Mengupas Kebohongan Konspirasi Bumi Datar (5) : Mengapa Air Laut Tidak Tumpah..?

Mengupas Kebohongan Konspirasi Bumi Datar (5) : Mengapa Air Laut Tidak Tumpah..?

Beralih ke video ketiga flat earth, "Kebohongan Sains Modern"..

Dua pertanyaan pembuka, yang barangkali akan membuat flat-earthers kocar-kacir nyamperin mbah gugel. Jika dikatakan fenomena jatuhnya apel adalah masalah berat jenis, dan matahari berputar mengelilingi bumi disebabkan karena medan elektromagnetik..

1. Mengapa matahari tidak jatuh ke bumi, bukankah berat jenis matahari jauh lebih besar daripada berat jenis apel..?

2. Mengapa apel bisa jatuh ke permukaan bumi, bukankah apel seharusnya muter-muter seperti matahari karena pengaruh medan elektromagnetik..?

Hayoloh :p :p

Simak juga : Mengupas Kebohongan Konspirasi Bumi Datar (1) - Gravitasi Dan Archimedes

Centripetal vs Gravity

Apa yang aneh dari gambar di atas..? Istilah laut tumpah sama anehnya dengan istilah jatuh ke atas. Air laut yang tidak tumpah, sama halnya dengan fenomena air di dalam gelas yang diletakkan di atas meja. Kalo dibalik, baru tumpah :p

Air laut juga bisa tumpah kalo dibalik, tapi yang dibalik air lautnya, bukan gambarnya :v

Mengapa air di dalam gelas tidak muncrat-muncrat ke atas..? Karena air tersebut dijaga oleh wadah gelas sehingga tidak tumpah dan gravitasi bumi menjaganya sehingga air di dalam gelas tidak melayang-layang ke atas. Dan begitu pun dengan air laut. Daratan dan lautan berada pada kerak bumi yang tebalnya tidak seberapa jika dibandingkan dengan jari-jari bumi. Daratan diibaratkan dengan wadah gelas yang tadi kita bicarakan..

Jika bumi ini bulat dan berputar, mengapa air laut tidak tumpah, dan mengapa kita bisa minum dengan nyaman..?

Jawabannya adalah, because science is awesome..

Daripada kita belepotan ngomongin rumus, mending kita tonton aja videonya, cuma 2 (dua) menit, jangan lupa siapin popcorn :)



Kalo mau cari penjelasan ilmiah dari video tersebut, keywordnya udah ane jadiin subjudul tuh, searching aja gaya sentripetal dan gravitasi. Good luck :)

——○●※●○——

Esha Ardhie
Rabu, 10 Agustus 2016


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." [HR. Muslim no. 1893]


Blognya Esha Ardhie Updated at: 10:19:00 AM

35 komentar:

  1. mantap videonya....aernya ampe ga tumpeh-tumpeh gitu...:v

    ReplyDelete
  2. Artinya gelasnya harus datar ya.. Dan ada seperti wadah yang manaunginya... Dan gelas itu berada dalam kubah yang bulat...
    .
    Artinya pembuktian ini bukti bumi datar atau bulat gan? Karena posisi stasioner itu gelasnya yang di dalam pesawat sedangkan kubah atau pesawatnya yang bergerak
    .
    Artinya kalau dianalogkan dengan bumi gelasnya harus datar.. Buminya datar... gak mungkin gelasnya bulet kan ya? Karena pasti air nya tumpah
    .
    Artinya jika gelas dan air di ibaratnya bumi maka bumi dan air di dalamnya diem dong...
    .
    Kalau bumi di dalamnya bergerak pasti air nya terperas seperti pengering di mesin cuci
    .
    Oya gan jangan lupa nanti jemuran nya di angkat hehehe trus satu lagi jangan lupa bayar pajak karena pajak ditarik untuk bayar bunga pinjaman sedang pokok pinjamannya gak lunas lunas.. Ingat di video ke 1 ada yang swasta yang lebih kaya dari Amerika dan Jepang yang Amerika dan Jepang ngutang kepada merek dan sama bayar bunga hutangnya dari pajak saat ini malah tiap orang ditarik 30% dari penghasilan dan kita akan mengarah ke sana... Ayo gugat sistem yang zolim ini walaupun anda setuju bumi itu bulat atau datar dan jangan lupa angkat jemurannya ya maklum musim hujan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. anda pasti dulu sekolah...
      sama seperti saya...sampe kuliah..
      kata guru saya dulu bumi itu bulat... tapi mungkin karena saya bandel sudah dibilang bumi itu bulat masiiiih juga nyari tau kalo bumi itu datar..dan lebih masuk akal ... atau mungkin akal saya yang terbatas sehingga percaya bumi itu datar...hfff... seandainya dulu guru atau orang dulu bilang ke saya bumi itu datar... terus sekarang ada yang bilang bumi itu bulat.. pasti saya akan mencari tau juga mana yang lebih masuk akal...
      so... mari kita cari tau bersama...

