Psikologi Anak Kembar Yang Terpisah, Hasil Penelitian Yang Mengejutkan

Psikologi Anak Kembar Yang Terpisah

Apa Yang Kita Pelajari Tentang Temperamen Dari Penelitian Kasus Anak Kembar

Dalam bukunya yang berjudul Entwined Lives, peneliti pasangan anak kembar yang terkenal, Nancy Segal, Ph.D., menulis tentang penemuannya yang luar biasa saat ia masih menjadi bagian dari University of Minnesota Center for Twin and Adoption Research..

Beberapa penelitian membandingkan kemiripan kepribadian antara pasangan kembar identik (satu telur) dengan kembar fraternal (beda telur), yang dibesarkan bersama dan terpisah. Ketika 50 pasangan kembar dipertemukan kembali melalui pusat penelitian tersebut, kemiripan kepribadian di antara mereka sangat menakjubkan..

Baca Juga : Edisi Terbatas – Era Sempurna Bagi Kaum Introvert

Pasangan kembar yang dibesarkan terpisah menunjukkan sekelompok karakteristik spesifik yang sama, terutama pada pasangan kembar identik. Salah satu pasangan kembar dengan semangat membicarakan tentang subjek favorit mereka, yaitu merawat kuda dan anjing. Pasangan kembar yang lain merupakan sukarelawan pemadam kebakaran, dan keduanya dikenal atas ketidaksukaan mereka akan masakan kelas rendah. Pasangan yang lain lagi, meski mereka belum pernah bertemu sebelumnya, mengendarai mobil yang sama, yaitu Chevrolet berwarna biru langit. Ada juga pasangan kembar yang menggunakan pasta gigi langka asal Swedia yang sama..

Ketika pusat penelitian itu mempelajari lebih banyak tentang pasangan kembar yang dipertemukan kembali, semakin jelas terlihat bahwa temperamen mereka ternyata lebih mirip daripada yang mereka duga..

Dr. Segal Menulis, "Kami terkejut ketika mempelajari bahwa ternyata Tradisionalisme, pengasahan keluarga tradisional dan nilai-nilai moral, tidak menunjukkan efek-efek keluarga yang sama. Dengan kata lain, tinggal bersama seseorang tidak serta merta berarti mereka mempunyai standar perilaku atau metode asuh yang sama. Penelitian menunjukkan bahwa kembar fraternal (beda telur) yang dibesarkan bersama mempunyai tingkat kemiripan perilaku yang lebih rendah dibandingkan dengan kembar identik yang dibesarkan terpisah. Penelitian tersebut membuktikan apa yang dikatakan Jung baru-baru ini: kita terlahir dengan temperamen bawaan.."

Dr. Segal kemudian melanjutkan, "Hal terpenting adalah mengetahui bahwa tinggal bersama tidak membuat pribadi-pribadi dalam satu keluarga tersebut mempunyai kemiripan perilaku, dan bahwa kemiripan tersebut merupakan hasil turunan berdasarkan genetika.."

Baca Juga : Seberapa Dalamnya Lautan, Seberapa Luasnya Langit

——○●※●○——

Sumber : The Introvert Advantage, Berkembang dan Berhasil di Dunia Ekstrover (edisi terjemah), halaman 32. Judul Asli : The Introvert Advantage, How to Thrive in an Extrovert World. Penulis : Marti Olsen Laney. Penerjemah : Meita Lukitawati. Penerbit : PT Elex Media Komputindo.

Disalin ulang oleh : Esha Ardhie
Ahad, 26 Februari 2017


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." [HR. Muslim no. 1893]


Blognya Esha Ardhie Updated at: 21.08.00
Please Feel Free to Share