Mengupas Kebohongan Konspirasi Bumi Datar (4) : Rute Penerbangan Yang Tak Masuk Akal

Mengupas Kebohongan Konspirasi Bumi Datar (4) : Rute Penerbangan Yang Tak Masuk Akal

Masih di video kelima, Antartika dan Bom Nuklir Kubah Bumi. Dan masih soal penerbangan, silahkan baca dulu artikel sebelumnya : Mengupas Kebohongan Konspirasi Bumi Datar (3) - Penerbangan dari Bali ke Los Angeles..

Quote hari ini : "Kita boleh saja meragukan sesuatu, tetapi jangan sampai kita kehilangan sikap ilmiah, objektif, dan selalu mengecek kebenaran.."

Flat Earthers sangat yakin kalau bumi ini berbentuk datar, kita bisa melihatnya dari sikap mereka yang melakukan "langkah" apapun untuk "membuktikan" hal tersebut. Meskipun langkahnya hanyalah sebatas kata-kata dan membuat video. Termasuk membandingkan peta bumi globe dan peta bumi datar, yaitu melalui jalur penerbangan..

Kata mereka, jalur penerbangan pada peta bumi globe itu tidak masuk akal. Tetapi masuk akal jika menggunakan peta flat earth..

Perhatikan gambar di atas. Pada menit 06.35 mereka berkata :

"Kita ambil jalur lain lagi, dari Johannesburg (Afsel) ke Sydney (Australia). Jika kita ambil jarak lurus di peta globe, memakan waktu 11 jam penerbangan. Tapi rute itu tidak ada. Dari Johannesburg harus mampir dulu ke Dubai baru ke Sydney, memakan waktu 18 jam penerbangan. Ini juga nampak tidak masuk akal. Sementara jika menggunakan peta flat earth, rute Johannesburg - Dubai - Sydney hampir lurus. Mana yang lebih masuk akal menurut anda..?"

>> Jawaban :

Sebelumnya, di menit 05.54 dikatakan, "Anda bisa cek sendiri melalui berbagai situs yang menyediakan tiket penerbangan.."

Alibi, ungkapan tersebut seolah-olah menunjukkan bahwa semua yang mereka sampaikan adalah sebuah fakta dan data-data yang valid. Tetapi jangan sampai kita tertipu dan mengundurkan diri untuk mengecek kebenarannya lebih lanjut..

Dikatakan bahwa dari Johannesburg ke Sydney dengan estimasi waktu 11 jam tidak ada rute langsungnya. Mari kita cek di situs Qantas.com dan perhatikanlah gambar di bawah ini..

Rute Johannesburg Ke Sydney (Mengupas Kebohongan Konspirasi Bumi Datar)

Flight QF64 dari Johannesburg ke Sydney ternyata ada direct flight dengan estimasi waktu penerbangan 11 jam 50 menit..

Siapa yang berbohong, Flat Earthers atau Qantas..!?

Coba perhatikan lagi, darimana mereka tahu estimasi waktu dari Jonannesburg ke Sydney selama 11 jam kalau bukan dari situs penerbangan..? Dengan kata lain, bisa jadi sebenarnya mereks sudah tahu kalau ada direct flight pada rute tersebut. Namun seperti di awal yang tadi saya katakan, apapun akan mereka lakukan termasuk memanipulasi data-data..

Kesimpulannya, tidak ada hal yang aneh sama sekali dengan rute penerbangan pada peta bumi globe..

Pada menit 07.34 mereka juga mengklaim bahwa penerbangan dengan estimasi waktu 15 jam dari Sydney ke Santiago tidak ada rute langsungnya. Dari Sydney harus mampir dulu ke Los Angeles, baru ke Santiago dengan estimasi waktu 27 jam penerbangan..

Mengupas Kebohongan Konspirasi Bumi Datar (4) : Rute Penerbangan Yang Tak Masuk Akal

Kita cek lagi di Qantas.com dan ternyata ada direct flight (QF321) dari Sydney ke Santiago dengan estimasi waktu penerbangan 15 jam 30 menit. Alhasil, akal-akalan mereka gagal..!!

 Rute Sydney Ke Santiago (Mengupas Kebohongan Konspirasi Bumi Datar)

Siapakah yang memanipulasi fakta, Flat Earthers atau NASA..!?

Artikel selanjutnya : Mengupas Kebohongan Konspirasi Bumi Datar (5) - Mengapa Air Laut Tidak Tumpah?

Silahkan lihat bentuk bumi dari video peluncuran roket berikut, ups kubah bumi mana yaa..? : Peluncuran Dan Pendaratan Roket Falcon 9 Mengorbitkan Satelit Thailand

——○●※●○——

Esha Ardhie
Jum'at, 22 Juli 2016


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." [HR. Muslim no. 1893]


Blognya Esha Ardhie Updated at: 8:41:00 AM

124 komentar:

  1. Replies
    1. Dikatakan bahwa estimasi dari johanesberg ke Sydney 11 jam , menurut jadwal qantas..tapi itu tidak pernah terpenuhi pasti diatas 11 jam karena rute langsung di peta globe itu kalo ditempuh di peta datar akan menjadi diatas 20 jam..kalo menurut jadwal etihad 11jam 19minit atau ada yg kasih 14 jam itu dari DUBAI(ABUDABHI) ke Sydney..jadi coba dicek lagi...https://booking.etihad.com/SSW2010/EYEY/webqtrip.html?execution=e2s1&cid=

      dan http://www.cheapoair.com/fpnext/Air/Listing/s/1

      Delete
    2. 1. Namanya juga estimasi. Sesuai dengan istilahnya, nyatanya akan bisa kurang atau bisa juga lebih..

      2. Pernah naik pesawat..? Jika dikatakan estimasi itu TIDAK PERNAH dipenuhi, buktinya apa..? Bukti secara real, bukan duga-duga atau hitung-hitungan yang tidak jelas. Soalnya kalo cuma kira-kira, bahasannya akan semakin melebar dan pasti tidak akan pernah selesai, karena setiap orang juga punya persangkaan..

      3. Sebenarnya kita tidak perlu jauh-jauh berkunjung ke situs lain. Silahkan cek di Qantas. Jika kita search flights, kita akan disuguhkan beberapa opsi jadwal penerbangan dengan estimasi waktu yang berbeda-beda (sesuai ketersediaan) atau bahkan estimasinya berbeda jauh, meskipun sama-sama direct fligt. Ini hanya kondisional atau masalah teknis dari pihak penerbangannya saja..

