Video Peluncuran Roket Falcon 9 Mengorbitkan Satelit Komunikasi Thailand

Video Peluncuran Roket Falcon 9 Mengorbitkan Satelit Komunikasi

Peluncuran Dan Pendaratan Roket Falcon 9 Mengorbitkan Satelit Komunikasi Thailand

Falcon 9 merupakan roket two-stage yang dirancang dan diproduksi oleh SpaceX untuk mengirimkan satelit dan pesawat luar angkasa menuju orbit. Dengan kemampuan reusable, roket yang dapat kembali lagi ke bumi setelah peluncuran adalah inovasi yang luar biasa pada abad ini..

Tahap pertama, roket diluncurkan ke luar angkasa menggunakan 9 (sembilan) mesin roket khusus yang berada di bagian bawah. Tahap kedua adalah peluncuran bagian ujung roket yang merupakan muatan berupa satelit atau pun pesawat ruang angkasa untuk menuju ke orbit-orbit tertentu. Setelah itu, badan roket akan kembali menuju bumi dan dapat digunakan lagi untuk misi berikutnya. Sebuah inovasi yang memangkas mahalnya biaya misi luar angkasa. Sebagai roket pertama yang dikembangkan sepenuhnya di abad ke-21, Falcon 9 di bawah perjanjian dengan NASA memang dirancang sejak awal untuk misi pengiriman manusia ke luar angkasa..

Meneruskan jejak keberhasilan dua misi sebelumnya. Pada tanggal 27 Mei 2016, video berikut mengantarkan kita kepada keberhasilan Falcon 9 dalam mengorbitkan Thaicom 8 milik perusahaan telekomunikasi Thailand. Sebuah satelit komunikasi berbobot 3 kg sukses mengangkasa di orbit geostasioner..

Video pertama berdurasi 30 detik merupakan pendaratan first stage, kamera onboard menampilkan Falcon 9 dari luar angkasa memasuki atmosfir dan menuju kawasan bumi yang terapung di Samudra Atlantik..

"Of Course I Still Love You", begitulah seuntai kalimat yang menyambut hangat di lokasi pendaratan..


Peluncuran secara utuh dapat kita lihat pada video kedua berdurasi 10 menit 40 detik. Dimulai dari first stage yang membawa roket menerjang kawah atmosfir dan meninggalkan bumi yang tampak biru memukau di bawahnya, hingga second stage berhasil dilaksanakan kemudian kembali melakukan pendaratan first stage dan bersiap untuk menerima tepuk tangan penghargaan..


Inilah salah satu kisah dari sebuah roket pertama yang berhasil meluncur ke angkasa dan kembali lagi ke bumi. Congrats SpaceX..!

Siap menuju Mars..? :D

Baca Juga : Hujan Peluru, Antara Adegan Film Dan Realita Sains

——○●※●○——

Esha Ardhie
Senin, 05 September 2016


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." [HR. Muslim no. 1893]


Blognya Esha Ardhie Updated at: 7:29:00 PM

11 komentar:

  1. Hhhhh...min berapa bos matanya..itu roketnya meluncur lurus ke atas atau mau mendarat di pulau sebrang hhhhhhhhhh

    ReplyDelete
  2. COBA LOE CARI ROKET YG LURUS KEATAS MATA LOE AKAN TAHU...

    ReplyDelete
    Replies
    1. LOL IQ LO mines brapa boss ? Justru kalo roket terlihat lurus berarti bumi ini diam dan tak berotasi roket terlihat melengkung menandakan bumi ini berotasi..

      Delete
    2. dan 1 hal lagi udara juga ikut berpengaruh dlam pengambilan jalur pernah ga lo main layangan yg benangnya panjang skali lu dpat melihat persamaannya apakah lyangan tersebut lurus atau melengkung silahkan dicoba sendiri gw pernah nyoba main layangan dari pagi ampe sore dan alhasil layangan akan miring dan tak lurus dgn tempat lo berada

      Delete
  3. https://www.youtube.com/watch?v=2f_k74Njbek&feature=youtube_gdata_player

    Tu video 253km batas kubah bumi dari roket diluncurkan dg posisi tegak lurus...bukan video lho dan peluncuran satelit2 yg g bisa terbang lurus...anehkan hhhhh padahal dg biaya yg besar tapi selalu belok ada apa hhhhh

    ReplyDelete
  4. https://www.youtube.com/watch?v=2f_k74Njbek&feature=youtube_gdata_player

    Tu video 253km batas kubah bumi dari roket diluncurkan dg posisi tegak lurus...bukan video lho dan peluncuran satelit2 yg g bisa terbang lurus...anehkan hhhhh padahal dg biaya yg besar tapi selalu belok ada apa hhhhh

    ReplyDelete
  5. COBA LOE CARI ROKET YG LURUS KEATAS MATA LOE AKAN TAHU...