      Delete
    2. anda pasti dulu sekolah...
      sama seperti saya...sampe kuliah..
      kata guru saya dulu bumi itu bulat... tapi mungkin karena saya bandel sudah dibilang bumi itu bulat masiiiih juga nyari tau kalo bumi itu datar..dan lebih masuk akal ... atau mungkin akal saya yang terbatas sehingga percaya bumi itu datar...hfff... seandainya dulu guru atau orang dulu bilang ke saya bumi itu datar... terus sekarang ada yang bilang bumi itu bulat.. pasti saya akan mencari tau juga mana yang lebih masuk akal...
      so... mari kita cari tau bersama...

      Delete
  3. Bayangkan bumi seperti bola tenis yang basah... Bila kurang basah bolanya anda boleh menambahkan air
    .
    Lakukan percobaan berikut ini.. Bola tenis yang basah anda putar seperti garing, lalu anda lihat apakah air yang berada pada bola tersebut terlempar keluar mengenai anda.... Nah bagaimana dengan bumi kalau dia muter muter... Kayak gasing!?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo modal ente cuma bayangan dan khayalan, mending ente jadi penulis sinetron aja bro. Gak heran kepala Lapan menyebut flat earth itu pseudosains..

      Delete
    2. Yaa kalo gitu coba jelasin, itu air di dalem kapalnya kan volume sedikit.. Bandingin sama air laut dibumi yang perbandingannya 2/3 dri daratan bumi.. Mohon penerangannya

      Delete
    3. Yaudelah ane coba jawab, tapi jangan kaget sama jawabannya..

      Bola tenis yang basah diputer-puter terus airnya muncrat-muncrat..

      Muncratnya kemana..?
      Ya ke bumilah gan masa ke pluto
      Kenapa?
      Ya karena gravitasi bumi, makanya air jatuh ke bawah..

      Terus,
      Kenapa air laut diputer-puter kaga muncrat ke pluto, tapi tetap aja di bumi..?

      Jawabannya sama..
      Ya karena gravitasi bumi..

      Sebanyak apa pun air laut, tetep aja itu cuma berada di kerak bumi, kan udeh dikasih tau dipostingan. Cobalah ente searching tentang bagian2 bumi, ketebalannya, dsb..

      Delete
    4. Hehe gini loh agan, pusat gravitasi terbesar adalah inti bumi (karena inti bumi isinya unsur berat semua seperti logam), apabila bumi berbentuk bulat, maka semua air akan menyebar ke seluruh bagian permukaan bumi yang rendah karena sifat air yang mengikuti wadah dan tertarik gravitasi. Kalau bumi datar, justru yang mengherankan kenapa air tidak tumpah di sisi lingkaran bumi yang datar karena air tersebut tertarik oleh gravitasi(gravitasi bumi bulat mengarah ke inti, gravitasi bumi datar hanya mengarah ke satu arah yaitu arah vertikal). Apabila bumi bulat berputar, gravitasi menahan air tersebut sehingga air tidak tumpah. Sekian kalau ada kesalahan mohon maaf.

      Delete
  4. Pseudosains... Itu yang mana gan? Manusia yang berasal dari kera atau bentuk bumi yang tidak konsisten dari NASA, apakah para bos bos tersebut gak liat ya gambar bumi dari NASA kenapa benuanya tiba tiba berubah bertambah besar terutama benua Amerika dan yang lainnya tetap? Apakah ada kebohongan disana.. Coba jelaskan. Saya gak menganggap bumi itu datar lho ya:)

    ReplyDelete
  5. Gan, ane mau nanya nih,
    Kenapa kok rasi bintang posisinya enggak berubah, padahal kan udah ribuan tahun (atau berapalah).