      Delete
    3. Gak usah mikirin jarak pesawat...kenapa pesawat dilangit dalam penerbangan normal autopilot tidak terjadi tabrakan??karena diatur dalam ketinggian jelajah seandainya bulat pasti banyak terjadi tabrakan!!kenapa kapal laut semakin jauh semakin menghilang??tentu bukan karena bumi bulat tapi karena jarak yang semakin jauh,gunakan teori segitiga, di garis pantai kapal menghilang tapi di ketinggian kapal masih terlihat..!flat is real..!

      Delete
  2. Masih gak habis pikir, ada aja orang yang percaya sama flat earth.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan gak cuma satu, banyak -_-
      Ketua lapan aja dilibas, disuruh nonton videonya sama flat-earther hahaa #miris

      Delete
    2. wkwk...koplak emank neh Flat Earther...

      Delete
  3. Tapi kalau pake kamera yg mempunyai zoom berlipat2 ganda kapal yg nan jauh d sana masih tetap kliatan utuh. Di dalam kitab suci Alquran pun d sebut bumi ini hamparan. Bisa d kaji lg??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soal kamera ini saya heran banget. Selalu disebut-sebut kamera, kamera, tapi mana contohnya? Merknya? Video penggunannya dalam kerangka ilmiah (ada yang sempat nyebut merk Nikon, tapi videonya video iklan)? Masa untuk pembuktian sesuatu sejumbo ini sampai gak pernah keliatan alatnya?! Yah kan jadi kepikirnya soale alat seperti itu emang gak ada :D

      Soal penyataan dalam Al Qur'an, pengen tanya dulu juga sebelumnya. Ini penanyanya dapat pernyataan soal bumi sebagai hamparan itu dari ahli tafsir beneran atau abal-abal ya?
      Salah satu ulasan yang saya pahami, sumbernya dari bapak Quraish Shihab. bagaimanapun faktanya beliau adalah salah satu ahli tafsir yang punya dasar pendidikan jelas dan resmi dari lembaga berwenang (Al Azhar, Mesir). Pada suatu program di Metro TV, beliau sempat menyinggung perkara ini dengan menjelaskan bahwa tata bahasa Arab sangat memengaruhi tafsir suatu kata dalam Al Qur'an. Dalam Al Qur'an disebutkan bahwa Allah MENCIPTAKAN bumi dalam bentuk bulat (berdasarkan tafsir dari berbagai ayat), namun MENJADIKANNYA sebagai hamparan bagi manusia. Perhatikan saja antara dua kata yang saya tulis dalam huruf kapital tersebut, dengan pemahaman tata bahasa Indonesia sajasudah tampak perbedaannya. Apa yang kita rasakan terhadap bumi, menurut Al Qur'an memang disengajakan oleh Allah sebagai bentuk nikmat terhadap manusia. Apa itu yang kita rasakan? Ya rasa bumi sebagai hamparan, terlepas dari bentuk sesungguhnya yang bulat. Bayangkan saja kalau buminya bulat dan dijadikan bulat juga rasanya bagi manusia, apakah masih mungkin nyaman?!
      penjelasan lainnya bisa dibaca juga di sini http://santri.net/aquran-al-hadis/kajian-tafsir/3545-bentuk-bumi/
      Wallahu a'lam.

      Delete
    2. Masalah kamera, saya sangat setuju dengan Anis. Jujur saja saya juga bingung menanggapi pernyataan seperti yang disebutkan oleh Anonim, karena pernyataannya memang tidak jelas. Kalau kita sering nonton film bajak laut, di kapal kan ada tuh orang di tempat tinggi yang tugasnya neropong memantau sekitar laut. Mengapa harus ditempat yang tinggi..? Kalau kita liatnya di bawah, pandangan kita akan terbatas karena terhalang oleh lengkungan dataran bumi. Kalau kita lihatnya dari atas, sudut pandang kita akan menjadi lebih luas sehingga sesuatu yang jaraknya jauh bisa cepat terlihat. Hal ini saja sudah mengindikasikan kalo bumi ini bentuknya bulat..

      Masalah ayat Al-Qur'an yang menyebutkan bahwa Bumi ini dihamparkan, silahkan lihat penjelasan Syaikh Utsaimin, beliau mengatakan bahwa bumi ini datar bagi pandangan manusia saja, bentuk aslinya adalah bulat..

      Jika kita meninjau bentuk bumi dari segi dalil. Kita akan mendapatkan bahwa para ulama tidak bersepakat dalam hal ini, ada yang mengatakan bahwa dalil ini menunjukan bumi datar, dan ada juga yang mengatakan bahwa dalil ini menunjukkan bumi bulat. Maksudnya, di sini telah terjadi perbedaan pendapat di antara para ulama mengenai hal penafsiran ayat..

      Intinya, tidak ada dalil qathi atau dalil tegas dari Al-Qur'an, Al-Hadits, maupun Ijma' tentang bentuk bumi ini seperti apa.. Yang artinya, bahasan ini diserahkan atau dikembalikan kepada ahlinya, kepada penelitian, dan fakta ilmiah..

      Delete
    3. Sebelumnya terima kasih buat Bang Anis dan Bang Esha sudah meluangkan waktu dan tenaga hanya untuk menjawab atau menanggapi pertanyaan saya.
      1. Untuk masalah kamera, mungkin zaman bajak laut dahulu masih memakai teropong monokular yang jarak pandang terjauhnya 2 KM. Jadi mengapa mereka harus naik ke tiang tertinggi kapal agar tak terhalang oleh bidang horison. Kalau bertanya tentang merk kamera mega zoom coba Abang-abang Anis dan Esha surfing dengan kalimat kunci ini "Panasonic Lumix DMC FZ1000 Zoom Test" (bisa liat bulan lho.. hehehe..)

      2. Saya seorang Muslim yang tidak terlalu pandai dengan tafsir. Bagaimana kalau kita pisahkan dulu yang tertulis di Kitab Suci Alquran, bukannya tidak mau melibatkan Alquran tapi sebagaimana disebut oleh Bang Esha "tidak ada dalil qathi atau dalil tegas dari Al-Qur'an, Al-Hadits, maupun Ijma' tentang bentuk bumi ini seperti apa.. " Takutnya salah menafsir, salah mengartikan dan akhirnya berujung dosa.

      Saya disini tidak merasa benar dan saya tidak pula menyatakan Abang-abang salah. Saya hanya merasa ambigu setelah nonton itu video nya flatearth. Saya seakan-akan ingin terbang ke atas sana dan melihat langsung seperti apa bentuk tanah yang kita pijak ini.

