Pengaruh Tabiat Istri Terhadap Cara Suami Mencari Nafkah

Pengaruh Istri Terhadap Pekerjaan Suami

Pengaruh Tabiat Istri Terhadap Cara Suami Mencari Nafkah

Telah menceritakan kepada kami Ahmad, telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Aliy, telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Umar al-Bashri, dari Khalid bin Yazid, ia berkata bahwa Hasan al-Bashri mengatakan:

"Aku datang kepada seorang pedagang kain di Makkah untuk membeli baju, lalu si pedagang mulai memuji-muji dagangannya dan bersumpah, lalu aku meninggalkannya dan aku katakan, 'Tidaklah layak membeli dari orang semacam itu,' lalu aku pun membeli baju dari pedagang yang lain..

Dua tahun setelah itu, aku pergi berhaji dan aku bertemu lagi dengan orang tersebut, tetapi aku tidak lagi mendengarnya memuji-muji dagangannya dan bersumpah, lalu aku bertanya kepadanya:

'Bukankah engkau orang yang dahulu pernah berjumpa denganku beberapa tahun lalu..?'

Ia menjawab: 'Ya benar..!'

Aku bertanya lagi: 'Apa yang membuatmu berubah seperti sekarang?! Aku tidak lagi melihatmu memuji-muji daganganmu dan mengumbar sumpah..!'

Lantas ia pun bercerita: 'Dahulu aku mempunyai istri yang jika aku datang kepadanya dengan sedikit rezeki, maka ia meremehkannya, dan jika aku datang kepadanya dengan rezeki yang banyak maka ia menganggapnya sedikit. Lalu Allah mewafatkan istriku tersebut, dan aku pun menikah lagi dengan seorang wanita, yang jika aku hendak pergi ke pasar, ia memegang bajuku lalu berkata:

يَا فُلانُ! اتَّقِ اللهَ وَلا تُطْعِمْنَا إِلا طَيِّبًا، إِنْ جِئْتَنَا بِقَلِيلٍ كَثَّرْنَاهُ، وَإِنْ لَمْ تَأْتِنَا بِشَيْءٍ أَعَنَّاكَ بِمِغْزَلِنَا.

Wahai suamiku, bertakwalah kepada Allah dan janganlah engkau memberi aku makan kecuali dengan yang baik (halal), jika engkau datang kepadaku dengan sedikit rezeki, aku akan menganggapnya banyak. Dan jika engkau tidak dapat apa-apa, maka aku akan membantumu dengan memintal kain'." [Al-Mujalasah wa Jawahirul 'Ilm, 5/251-252 No. 2091]

Semoga dari kisah ini dapat diambil pelajaran bagi kita dalam mengarungi hidup berumah tangga..

Baca Juga : Sebuah Kebun Di Surga - Kedermawanan Suami Dan Sifat Mulia Seorang Istri

——○●※●○——

Esha Ardhie
Sabtu, 31 Januari 2015


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." [HR. Muslim no. 1893]


Blognya Esha Ardhie Updated at: 14.10.00
Please Feel Free to Share