Video Peluncuran Roket Falcon 9 Mengorbitkan Satelit Komunikasi Thailand

Video Peluncuran Roket Falcon 9 Mengorbitkan Satelit Komunikasi

Peluncuran Dan Pendaratan Roket Falcon 9 Mengorbitkan Satelit Komunikasi Thailand

Falcon 9 merupakan roket two-stage yang dirancang dan diproduksi oleh SpaceX untuk mengirimkan satelit dan pesawat luar angkasa menuju orbit. Dengan kemampuan reusable, roket yang dapat kembali lagi ke bumi setelah peluncuran adalah inovasi yang luar biasa pada abad ini..

Tahap pertama, roket diluncurkan ke luar angkasa menggunakan 9 (sembilan) mesin roket khusus yang berada di bagian bawah. Tahap kedua adalah peluncuran bagian ujung roket yang merupakan muatan berupa satelit atau pun pesawat ruang angkasa untuk menuju ke orbit-orbit tertentu. Setelah itu, badan roket akan kembali menuju bumi dan dapat digunakan lagi untuk misi berikutnya. Sebuah inovasi yang memangkas mahalnya biaya misi luar angkasa. Sebagai roket pertama yang dikembangkan sepenuhnya di abad ke-21, Falcon 9 di bawah perjanjian dengan NASA memang dirancang sejak awal untuk misi pengiriman manusia ke luar angkasa..

Meneruskan jejak keberhasilan dua misi sebelumnya. Pada tanggal 27 Mei 2016, video berikut mengantarkan kita kepada keberhasilan Falcon 9 dalam mengorbitkan Thaicom 8 milik perusahaan telekomunikasi Thailand. Sebuah satelit komunikasi berbobot 3 kg sukses mengangkasa di orbit geostasioner..

Video pertama berdurasi 30 detik merupakan pendaratan first stage, kamera onboard menampilkan Falcon 9 dari luar angkasa memasuki atmosfir dan menuju kawasan bumi yang terapung di Samudra Atlantik..

"Of Course I Still Love You", begitulah seuntai kalimat yang menyambut hangat di lokasi pendaratan..


Peluncuran secara utuh dapat kita lihat pada video kedua berdurasi 10 menit 40 detik. Dimulai dari first stage yang membawa roket menerjang kawah atmosfir dan meninggalkan bumi yang tampak biru memukau di bawahnya, hingga second stage berhasil dilaksanakan kemudian kembali melakukan pendaratan first stage dan bersiap untuk menerima tepuk tangan penghargaan..


Inilah salah satu kisah dari sebuah roket pertama yang berhasil meluncur ke angkasa dan kembali lagi ke bumi. Congrats SpaceX..!

Siap menuju Mars..? :D

Baca Juga : Hujan Peluru, Antara Adegan Film Dan Realita Sains

——○●※●○——

Esha Ardhie
Senin, 05 September 2016


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." [HR. Muslim no. 1893]


Blognya Esha Ardhie Updated at: 19.29.00
Please Feel Free to Share