      Bagaimana kalau kita bahas apa yang dilakukan NASA. Kata mereka ada 3.000 lebih satelit di atas sana tapi kok tidak penampakan satelit-satelit itu.

      Tanggal 7 Juli kemarin NASA meluncurkan roket ke ISS. Nama nya ISS Expedition 48-49 - Soyuz MS-01 dari Kosmodrom Baykonur. Yang jadi pertanyaan saya kenapa tidak dipublikasikan secara luas?? Apa hanya untuk kaum tertentu yang bisa mendokumentasikan atau bagaimana?? Seandainya saya bisa ke sana untuk merekam pakai kamera di atas tadi, saya rekam sampai tak terlihat itu roket. Kan bisa saja itu roket naik ke atas tapi malah langsung kembali ke bawah, dan tak ada yang tahu. Saya rasa apa yang dilakukan NASA belum transparan. Bagaimana menurut Bang Anis dan Bang Admin Esha Ardhie??? Mohon pencerahannya. Terimakasih

      Delete
    4. ada org indo yg pernah iseng2 nyari satelit bisa dilihat threadnya http://www.kaskus.co.id/thread/52fca55f59cb1747098b45de/melihat-satelit-luar-angkasa-di-langit-rumah-agan/
      bisa saya bilang dia netral, krn belum ada perdebatan antara bumi bulat dan datar

      Delete
    5. Masalah peluncuran satelit saya selalu di depan melihat perkembangan dan peluncuran mereka, lagian kalo nonton online dari TV nasa jelas2 bumi bulat dilihat dari kamera yang terpasanga di roket.

      Delete
    6. Keyakinan yg membabi buta tanpa penelitian. Susah meyakinkan monyet bahwa apel lebih manis drpd apel. Bebal

      Delete
    7. Bang anonim..

      Satelit memang sulit dilihat, tapi tidak sulit untuk menemukannya, anda bisa menemukan satelit dan siarannya hanya dengan aplikasi hp dalam waktu singkat, simak tutornya dalam video berikut..

      https://youtu.be/uwyLIYtYD-g

      Kalau anda mau memotret satelit atau ISS pake teleskop, simak tutornya dalam video berikut..

      https://youtu.be/7eF7LQl0f0c

      Soal kamera dan kapal laut, persoalannya bukan cuma tentang perspektif sudut pandang yang makin lama makin mengecil, yang jika dizoom lewat kamera masih bisa terlihat. Tapi lama-kelamaan kapal itu pun akan menghilang dan tidak terlihat, bukan karena kecil tapi menghilang karena ditelan lengkungan bumi. Jika kita ingin melihatnya, kita harus memiliki sudut tertentu sebagaimana prinsip kapal bajak laut yang ane singgung di atas. Ini bukan masalah teropong atau kamera, tapi prinsip sudut pandang..

      Delete
    8. Mungkin maksud para flatter adalah video ini.
      https://m.youtube.com/watch?v=ql_TTguKxnE

      Eh, semua terbantahkan. Tp tentang video ini saya bingung. Apa ini iklan?

      Delete
    9. Bang esra video turorian liat satelitnya ngga masuk akal..editan smua bang..
      Simak bae2 sampe abis..
      Ga jelas banget..

      Delete
  4. apa benar ada 3.000 satelit di luar sana?? tapi kenapa tak ada satu pun penampakannya dari bumi yg benar2 hasil tangkapan kamera atau teleskop yg handal tp bukan hasil editan komputer yang merendernya menjadi terlihat nyata??

    ReplyDelete
    Replies
    1. satelit ada sekitar 1200 yg aktif. dan satelit berbeda2 garis orbitnya.jika kita bandingkan luasnya permukaan bumi. maka 1 satelit mencakup 1jt km2. jadi memang sangat sulit melihatnya. apalagi ada satelit yg sifatnya mengitari bumi yang bisa 4x dalam 24 jam. lagi pula satelit itu kecil. dan bukan tidak ada yng pernah melihat dengan teleskop. di youtube ada videonya. itu asli dan bukan editan. terlihat seperti kunang2 yang terbang.

      Delete
    2. Buat yg penasaran pengen liat satelit, sbelumnya saya pengen tanya, udah perah liat pesawat terbang contoh=boeing 737?? Gede banget kan?? Buat yg belom pernah liat langsung panjangnya sekitar 30, rentang sayapnya 35 meter, silahkan diukur sendiri dan dibayangkan bentuknya. Lalu lihat pesawat itu dalam ketinggian jelajahnya (sekitar 30.000ft atau 10km). Lalu liat ukuran pesawat itu, akan terlihat tdk lebih besar daripada sekotak korek api lho... Ukuran rata2 satelit hanya sebesar rumah, bahkan sebagian besar hanya sebesar mobil, (contoh brisat, dimensi 5,6m x 3,5m x 3,1m) dan mengorbit di ketinggian 35.000km, jadi bayangin akan sekecil apa ia terlihat. Apalagi di satelit gak ada lampunya. Alhamdulillah saya sendiri pernah melihat melalui fenomena iridium flare (klo gk ngerti tanya google biar sambil belajar ya). Saat itu, sekitar setelah magrib, bln ramadhan 2 tahun yg lalu di jogja. Terlihat seperti meteor tp tdk berekor dan dan hanya sebentar, gerakannya sangat cepat, lebih cepat dr gerakan pesawat. Tdnya jg banyak yg kira itu ufo, tp setelah di cek di twitter anak astronomi jogja ternyata memang saat itu jadwal perlintasan satelit.

      Delete
    3. Buat yg penasaran pengen liat satelit, sbelumnya saya pengen tanya, udah perah liat pesawat terbang contoh=boeing 737?? Gede banget kan?? Buat yg belom pernah liat langsung panjangnya sekitar 30, rentang sayapnya 35 meter, silahkan diukur sendiri dan dibayangkan bentuknya. Lalu lihat pesawat itu dalam ketinggian jelajahnya (sekitar 30.000ft atau 10km). Lalu liat ukuran pesawat itu, akan terlihat tdk lebih besar daripada sekotak korek api lho... Ukuran rata2 satelit hanya sebesar rumah, bahkan sebagian besar hanya sebesar mobil, (contoh brisat, dimensi 5,6m x 3,5m x 3,1m) dan mengorbit di ketinggian 35.000km, jadi bayangin akan sekecil apa ia terlihat. Apalagi di satelit gak ada lampunya. Alhamdulillah saya sendiri pernah melihat melalui fenomena iridium flare (klo gk ngerti tanya google biar sambil belajar ya). Saat itu, sekitar setelah magrib, bln ramadhan 2 tahun yg lalu di jogja. Terlihat seperti meteor tp tdk berekor dan dan hanya sebentar, gerakannya sangat cepat, lebih cepat dr gerakan pesawat. Tdnya jg banyak yg kira itu ufo, tp setelah di cek di twitter anak astronomi jogja ternyata memang saat itu jadwal perlintasan satelit.