    Katanya kan, alam semesta ini terbentuk karena ledakan big bang. Nah, dimana mana kan kalo meledak itu mengeluarkan serpih serpihan yang terlempar secara random/acak. Lalu kenapa bintang bintang posisinya tidak berubah, khususnya bintang utara...

    Mohon jawaban dan penjelasannya ya gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mngkin karena semua benda angkasa sdh punya orbitnya masing2.. Itu jg yg membuat tidak pernah saling bertabrakan. Siapa yg mengaturnya? Tentu saja yg Maha Rencana.. Subhanallah..

      Delete
    2. Rasi bintang itu berubah gan, coba searching perbandingam rasi bintang dari zaman ke zaman..

      Big bang itu masih sekelas teori, dan teori big bang itu rapuh sehingga diperlukan asumsi-asumsi lain..

      Dalam fisika, teori itu dibangun untuk menjelaskan fakta-fakta, kalau tidak mampu menjelaskan fakta dengan baik, maka teori itu gugur..

      Delete
  6. air yang disimpan dalam gelas tidak tumpah..itu menunjukan bahwa bumi tu flat..seharusnya law bumi tu bulat maka manusia pasti pada ngesot di bumi..lah air laut aja yg segitu besar volumenya aja ditahan ama gravitasi ga tumpah ke kutub selatan..eh manusia malah enak2an jalan2 di bumi...loncat2 pula..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang mengerti logika yang sedang dibicarakan, wanita memang selalu punya bahasa yang rumit untuk dimengerti :p

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Mba Hilda mungkin pernah naik kereta, coba deh rasakan saat pertama kali kereta berjalan.. anda akan rasakan tubuh anda berusaha mengimbangi.. dan rasakan saat kereta telah melaju kencang. Naah... ga akan ngesot2 juga kan kl mba berjalan.. mgkin juga mba bisa loncat2 di dalam kereta, dan mendarat di tempat nya tanpa terbawa mundur... itu namanya hukum fisik :) hebatnya Allah SWT yg telah menciptakan Otak manusia. Salam -dini-

      Delete
    4. waduh ga nyambung...yg sy bahas tu air laut..bukan bumi berotasi...memang ini susah dipahami..seperti kata si esha..paling jawabanya because science is awesome..science bukan sekedar omongan belaka tp butuh pembuktian...

      Delete
    5. mksd komentar hilda yani itu jika air yg massanya jls2 lbh kecil (ato ringan) g tumpah, bknkah gaya ggravitasinya cukup besar cukup mampu membuat kita (yg massanya lbh berat) ngesot?

      Delete
  7. Bukankah sifat air itu permukaanya selalu rata.. Kalau bumi bulat permukaan air melengkung alias tidak rata .. Itu artinya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya air laut harus keliatan lengkung gitu gan..?

      Delete
    2. Maksudnya ya jelas melawan hukum sifat permukaan air tertampung yg sll datar alias flat, rata dan horisontal.. 2/3 Permukaan air laut kan ajaib tuh, melengkung bundar sempurna. Logikanya gmn, gan? Pembuktian ilmiahnya gmn? Tlng y

      Delete
  8. Inget bro kita hanya manusia, ilmu kita terbatas..
    Kalo masalah air yg g tmpah ada contoh yg lebih simpel yaitu tari piring.. Ato atraksi tong setan.. Mngkin krn selain berotasi bumi jg berevolusi.
    Cmiiw..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bro ane inget..
      Btw makasih gan udah ngingetin :D

      Delete
  9. Itu beneran di pesawat? Beneran muter2? Kok kacamatanya ga jatuh? Katanya gravitasi

    ReplyDelete
  10. Dari vidio itu kelihatan dong gan...air dalam gelas tidak tumpah...nah...kok kayaknya tidak konsisten dengan teori grafitasi yg agan sampaikan sdbelumnya???berarti di dlm pesawat tidak terpengaruh gaya gravitasi bumi dong???(jika memang ada gravitasinya sih?

