Alfamart, Indomaret, Dan Tanda Kiamat (Mengapa Alfamart Dan Indomaret Saling Berdekatan)


Alfamart, Indomaret, Dan Tanda Kiamat (Mengapa Toko Alfamart Dan Indomaret Saling Berdekatan)

Alfamart merupakan toko atau minimarket milik PT. Sumber Alfaria Trijaya, didirikan pada tahun 1999 yang merupakan pihak pesaing bagi pendahulunya, toko Indomaret milik PT Indomarco Prismatama, didirikan pada tahun 1988..

Saya punya ungkapan, "Di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Di mana ada Indomaret, di situ ada Alfamart.." hehee ^^

Yap, tampaknya memang seperti itulah fenomena persaingan pasar yang kita temui. Terkadang mereka bersebelahan, berhadap-hadapan, atau minimal jarak mereka tidak terlalu jauh. Semakin dekat lokasi antara keduanya, maka wilayah pasar salah satu minimarket akan "tercuri" hingga jangkauan 50%, dan begitu pun sebaliknya. Intinya adalah penguasaan teritorial dan bagaimana mencuri perhatian konsumen. Mereka saling memberikan pilihan alternatif kepada masyarakat, untuk menjadikan mereka sebagai pilihan utama. Karakter orang adalah suka jika diberikan pilihan dan menyukai melakukan hal berdasarkan pilihannya sendiri, mereka memilih dan memutuskan dengan alasan-alasan yang bahkan tidak mereka sadari. Pihak minimarket hanyalah memperjelas alasan-alasan itu dengan memberikan harga yang menarik, pelayanan yang baik, dan kelengkapan yang akan memudahkan konsumen. Namun jika kita ingin sedikit merenung sejenak, barangkali kita bisa menemukan sesuatu dalam hadits berikut..

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَظْهَرَ الْفِتَنُ، وَيَكْثُرَ الْكَذِبُ، وَيَتَقَارَبَ اْلأَسْوَاقُ.

"Tidak akan datang hari Kiamat hingga muncul berbagai fitnah, banyaknya kebohongan, dan berdekatannya pasar.." [HR. Ahmad, II/519]

Syaikh Hamud at-Tuwaijiri rahimahullah berkata:

"Adapun berdekatannya pasar, maka telah ada sebuah riwayat yang menjelaskannya di dalam sebuah hadits dha'if, yaitu kelesuan pasar dan sedikitnya keuntungan, yang jelas (wallaahu a'lam) bahwa hal itu merupakan isyarat terhadap apa yang terjadi di zaman kita sekarang ini berupa berdekatannya penduduk bumi; hal itu karena adanya alat transportasi udara atau darat, alat-alat elektronik yang bisa mengirim suara, seperti siaran radio, dan telepon, yang dengannya pasar-pasar di berbagai belahan dunia menjadi dekat. Maka tidaklah terjadi perubahan harga di suatu negara kecuali para pedagang (atau kebanyakan dari mereka) di negeri-negeri lain mengetahuinya, maka hal itu bisa menambah harga jika (di tempat lain pun bertambah), dan bisa menguranginya jika (di tempat lain pun) berkurang, para pedagang dengan kendaraannya pergi ke pasar-pasar di perkotaan yang perjalanan sebelumnya membutuhkan beberapa hari, lalu dia memenuhi kebutuhannya di sana dan kembali hanya dalam satu hari atau kurang, seseorang pergi menggunakan pesawat ke pasar di berbagai kota yang sebelumnya perjalanan tersebut membutuhkan sebulan atau lebih, dia memenuhi kebutuhannya di sana dan kembali hanya dalam waktu satu hari atau kurang. Berdekatannya pasar ditinjau dari tiga sisi,

Pertama, cepatnya berita terhadap apa yang akan terjadi di dalamnya berupa bertambah dan berkurangnya harga..

Kedua, cepatnya perjalanan dari satu pasar ke pasar lain, walaupun perjalanannya sangat jauh..

Ketiga, persaingan harga antara yang satu dengan yang lain dan persaingan pedagang dalam menaikkan atau menurunkan harga, wallaahu a’lam.." [Ithaful Jama'ah, I/498-499]


Baca Juga : Mengejar Bayangan, Manusia Akan Berubah Sesuai Dengan Tujuannya

——○●※●○——

Esha Ardhie
Sabtu, 14 November 2015


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." [HR. Muslim no. 1893]


Blognya Esha Ardhie Updated at: 16.43.00
Please Feel Free to Share