      Delete
    4. Mulai hari ini sampai 27 Agustus 2016, Stasiun Luar Angkasa Internasional akan lintasi pulau-pulau di Indonesia..

      Bisa diamati dengan mata telanjang atau lewat teleskop seperti pada foto yang dipotret Fayçal Demri dari Algeria. Dalam pandangan mata, ISS akan nampak bagai bintang terang tak berkelap-kelip yang bergerak cepat..

      Simak jadwal lengkap melintasnya ISS di sini: http://www.infoastronomy.org/spotthestation

      Delete
  5. Gan 3000 satelit itu dikit banget buat angkasa,, buat perbandingan aja... taruh aja 3000 satelit di pulau jawa,, masih longgar2 pulau jawa,,, lah 3000 satelit di sebar di langit nan jauh,,, ya bayangin sendiri lah gimana nyarinya mana keliatan kecil2 lagi 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyarinya gampang gan,liatnya mungkin susah...
      coba tanya para tracker siaran tv,brapa satelit yang bisa nyantol ke parabolanya...

      Delete
    2. Tracking 1 satelit aja kadang ampe berhari2 meski tau azimuthnya hahaha ampe puyeng waktu pertama belajar, apalagi mau liat ya om.

      Delete
    3. Tracking 1 satelit aja kadang ampe berhari2 meski tau azimuthnya hahaha ampe puyeng waktu pertama belajar, apalagi mau liat ya om.

      Delete
  6. Saya cek di situs qantas.com kedua rute penerbangan itu tidak ada. Kota Sidney juga tidak ditemukan. Apa mungkin pihak qantas sudah tidak melayani kota Sidney lagi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi karena tergantung jadwal, atau bisa jadi karena kurang teliti mengecek. Itu screenshot yang saya muat tercantum tanggal dan waktunya..

      Delete
    2. kalo garuda gak ada ya?
      https://www.garuda-indonesia.com/images/discover/routes/international-routes.jpg

      Delete
    3. Dikatakan bahwa estimasi dari johanesberg ke Sydney 11 jam , menurut jadwal qantas..tapi itu tidak pernah terpenuhi pasti diatas 11 jam karena rute langsung di peta globe itu kalo ditempuh di peta datar akan menjadi diatas 20 jam..kalo menurut jadwal etihad 11jam 19minit atau ada yg kasih 14 jam itu dari DUBAI(ABUDABHI) ke Sydney..jadi coba dicek lagi...https://booking.etihad.com/SSW2010/EYEY/webqtrip.html?execution=e2s1&cid=

      dan http://www.cheapoair.com/fpnext/Air/Listing/s/1

      Delete
    4. 1. Namanya juga estimasi. Sesuai dengan istilahnya, nyatanya akan bisa kurang atau bisa juga lebih..

      2. Pernah naik pesawat..? Jika dikatakan estimasi itu TIDAK PERNAH dipenuhi, buktinya apa..? Bukti secara real, bukan duga-duga atau hitung-hitungan yang tidak jelas. Soalnya kalo cuma kira-kira, bahasannya akan semakin melebar dan pasti tidak akan pernah selesai, karena setiap orang juga punya persangkaan..

      3. Sebenarnya kita tidak perlu jauh-jauh berkunjung ke situs lain. Silahkan cek di Qantas. Jika kita search flights, kita akan disuguhkan beberapa opsi jadwal penerbangan dengan estimasi waktu yang berbeda-beda (sesuai ketersediaan) atau bahkan estimasinya berbeda jauh, meskipun sama-sama direct fligt. Ini hanya kondisional atau masalah teknis dari pihak penerbangannya saja..

      Delete
    5. Al-Quran jangan sembarangan tafsir neng.. dalam Al-Quran ayat yg sama jika di tafsirkan, kata Hadad dalam bahasa Arab juga artinya telur burng unta..
      Sima penjelasan ustad Dzakir.. gw mah gk berani sala tafsir..

      Delete
    6. Bang @vian, justru karena tafsir makanya tidak bisa dipastikan. Kalau ada dalil qathi yang jelas-jelas menyebutkan bentuk bumi, maka perkaranya selesai..

      Dr. Zakir Naik dalam pidatonya tentang Al-Qur'an dan Sains Modern, menyebutkan bahwa kata "dahaahaa" bisa juga berarti telur burung unta. Kata itu terdapat dalam Al-Qur'an surat An-Nazi'at ayat 30

      وَالْأَرْضَ بَعْدَ ذٰلِكَ دَحٰىهَآ

      "Dan setelah itu bumi Dia hamparkan.."

      Delete
  7. Rutenya ada, jalurnya yang berbeda. Bukan ditarik garis lurus, tapi melengkung ke antartika memanfaatkan angin yang bertiup kearah tujuan


    Silahkan perhatikan video referensi berikut
    https://youtu.be/ZLw2kAoYdt0

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketika disebut "Rutenya ada", maka itu saja sudah cukup untuk membantah flat-earthers dalam poin ini. Untuk analisa lebih lanjut, pembicaraan pastinya akan semakin melebar dan bisa jadi, hal itulah yang membuat kita melupakan poin utama.. Btw, terima kasih atas referensi videonya..

      Delete
  8. Replies
    1. Maklum yang punya rumah'a belaga sok sibuk, hehee :)

      Delete
  9. Keren juga .... Nunggu yang antartika.. Saya lagi dalam keadaan nggantung antara flat earth sama globe.....Nunggu bantahan untuk tang antartika dan bom nuklir kubah nih .... Karena dari semua video yng membuat paling penasaran dari saya sma adalah tentang antartika....

