan 'bohong' lagi untuk keluar angkasa disaat teknologi udah puluhan kali canggih?

    Live cam? liat di ISS?
    Kalau kalian berasumsi main percaya gitu aja dengan report mereka,
    kenapa kita yang percaya FE itu tidak boleh berasumsi juga itu adalah fake? disaat mereka sudah pernah berbuat bohong dengan kita 37 tahun lalu dan kita baru tahu disaat jaman udah ada youtube?

    Kita gak nyebarin fitnah dan propaganda kok. Untuk apa? kepentingannya?

    Justru kita yang nanya, kenapa NASA propaganda? anggaran negara apa yang paling mudah dengan Milyaran dollar tanpa harus bisa cover both side? disaat bisa disolusikan dengan CGI?

    CGI? asumsi itu terlontar disaat kalian penganut sains itu ke'GEP gitu loh di luar angkasa kok bisa jempolnya nongol gitu saat benerin satelit (cari sendiri yah, nanti ketemu kok edisi ini :).

    Editan? lah, liat dulu makanya. Itulah ignorance ane juga dulu.
    Ketika sudah harus mencoba cari tahu, kita gak mau cari lebih dalam lagi.

    Gak maksa kok percaya FE atau GE. Toh gak ada gunanya juga kan mana yang paling benar? tapi setidaknya, kita berusaha untuk tahu, mana yang paling bullshit diantara kedua ini sih.

    Wass

    ReplyDelete
  49. Intinya dari semua itu bumi adalah sebuah hamparan yg luas. Yg salah adalah matahari diam , karena matahari itu bergerak dengan garis edarnya .. silahkan di cek dengan sering2 membaca Al quran
    :-)

    ReplyDelete
  50. Intinya dari semua itu bumi adalah sebuah hamparan yg luas. Yg salah adalah matahari diam , karena matahari itu bergerak dengan garis edarnya .. silahkan di cek dengan sering2 membaca Al quran
    :-)

    ReplyDelete
  51. Dan saya tidak bilang klo bumi itu bulat ataupun datar .. karena di Alquran tidak menyebutkan bahwa bumi itu bulat ataupun datar melainkan sebuah hamparan luas

    ReplyDelete
  52. Permisi om admin :-D
    Wah hebat nih orang" yg komen, percaya dgn teori & dalil dari :buku, kitab, fatwa & pendapat manusia :-D
    Sampai debat" seperti ini..
    Kok percaya sama foto bumi, gk ada yg bisa buktikan bumi itu bulat / datar dari foto..
    Ilmu manusia tidak bisa nyampai situ :-D
    Kluar dari atmosfir bumi saja blum ada yg bisa, besi, baja, manusia, meteoroid, asteroid, dll saja hancur, tiba" ada fotonya.. Tiba" ada satelit.. :-D
    Benar-benar hebat, saking hebatnya, sampai tidak masuk akal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener om, belom pernah liat langsung ane ada yang berhasil lewat atmosfir bumi

      Delete
  53. pusing liat komentarnya, klo gw simple aja penjelasan nya
    1. matahari ada terbit dari timur tenggelam di barat kan, klo ngikutin teori flat earth ga terbit ma tenggelam jadi arah selatan ma utara logika aja.
    2. klo penerbangan setau saya tidak ada yang melewati segitiga bermuda, meski dibilang mitos tetap saja tidak ada satu pun maskapai penerbangan berani melewati tempat itu, makanya agak jauh dikit mikir nya flat eath.
    3. kalau agama saya ga ikutan yak, karena semua agama menurut saya baik dan menuntun umat nya ke jalan yang lebih baik.

    sekian thx

    ReplyDelete
  54. Pernah liat orang nyebrang kutub selatan?
    Kasih linknya dong, pengen liat

    ReplyDelete
  55. Artikelnya maksain banget kenapa gak mendarat di airport terdekat aja di Honolulu Airport Hawai berdasarkan peta globe, bukan alaska

    Meskipun Pesawatnya bukan direct flight dari Bali ke Los Angeles, tetapi mampir dulu di Hongkong menggunakan Garuda Indonesia (GA856), dari Hongkong kemudian ke Taipei/Taiwan menggunakan China Airlines (CI920), baru kemudian ke Los Angeles menggunakan China Airlines (CI8), tetap saja rute tersebut merupakan rute terdekat menurut Peta Bumi Datar.

    jadi artikel ini tidak membuktikan Kebohongan Konspirasi Bumi Datar: Penerbangan Dari Bali Ke Los Angeles.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang maksa itu ente, udah jelas-jelas FE melakukan kecurangan dengan manipulasi data, maksain banget pengen dianggap..

