Sebuah Kebun Di Surga

Kebun Sunset Fotografi

Kedermawanan Al-Izz Bin Abdussalam

Ibnu as-Subki mengatakan, "Qadhi al-Qudhah, Badr bin Jama'ah mengisahkan bahwa tatkala Syaikh berada di Damaskus, suatu kali mengalami lonjakan harga yang sangat besar sehingga banyak kebun dijual dengan harga murah. Istrinya memberikan perhiasan miliknya kepadanya seraya mengatakan, 'Belikanlah kebun untuk kami dengan perhiasan ini agar kami bisa berteduh di sana'. Dia pun mengambil perhiasan itu dan menjualnya, lalu menyedekahkan harganya. Istrinya mengatakan, 'Wahai tuanku, apakah engkau telah membelikan untuk kami?' Dia menjawab, 'Ya, sebuah kebun di surga. Sesungguhnya aku melihat orang-orang berada dalam kesusahan, maka aku menyedekahkan harganya'. Istrinya mengatakan kepadanya, 'Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan'."

Dikisahkan bahwa meskipun fakir, dia banyak bersedekah. Terkadang dia memotong sorbannya dan memberikan kepada kaum fakir, jika dia tidak punya apa-apa selain sorbannya.. [Thabaqat asy-Syafi'iyyah, 8/214]

Barangkali sedikit mengambil hikmah. Meskipun yang memberikan harta ialah seorang istri, namun istrinya tersebut tidak pongah terlebih lagi sok berkuasa atas suaminya, ia pun menyapa dengan penuh kehormatan, ia mengatakan, "Wahai tuanku.."

Dan ketika ia mengetahui bahwa suaminya telah menyedekahkan apa yang hendak diinginkannya, ia pun tak bersikeras melontarkan tanya, menggerutu, terlebih lagi memarahi suaminya, ia justru mendoakan, "Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan.."

Masya Allah..

Baca Juga : Kisah Al-A'masy Dan Tukang Cerita, Lebih Utama Mencabut Bulu Ketiak

——○●※●○——

Esha Ardhie
Minggu, 16 Oktober 2016


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." [HR. Muslim no. 1893]


Blognya Esha Ardhie Updated at: 8:40:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar Anda, berbagi pengetahuan dan sudut pandang Anda. Setiap artikel sangat memungkinkan untuk diperbaiki dan dilakukan pengeditan..