    ReplyDelete
  10. Setelah saya cermati, estimasi/perkiraan durasi terbang dari johannesburg ke sydney tertulis 11 jam 50 menit. Dan letak kesalahan dari narasumber flat earther adalah mereka hanya mengurangi waktu tiba di sydney yaitu pukul 15.00 pada hari minggu dengan waktu keberangkatan dari johannesburg pada pukul 19.10 di hari sabtu. Maka terbentuklah estimasi baru dari pihak flat earthers yang memakan waktu jauh lebih lama. Padahal kenyataanya waktu yang ditunjukkan hanyalah WAKTU DI MASING-MASING DAERAH/WAKTU SETEMPAT. Mengingat johannesburg dan sydney jauh, tentu mempunyai perbedaan waktu yang terpaut jauh pula. Hal ini berlaku juga pada argumen kedua mereka tentang penerbangan dari sydney ke santiago

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak usah jauh2,coba suruh mereka naik pesawat dari denpasar ke jogja. Dari denpasar jam 6 pagi, sampe jogja ya jam 6 juga. Trus apa mereka mau kasih kesimpulan kalo denpasar-jogja itu berhimpitan di flate earth??? Trus suruh mereka terbang balik dari jogja ke denpasar. Berangkat dr jogja jam 6 sampe denpasar jam 8. Nah looh 2 jam. Jadi bijimana mau njelasinnya? Heran gw..

      Delete
  11. Lel, ini ulasan langsung dikerubungin para primata gagal evolusi.

    Tabah banget yah kalian ngajarin lumba-lumba geografi dan fisika dasar
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Model2 gampang terhasut gan. Otaknya kecil. Hahhaha

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Yang tau tafsir dong.. Ar-Rahman ayat 33 itu gimana maksudnya? ._.

    ReplyDelete
  14. Saya sudah cek sih rute penerbangannya emang ada, tertulis 11 jam 50 menit, tapi anehnya tertulis disana jika kita berangkat dari johannesburg pada jam 19.10 sampai di sydney kok bisa jam 15.00 ya ? Itu jam saya yg rusak atau saya yg salah baca ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah dijawab sama om regian di atas.. :)

      Delete
    2. Hehehe..ga salah baca mas. Hanya saya kasian, sampean ga ngerti perbedaan waktu :)

      Delete
  15. Bumi itu datar sudahlah.... terima aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. bumi bulat itu Fakta nyata.. titik

      Delete
    2. Bang @micko, iya sudah.. Sudah dibantah sejak abad ke-6 sebelum masehi. Phytagoras, Anaxagoras, Aristoteles, Erathosthenes sudah berkesimpulan tentang bulatnya bumi dengan mengamati benda-benda langit. Hipotesa datarnya bumi pun sudah gugur..

      Delete
    3. yang pasti bumi tempat aku cari makan. wkwkwk.....

      Delete
  16. saya mau nanya juga, di video itu kan ada percobaan peluncuran nuklir untuk ngancurin kubah bumi ya kalo ga salah,..yg bikin saya bingung, kalo emang kubah bumi ada terus itu meteor kenapa bisa sampe jatuh di bumi??mohon pencerahannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini allen walker adenya allan walker bukan?
      Titip salam ya buat masnya.
      Lagu lagunya hebat hebat

      Delete
  17. Saya udah nonton soal flat earth di channel yutub flat earth101.
    Yang bisa saya tangkap dari video tersebut adalah "Globe earth adalah bisnis", bisnis yang hanya menguntungkan 1% manusia a.k.a "Elite Global".
    Gimana menurut mas soal hal ini?

    ReplyDelete
  18. hahaha tawa aja dah...
    orang gila yang percaya bumi datar..
    ujung bumi ada di mana?
    sebutkan koordinatnya ...
    aku pengen selfie disanan mumpung tongsis lagi nganggur nih.

    ReplyDelete
  19. pernahkan kalian mendengar Rasulullah sendiri bilang kalau bumi itu bagai telur unta. Dan bentuk telur unta itu lonjong. Jika telur unta itu isinya disamakan dengan telur ayam yang biasa kita makan, disitu ada kuning telur, putih telur, lapisan telur kelihatan jika kalian merebusnya, dan cangkang.
    Wallahua'lam... menurut saya bumi bagaikan kuning telur, kemudian awan bagaikan putih telur, langit bgaikan lapisan telur, dan cangkang ini bagaikan bumi yang dilindungi oleh sesuatu yang kuat. Coba search di situs-situs tentang Negara-negara yang membombardir langit hingga bom tersebut mengalahkan bom nuklor yang ada di hiroshima dan nagasaki. Coba banyangkan untuk Apa, membom langit dengan beratus-ratus nuklir. Iyaa.. dinding langit sebenarnya tidak pernah bisa ditembus. Dan roket, satelit pun tak pernah sampai keluar angkasa, COBA KALIAT SENDIRI PETA BUMI DATAR DENGAN LAMBANG PBB. BUKTIKAN SENDIRI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trus meteor yang jatuh ke bumi lu anggep apa tong? Katanya bumi ada kubahnya ? Kubahnya dari beton kan bro???haha
      Kalo atmosfer baru gw percaya

      Delete
    2. hahaha saya hanya tertawa melihat anda saling berargumen yg ga ada hentinya , sok tau semua tentang bumi ini . Sebenarnya ga ada yg tau tentang bumi ini yg tau hanya allah swt sang pencipta alam semua juga hanya teori belaka dan itu tidak pasti benar benar tepat

      Delete
  20. saya akui para flateaters itu memang pintar (Pintar memutarbalikan Fakta)

    ReplyDelete
  21. saya akui para flateaters itu memang pintar (Pintar memutarbalikan Fakta)

    ReplyDelete
  22. Hanya mahluk2 yang kapasitas otaknya kecil lah yg menjadi korban video Flat Earth 101 Eps: 1-9,, brapa lama yah kira2 mahluk2 ini dibodohin ama Flat Earth 101.. gw sih dah nton berkali2 (lbih dari 10x / episode) itu Flat Earth 1-10, cma msh bnyak tipu2nya, msh bnyak ngarangnya ternyata,, (walau ada yg masuk akal) dan bantahan mreka trhadap bumi bulat sbnernya cma mengenai prhitungan siklus gerhana yg dihitung dgn rumus SOROS (dan SOROS inipun gw blm cari2 lg kebenarannya, jgn2 manipulasi lg), selebihnya spekulasi, fitnah, karangan, memaksa-maksa, menghubung2kan, penipuan, pencucian otak dgn memutar fakta dll,, ente klo mo yakin bnyak2 pelajari referensi2 yg tersebar di internet,, dan prinsip gw nih "Ada 1 titik aja "KOTORAN" yg keliatan di sebuah TEORI, maka selamanya TEORI itu gk bsa jadi FAKTA" seperti halnya KITAB SUCI, ada 1 kata aj yg bertentangan dgn sebuah FAKTA maka KITAB tsb tidak bisa disebut FIRMAN TUHAN" (walaupun 99,99999%nya terbukti Firman Tuhan)