    ReplyDelete
  11. Bismillah...
    Berarti bisa disimpulkan air di pesawat tidak tumpah itu dipengaruhi oleh hukum newton 1 tentang kelembaman, air tersebut memiliki kecepatan yg sama dengan si pesawat, namun karena pesawat bergerak dengan tidak beraturan, naik turun menukik memutar dsb, sehingga terjadi perbedaan kecepatan pada pesawat. Nah kembali ke hukum newton 1 tentang kelembaman, air akan mempertahankan posisi awalnya yg berarti mempertahankan kecepatan awalnya terlebih dahulu sebelum mengikuti kecepatan dan pergerakan pesawat yg selanjutnya.
    Nah karena terjadinya perbedaan kecepatan, maka akan dijumpai dengan sesuatu yg dinamai dengan percepatan. Kalian masih ingat kan sewaktu smp dulu, ada soal tentang seseorang yg naik turun menggunakan lift, maka akan terjadi perbedaan berat? Itu terjadi karena dipengaruhi oleh percepatan gravitasi dan percepatan dari liftnya.
    Nah kembali ke topik, hal semacam itulah yg terjadi ketika air tidak tumpah didalam pesawat tersebut. Namun dalam hal kali ini, percepatan yg ditimbulkan oleh pesawat bisa jadi sama dengan percepatan gravitasinya, atau bisa lebih besar malahan. Sehingga si air selain mempertahankan posisinya, dia juga memiliki berat yg kecil atau bahkan tidak memiliki berat ketika percepatan pesawat=percepatan gravitasi.
    Oiya, ini berlaku juga buat gelasnya lo ya, jadi gelasnya tidak bisa dibilang stasioner karena tentunya dia bergerak bersama pesawat, dan untuk dijadikan sebagai alasan pembuktian kalau bumi ini datar saya rasa masih belum bisa dijadikan sebagai barang bukti yang cocok.

    ReplyDelete
  12. Waduh panjang juga ya, semoga ada yg mau membaca. Gampangnya air tidak tumpah karena adanya kelembaman dari air itu sendiri dan percepatan air yg ditimbulkan oleh pergerakan pesawat.

    Untuk kenapa air laut tidak tumpah, saya masih dangkal dalam materinya. Tapi yg ada dipikiran saya adalah selain adanya gravitasi, bumi juga punya yg namanya atmosfer, dan atmosfer memiliki tekanan, yg jadi pertanyaan adalah, apakah atmosfer juga memiliki peran agar air laut tidak tumpah? Monggo om, bantu saya hehehehe

    ReplyDelete
  13. Waduh panjang juga ya, semoga ada yg mau membaca. Gampangnya air tidak tumpah karena adanya kelembaman dari air itu sendiri dan percepatan air yg ditimbulkan oleh pergerakan pesawat.

    Untuk kenapa air laut tidak tumpah, saya masih dangkal dalam materinya. Tapi yg ada dipikiran saya adalah selain adanya gravitasi, bumi juga punya yg namanya atmosfer, dan atmosfer memiliki tekanan, yg jadi pertanyaan adalah, apakah atmosfer juga memiliki peran agar air laut tidak tumpah? Monggo om, bantu saya hehehehe

    ReplyDelete
  14. anak saya yang SD saja protes katanya ini permisalan yang sangat salah, kalau ingin membuktikan kenapa air laut tidak tumpah kelaur angkasa bukannya air ditarok dalam wadah gelas, tapi bola kemudian dilumurin air, tumpah tidak air nya??

    ReplyDelete
  15. Dari sekian banyak flat earthers di indonesia sini.. gw yakin belum ada satupun yg udah pergi ke antartika haha :D

    ReplyDelete
  16. Coba lihat orng pertama yang mendarat dibulan?sapa yg foto?cukup jawab jgn beri alasan......KITA SEMUA SAUDARA

    ReplyDelete
  17. Karena saya tidak bisa ke bogor maka bogor tidak ada

    ReplyDelete
  18. Kalau bumi datar,berapa kira kira tinggi dinding / bendungan di antartika yang dapat menahan air laut yang ada di bumi supaya diam seperti air dalam baskom?

    ReplyDelete
  19. Pengguguran hukum sifat permukaan air tertampung yg sll flat,datar, rata, dan horisontal sy tnggu y, gan.. Bs diuji? Butuh masukan soal itu nch. Thx

    ReplyDelete

Silahkan masukkan komentar Anda, berbagi pengetahuan dan sudut pandang Anda. Setiap artikel sangat memungkinkan untuk diperbaiki dan dilakukan pengeditan..