    ReplyDelete
  6. g di balasnya bro adminnya sok tau....

    ReplyDelete
  7. Bro esha ardhie makasih udah share
    Tapi gw rada bingung bro di video ke 2 pada menit 9:10, itu ada percikan air kena kamera pada ketinggian 165 km
    Menurut nasa perkiraan suhu di LEO itu mencapai 394 K
    (https://www.grc.nasa.gov/www/k-12/Numbers/Math/Mathematical_Thinking/estimating_the_temperature.htm)
    Sementara titik didih air itu 373 K (https://id.wikipedia.org/wiki/Suhu)

    Dari gw biar lebih meyakinkan, tolong diedit sedikit videonya ya bro
    Thank you so much

    ReplyDelete
  8. Video soal flat earth itu memang sampah

    Tapi, orang yg percaya dengan video flat earth itu lebih buruk dari SAMPAH...!!

    Otak para FE itu ditaruh dimana sih? Masih percaya aja video sampah kayak gitu

    Dah jelas di video disebutin klo, semua info yg disebar di google itu palsu lah... manipulasi elit global lah... halah omong kosong... kalian kira yg buat video itu dapet data dari mana? Dari google lah !

    Keliatan kan yg tolol siapa?

    Trus yg buat video bilang klo data dari USGS itu kredibel... trus NASA enggak... apa bedanya coba USGS ama NASA?... sama2 isinya ilmuwan... sama2 lembaga milik AS...

    Keliatan kan yg tolol siapa?

    Sekarang, wahai kaum FE... pakai akal sehat kalian!!!!.... lebih percaya siapa? para profesor yg belajar sampai punya gelar Ph.D atau seorang blogger sinting yg percaya kalau bumi itu datar?

    Bumi itu bulat globe bro & sist!!

    Kalau masih percaya bumi itu datar... Kalian TOTOL !!!!!


    Mau apa ? Pake dalil al quran klo bumi itu datar?

    Itu tergantung tafsirnya bro... dan quran itu adalah petunjuk... menafsirkan quran itu bukan perkara mudah & sederhana

    Klo memang alquran itu menjelaskan secara "gamblang"... lalu bagaimana kalo soal bahwa manusia diciptakan dari tanah... faktanya 80% tubuh manusia itu terdiri dari air?

    Bertobatlah wahai para flatter TOLOL !!!

    Jangan sok2 an pake dalil... kalian itu ilmunya cetek... tak layak menafsirkan Al Quran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mulut lu tu yg gak pernah disekolahin bro, gausah ngukur kelayakan orang untuk menafsirkan al-qur'an lah kalau gaya bahasa lu itu jauh dari ajaran Al-qur'an .
      mending lu cari dulu deh referensi penafsiran al-qur'an dan cari ayat yang berhubungan dengan bentuk bumi, gua kasih tau ni ya ama lu ni contoh nya

      Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.
      وَهُوَ الَّذِي خَلَقَ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ كُلٌّ فِي فَلَكٍ يَسْبَحُونَ
      “Artinya : Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang,matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.”[Al-Anbiya’ : 33]

      Ibnu Abbas radhiallahu anhu berkata: “Berputar dalam suatu garis peredaran seperti alat pemintal”. Penjelasan itu terkenal darinya.

      nah itu satu contoh buat lu penafsiran dari Ibnu Abbas radhiallahu anhu,

      coba lu cari deh surat dan ayat yg lain yang berhubungan dan lu searching deh siapa aja yang menafsirkannya, tapi ingat cari dulu referensi penafsirannya dulu, emang lu kate orang orang yang gak berilmu yg seenaknya menafsirkan al-qur'an, think again my brother !

      Ni potongan surat albaqarah ayat 266 , Buat lu pahami

      كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللّهُ لَكُمُ الآيَاتِ لَعَلَّكُمْ تَتَفَكَّرُونَ ﴿٢٦٦
      Artinya : Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kamu supaya kamu memikirkannya.

      Biar lu tau , cuman orang yang berfikir dan berilmu yang berani menafsirkan alqur'an , terkecuali orang2 yang tidak beriman. supaya lu gak asal ngomong dan asal ngukur kelayakan orang buat menafsirkan al-qur'an bro.

      Delete

Silahkan masukkan komentar Anda, berbagi pengetahuan dan sudut pandang Anda. Setiap artikel sangat memungkinkan untuk diperbaiki dan dilakukan pengeditan..