    ReplyDelete
  23. Nda peduli sih mau bundar atau datar, cuman kadang heran, satelit yg segitu mahalnya gak ada kameranya sih, kalau ada kan enak yah tinggal dipulikasikan aja videonya kalau benar sampai angkasa, wong ngirim data aja bisa masa ngirim video gak bisa,,,

    Kan kita pengen tau juga bagaimana keadaan diangkasa, gak usah berpihak datar atau bulat kalau aja pas kotak kan malu semua, sampai bilang goblok nda berotak, udah ambil positifnya aja,,,piisss

    ReplyDelete
  24. Jangan2 nanti fenomena siang dan malam dianggap gak nyata lagi oleh para flater...wkwkw

    ReplyDelete
  25. ngomong debat smua .... bodoh dan diadu domba ..berfikir itu.... siapa y akn untung dr setiap perdebatan... mending diam dan tak bicara biar tak semakin salah....dan tak menguntungkan y sengJa membuat gaduh

    ReplyDelete
  26. msalah datar bulat itu g usa dimasalhkn..y penting y mengontrol ini siapa y untung siapa ..itu y hrus di fikirkan... merdeka

    ReplyDelete
  27. Haha wallahualam bissawaf jgn cuma berargumen tapi buktiin, saya cuma anak kecil yg baru lulus smk. Berkoar ga ada gunanya yg ada juga kritik dan kritik menimbulkan perpecahan coba sadari sendiri dan coba caritahu sendiri dan buktikan karna semua sekarang bisa di manipulasi kalo saya sih percaya ama tuhan saya sendiri dan bukan pada omong kosong. Alquran pedoman umat islam jadi pakai alquran untuk mencari tahu sorry ^^

    ReplyDelete
  28. tapi yg saya sadari kita itu memang di bodohi tapi entah dengan cara bagaimana dan saya tidak mau mengeluarkan asumsi asumsi pikiran saya . Cukup amati dan teliti sendiri jgn mudah percaya dan jgn mudah terhasut wassalam

    ReplyDelete
  29. Ini ada lagi orang debat di bodohin,debat bukan masalah Untung rugi,salah atau benar !tp untuk mengasah otak sejauh mana bisa berfikir ,aku salut sama globe dan flat earther ,mereka sama " mencari kebenaran dan berfikir sedemikian rupa untuk mempertahankan argumen mereka !!!
    Untuk saya pribadi lebih percaya bumi globe

    Peace

    ReplyDelete
  30. menurut saya, kalaupun yg divideo itu benar ada global elit atau apalah yg mau/telah meracuni pemikiran kita selama ini tentang bentuk bumi...kan seharusnya dirahasiakan, atau video yg menyangkut tentang pengungkapan mereka pasti akan dihapus dari internet. tapi ini kok malah dibiarkan saja videox ada di youtube? apa mereka yg g tau atau malah disengaja untuk kepentingan tertentu? wassalam

    ReplyDelete
  31. Ternyata bener loh ambil kesimpulan jangan sebatas nonton videonya aja, harus aktif cari refrensi sendiri, dan setelah saya coba cari tentang antartika di wikipedia,
    1. disana komunikasi terbatas mengandalkan SATELIT.
    2. antartika pernah dilalui pesawat komersil Qantas dan Air newzeland.

    Jadi yg bilang satelite ga ada itu caranya komunikasi via apa? Menara telekom? Repiternya mau pasang di mana? Samudra? Siapa yg mau masang?
    Yg bilang antartika batas bumi siapa? Itu ada pesawat komersil pernah melintasi antartika kok ga nabrak kubah bumi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabel viber dibawah laut aja ada yang masang (sampe nyebrangin samudera).

      Btw, ada buktinya gan? Kalo ada pesawat komersil yang nyebrangin antartika?

      Sampe sekarang, kubah bumi masih belom diketahui jarak atau diameternya. Karena (katanya) antartika itu dijaga ketat (Antartic Treaty).

      Saya masih berpegang teguh sama : Qs.Ar-rahman surah ke 55 ayat 33, intinya: wahai golongan jin dan manusia, tembuslah penjuru langit dan bumi jika kalian mampu, kecuali dengan kehendak/kekuatan Allah.

      Berarti disitu (menurut saya) terdapat pelindung bumi di langit dan di darat walaupun yang didarat belum diketauhui dimana tempatnya.

      Kalo soal meteor, mungkin itu karena kehendak atau diberi kekuatan dari allah, sehingga meteor dapat melintasinya.

      Wallahualam...

      Delete
    2. what?? you tau dari mana antartika dijaga ketat? emgnya dijaga ketat sama siapa tong? jin iprit? ngoahahahaah kalau emg dijaga ketat, give me a prove
      Flater kata kubah bumi itu sangat kuat smpe nuklir aja gak bsa tembus.. lah trus gimana bisa meteor bisa tembus dan membuat kawah meteor? hrusnya bumi sdh hancur dari dulu tong... MIKIR NAPA! curiga waktu smp selalu bolos nih

      Delete
    3. elu kata krna kuasa allah, meteor bisa tembus.. lha terus teori kubah bumi itu tidak berlaku dong? masa iya kubahnya dibuka dulu habis itu meteornya bsa masuk? hahaha ngaco


      nah satu lagi,,kalau menurut elo gak tau dimana pelindung bumi dimana, terus gunanya OZON (o3) dilangit itu apaaaaaaa!!!????????

      Delete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. Jangan disalahkan mereka yg membuat argument, mereka hanya mengungkapkan apa yg menurut mereka benar. TIDAK SUKA / TIDAK PERCAYA sudah jangan berdebat tak ada habisnya. Serahkan semua pada Yang maha kuasa.
    Saya juga tdk menyalahkan yg mana.

    Tapi saya juga sedikit bingung dengan teory big bang yang disebut bahwa alamsemesta itu berasal dari ledakan yg maha dahsyat dan realitas waktu yang katanya bisa membuat mesin waktu. Itu menyalahi kodrat tuhan, Allah yang maha kuasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teori Big Bang justru menandakan bahwa alam semesta ini "Diciptakan", bukan statis atau sdh ada oleh teori Evolusi yang Atheis.