      Delete
    2. @esha coba liat ulang peta bumi datar bandingkan jarak taiwan-LA dgn yg ada di peta bumi globe. Tarik garis lurusnya, di peta bumi datar bakal kena LA (di pertengahan), peta bumi globe(?)
      liat yang mana lebih masuk akal untuk waktu tempuhnya

      what a logic bro "==

      Delete
    3. Coba disearching dulu apa itu AEP, terus cari tutorial cara membaca petanya. Selama Anda salah membaca peta, maka argumen Anda akan selalu salah. Anehnya para FE menganggap bahwa argumennya itu "lebih masuk akal"..

      Nih, saya punya peta bumi datar, pusat bumi itu ternyata Mekkah :p silahkan dicocoklogi, good luck :v

      https://drive.google.com/file/d/0B4uDppenJPZteWNndTJhc1RyekU/view?usp=drivesdk

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
    5. Esha
      Peta bumi datar yg kami pakai bukan seperti yg kamu itu, itu malah tambah ngaur kamu.
      Peta bumi datar yg kami pakai adalah ini.

      https://www.google.co.id/search?q=peta%20bumi%20datar&ie=UTF-8&oe=UTF-8&hl=en-id&client=safari&dlnr=1&sei=IbooWO2ALMnvvgTjyYyIAw#dlnr=1&imgrc=fq9lGFE7aLojNM%3A

      Nah,, pantengin tuh baik2, buka mata lebar2 jangan malah kamu nambah membodohi kita yg udah lama dibodohi oleh bumi bulat.
      Liat tuh mana yg paling lurus garisnya???
      Mana yg paling masuk akal, ?
      Karna hongkong taipe alaska dan LA itu adalah garis lurus. Jadi gak mungkin langsung ke LA tanpa melewati langit ALASKA.
      Gimana?? Udah sadar?? Kalau udah sadar hapus tuh bantahan lu, bantahan pembodohan.
      Kita berbicara fakta ya di peta bumi datar itu.
      Bisa baca bentuk2 negara gak?? Soalnya di peta yg saya kasik itu gak ada nama negaranya, kalau gak bisa baca bentuk2 negara nnti aku kasik nama ya di peta itu pakek pensil.
      Puasss????

      Delete
  56. Esha lo terlalu fanatik y ane liat..

    ReplyDelete
  57. kamu sudah pernah observasi pakai matamu gk, kalau kurang jauh pake teropong, tetep datar.

    ReplyDelete
  58. Esha ardie, coba jelaskan dengan teorinya nasa atau apa pun, kena bulan juga terbit seperti matahari, dan kenapa permukaan bumi yang tampak hanya itu..... saja gk berubah

    ReplyDelete
  59. gampang aja, orbit bumi datar kalo mengelilingi matahari itu gimana ya? apa kalo seandainya terlihat tetap dari timur ke barat (terbit-tenggelam), jika bumi memang data dan saat matahari berada "dibawah" bumi, SEHARUSNYA seluruh dunia gelap PADA WAKTU YANG SAMA.. Think again..
    Kalo ada yg punya gasing, analogikan itu bumi datar, bayangkan arah matahari itu kemana aja, pasti tau keanehannya..

    ReplyDelete
  60. Begini ya, semua rute penerbangan itu tidak memiliki garis lurus,karena dalam penerbangan ada juga yang namanya lalu lintas udara, jadi rutenya selalu dibuat longgar agar tak terjadi tabrakan. TAK ADA RUTE DENGAN GARIS LURUS

    ReplyDelete

Silahkan masukkan komentar Anda, berbagi pengetahuan dan sudut pandang Anda. Setiap artikel sangat memungkinkan untuk diperbaiki dan dilakukan pengeditan..