Mendulang Hikmah Dari Wafatnya Imam Ahlus Sunnah Ahmad Bin Hanbal

Hikmah Kisah Kematian Imam Ahmad Bin Hanbal

Pada Ke Mana Mereka..?

Oleh : Ustadz Hendra Wibawa Wangsa Widjaja

Syaikh Muhammad bin 'Umar Bazmul hafizhahullah berkata:

Kudapati sebuah tulisan melalui Whatsapp dari Syarif Hani —semoga Allah membalasnya dengan kebaikan, sebagai berikut:

Hingga mencapai berapa banyakkah jumlah pengantar jenazah Imam Ahmad bin Hanbal..? Akan tetapi, di manakah mereka (yang berjumlah sangat banyak itu) pada hari ketika Imam Ahmad mendapatkan ujian..?

Imam al-Hafizh Abu Dzur'ah menyebutkan bahwa jumlah pengantar jenazah Imam Ahmad itu mencapai 2,5 juta orang. Al-Hafizh 'Abd al-Wahhab al-Warraq berkata, "Kami belum pernah mengetahui adanya kumpulan manusia yang berhimpun untuk mengantar jenazah, baik di masa jahiliyah maupun di masa Islam, yang lebih banyak dari kumpulan manusia yang mengantarkan jenazah Imam Ahmad bin Hanbal.."


Akan tetapi, bukan ini faidah yang ingin kami sampaikan. Faidah yang ingin kami sampaikan adalah yang tercantum dalam pertanyaan berikut:


Di manakah jumlah manusia yang besar itu pada hari Imam Ahmad disiksa..? Di manakah mereka pada hari Imam Ahmad dipenjara..? Di manakah mereka pada hari Imam Ahmad dicekal dari kegiatan mengajar lantaran Imam Ahmad menyerukan aqidah salafiyah..?
Di manakah mereka dari melakukan arak-arakan jutaan manusia untuk menghilangkan bid'ah keyakinan bahwa al-Quran adalah makhluk dan untuk memakzulkan al-Watsiq..?

Di manakah mereka dari sekian juta manusia itu (sampai-sampai tak keluar) untuk menjatuhkan pemerintah dan menolong Imam Ahmad bin Hanbal..?


Mereka tidak melakukan semua itu lantaran Imam Ahmad rahimahullah telah mengajarkan mereka manhaj para Nabi dalam masalah pengingkaran terhadap penguasa. Dan Imam Ahmad berkata pada hari ketika para ahli fiqh berkumpul bersamanya, "Wajib bagi kalian untuk mengingkari penguasa dengan kalbu-kalbu kalian. Janganlah kalian melepaskan tangan kalian dari ketaatan, dan janganlah kalian menumpahkan darah kalian dan darah kaum Muslimin bersama kalian. Perhatikanlah akibat dari urusan kalian, dan bersabarlah kalian hingga orang-orang baik beristirahat dan diistirahatkan dari kekejaman orang-orang jahat.."

Baca Juga : Kisah Al-A'masy Dan Tukang Cerita - Lebih Baik Mencabut Bulu Ketiak

——○●※●○——

Esha Ardhie
Senin, 07 November 2016


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." [HR. Muslim no. 1893]


Blognya Esha Ardhie Updated at: 12.35.00
Please Feel Free to Share