      Kalo gak ngerti teori big bang tanya mbah google, intinya ledakan awal muncul alam semesta itu berawal dari titik kecil hampa dgn massa 0 alias dari "Ketiadaan" menjadi alam semesta skrg ini.

      Delete
  34. Jangan disalahkan mereka yg membuat argument, mereka hanya mengungkapkan apa yg menurut mereka benar. TIDAK SUKA / TIDAK PERCAYA sudah jangan berdebat tak ada habisnya. Serahkan semua pada Yang maha kuasa.
    Saya juga tdk menyalahkan yg mana.

    Tapi saya juga sedikit bingung dengan teory big bang yang disebut bahwa alamsemesta itu berasal dari ledakan yg maha dahsyat dan realitas waktu yang katanya bisa membuat mesin waktu. Itu menyalahi kodrat tuhan, Allah yang maha kuasa.

    ReplyDelete
  35. Bumi bulat?????
    Yg percaya teori ini, sudah ada yg sampai di ujung/tepi bumi?buktikan dengan foto atau video biar tidak usah diperdebatkan terus.
    Benda2 langit (matahari, bukan,dll) yg tiap hari "terlihat mengitari dari timur ke barat" itu adalah bulan dan matahari yg lain dari yg kemarin? Berarti matahari bukannya banyak ya.... Trus stelah lewat dia kemana dong, dan yg datang lagi dari Mana aslnya?...
    Jgan gunakan dlil alquran lah, jgn2 ini bukan org Islam yg sengaja membuat image Islam jelek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bumi bulat?????
      Salah ketik
      Bumi DATAR?????

      Delete
    2. Tanya pada rumput yang bergoyang... bilangin eh "eh rumput mana yang bena,bumi datar ato bumi bulat?".... begitulah kira kira persamaannya klo kmu nanya ke orang yang g punya daya buat nge buktiin i2 juga.... Noh... tanyakan ke yang lebih punya otoritas buat ngebuktiin i2... NASA... nanya ke sesama awam, yahhhh g akan dapat jawaban kmu.... bodoh....

      Delete
  36. Udah pada nonton yang kesaksian Admiral E.Byrd blom?? Yang katanya ada benua yang belum pernah tersentuh oleh orang, yang tempatnya melewati antartika, dan katanya besarnya persis sama USA... lalu dia bilang perlu mengambil tindakan defensive di antartika, karena ancaman musuh.(musuh dari seberang antartika mungkin)

    Apakah benar ada benua lain di seberang antartika?
    Kalo bner ada berarti globe salah dong?

    Mohon penjelasan dan jawabannya Ya gan...

    ReplyDelete
  37. Terus ada tujuan apa di balik 'operation dominic' dan 'operation fishbowl'?

    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. Soal batas pandang di horison kan sudah dijelaskan..itu bukan karena lengkungan bumi tapi karena perspektif mbah..coba kalian memandang dengan menempel ke lantai..benda jarak 10 meter di lantai juga ga bakalan kelihatan..kalian silahkan cari pembuktian sendiri bumi bulat atau datar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kalo gitu bila bumi datar maka seharusnya matahari harus tetap terlihat dimalam hari walau dgn cahaya yg kecil. Karena bintang yg lebih jauh aja kelihatan, masa' matahari yg jaraknya hanya puluhan mil diatas bumi tidak kelihatan???
      Lagipula tidak ada gunung atau bangunan setinggi puluhan mil yg menutupi penglihatan, jadi logikanya matahari harus tetap terlihat walau dimalam hari dgn teropong, teleskop atau apapun itu.

      Delete
    2. bang jelasin dong dengan bumi bulat kenapa di kutub utara per 6 bulan sekali g pernah malam selalu siang

      Delete
    3. Fenomena matahari di kutub itu justru merupakan produk heliosentris, alias bumi mengelilingi matahari. Kalau matahari yang mengelilingi bumi, harusnya matahari di kutub akan terbit dan terbenam setiap hari sebagaimana normalnya. Namun nyatanya tidak demikian..

      Matahari di kutub akan terbit selama 6 bulan dan terbenam selama 6 bulan, ini terjadi karena bumi berotasi dengan sudut kemiringan tertentu (tidak 100% vertikal)..

      Sederhananya, perhatikan gambar berikut >> https://2.bp.blogspot.com/-VZRk8-TW7hQ/Va-MiyNvZbI/AAAAAAAAApQ/NUxtMJSCgLs/s1600/gd-0048.png

      Bagian kutub akan tetap gelap meskipun bumi berotasi, hingga 6 bulan lamanya sampai posisi bumi terhadap matahari berbalik. Dan bagian yang gelap menjadi terang..

      Delete
  40. Uda liat kejanggalan pendaratan manusia di bulan by Nasa ?? Cek di youtube..

    ReplyDelete
  41. heeh bumi segitiga cok..
    pada sok tau semua

    ReplyDelete
  42. heeh bumi segitiga cok..
    pada sok tau semua

    ReplyDelete
  43. Saya Muslim saya percaya bumi bulat walau tidak bulat seperti bola dan seperti telur burung unta tapiIntinya mau bumi itu datar atau bulat kotak atau pun segitiga itu semua kuasa Tuhan tidak ada yang tau pasti semuanya kecuali Allah yang maha mengetahui , itu urusan tuhan , tinggal kita menjaga dengan baik apa yg sudah Allah berikan untuk kita Tinggali.

    ReplyDelete
  44. Bagai mana dengan arah kiblat? Jauh lebihmasuk akal dengan peta bumi datar

    ReplyDelete
  45. http://www.globalresearch.ca/world-bank-whistleblower-reveals-how-the-global-elite-rule-the-world/5353130

    ReplyDelete
  46. bumi tu datar..
    antartika adalah benteng pelingdung manusia di bumi dari serangan ya'juj ma'juj..
    jika antartika runtuh, manusia bumi lenyap dan kiamat lah tu..
    yg merasa bumi bulat, sadar lah bro..
    jangan di pasak otak tu dgn ajaran sekolah yg sudah tersistem dan sudah membudaya. apa yg d ajar guru, ya itu lah dia kebenaran.
    telitilah terkait hal yg sudah d uraikan dlm teori bumi datar.
    bnyak kejanggalan dpt dilihat mulai dari logo pbb memakai peta bumi datar, rute penerbangan pesawat yg transit secara tidak wajar menurut peta bumi bulat. astronot tak pernah sampai ke bulan. satelit yg tak pernah keliatan di langit. wajar karena kubah bumi tak bisa ditembus.
    karna ulah nasa dan elite global, semua negara yg menggunakan satelit ilusi harus membayar pajak kepada mereka, dan pajak tersebut setiap detik nya bertambah. dan utang negara pun makin bertambah. makanya indonesia salah satu nya negara yg tidak akan maju"..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Goblok bgt ni bocah. Wkwkwkwkwkwkwkwk

      Delete
    2. Apakah anda suda merasa paling pintar.. sebutkan prestasi anda?

      Delete
    3. Apakah anda suda merasa paling pintar.. sebutkan prestasi anda?

      Delete
  47. kita semua ikut sistem, pertanyaannya gmn menggugat sistem yg zalim itu...terus terang saya lbh tertariknya pada apa yg disampaikan FE. dengan mengenyampingkan edukasi yg ditanam dr kecil terkait bumi bulat yah..lebih masuk akal wlaupu blm 100% benar kalao bumi itu datar.. so far penjelasan FE lbh make sense #bumi datar

    ReplyDelete
  48. Penjelasan bumi datar lebih masuk akal dibanding abalabal saintis yang dibayar elit elit global :) kalian mungkin lebih percaya kpd framing madia, tapi satu hal yang pasti, kebenaran akan terungkap pada waktunya. tidak perlu lagi debat kusir ttg percaya atau tidaknya thdp teori FE. insyaalloh hanya orangorang yang berpikir jernih yang bisa menerima FE. sekian, terimakasih

    ReplyDelete
  49. Jika kita berdebat,yang menang elit politik dunia,memang itulah tujuan mereka,membuat suatu kekacauan cara berpikir
    Jangan lupa,freemason sudah ber abad abad melaksanakan program mereka,jika kita hanya berdebat,di suatu saat kita tersadar akan apa yang sebenarnya terjadi,kita sudah kalah telak dari mereka
    Al qur an sudah jelas,dajjal akan datang membawa fitnah
    Untuk itu daripada kita berdebat akan lebih bijak jika kita meningkatkan ketaqwaan kepada Allah swt

    ReplyDelete
  50. Jika kita berdebat,yang menang elit politik dunia,memang itulah tujuan mereka,membuat suatu kekacauan cara berpikir
    Jangan lupa,freemason sudah ber abad abad melaksanakan program mereka,jika kita hanya berdebat,di suatu saat kita tersadar akan apa yang sebenarnya terjadi,kita sudah kalah telak dari mereka
    Al qur an sudah jelas,dajjal akan datang membawa fitnah
    Untuk itu daripada kita berdebat akan lebih bijak jika kita meningkatkan ketaqwaan kepada Allah swt

    ReplyDelete
  51. Jawabannya adalah ! Tanya sama awak pesawat mereka berpatokan dengan peta bulat atau peta datar. Dan tanya juga dengan para pelaut, mereka menggunakan peta apa. Dan minta alasannya. Hajaja wassalam..

    ReplyDelete
  52. Bumi itu bukan datar ato bulat... tapi prisma, gitu aja kok repot

    ReplyDelete
  53. gan bahas doong masalah benua lain dibalik kutub selatan yang dibilang flat earth, pangkalan militer yang ada di kutub seletan, mengapa tidak ada perusahaan pertambangan minyak ada di kutub selatan tapi malahan adanya pangkalan militer, trus divideo flat earth ada video orang militer itu siapa lah itu namanya yang jadi cikal bakal dari proyek militer di kutub selatan,, trus penjelasan tentang peta kuno dari jepang yang mereka lihatkan,, jika memang benar ada benua lain dikutub selatan berarti peta yang ada dipeta bumi bulat itu salah dong, hasil gambaran satelit salah dong,, jika data yang diinginkan benar berarti kita harus mengacu ke peta bumi datar dong,,, aganyna pasti lihat video tentang itu kan,, pasti bisa jelasin

    ReplyDelete
  54. klo gak ada satelite, terus org nyari2 siaran parabola pake sinyal apa?
    terus pernah dengar gak hp satelite, itu sinyalnya sinyal apa?
    trus klo benda jatuh kan karena berat jenis, semakin besar berat jenisnya maka semakin cepat jatuh kebumi, matahari kan besar berat jenisnya, tapi kok gak pernah jatuh kebumi?
    jawab donk flatearth, ditunggu ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tnton flth earth sme beres bang...Emg grvitasi ada?

      Delete
    2. Tnton flth earth sme beres bang...Emg grvitasi ada?

      Delete
  55. Kenapa pilot nasa lompat dari satelit bawa kamera dengan lensa fisheye..
    dan roket yg diterbangkan orang yg percaya flat earth membawa kamera diroket nya roket itu berputar bersama kamera nya..
    Dan setelah di atas tampak beda dengan apa yg di ambil oleh pilot nasa saat terjun..
    Terlihat tidak ada lengkungan seperti bola

    ReplyDelete
  56. Kenapa pilot nasa lompat dari satelit bawa kamera dengan lensa fisheye..
    dan roket yg diterbangkan orang yg percaya flat earth membawa kamera diroket nya roket itu berputar bersama kamera nya..
    Dan setelah di atas tampak beda dengan apa yg di ambil oleh pilot nasa saat terjun..
    Terlihat tidak ada lengkungan seperti bola

    ReplyDelete
  57. Sanggahannya gk ilmiah,,, tidak bisa menyanggahmyang penerbangan dari bale landing mendadakmdi kanada

    ReplyDelete
  58. coba lihat dulu ini bang https://www.youtube.com/watch?v=S4oT2EbDONs

    ReplyDelete
  59. Air laut aja bro, coba perhatiin, lo masukin tu air di tempat bagaimana pun pasti doi datar gak mungkin melengkung, seberapa kuat ntu gravitasi, (kalo ada) buat nahan tu air biar gak tumpah ke langit, emang ada air melengkung ngikutin bentuk globe.....

    ReplyDelete
  60. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  61. Kemana perginya pesawat malasya airlans yang hilang
    Kalo ada satelit kenapa belum ketumu tuh pesawat tolong jawabannya gan

    ReplyDelete
  62. Yang jadi pertanyaan saya selama ini,kalau emang bumi ini flat lalu ada apa di balik atau di bawahnya,seperti 2 sisi mata uang,apakah bisa di jelaskan dan di gambarkan???

    ReplyDelete

Silahkan masukkan komentar Anda, berbagi pengetahuan dan sudut pandang Anda. Setiap artikel sangat memungkinkan untuk diperbaiki dan dilakukan pengeditan..