Kelakuan Ibu-Ibu Yang Tak Pantas Ditiru..!!


Sering saya menemui kejadian seperti ini..!!

Beberapa ibu-ibu "kaya" yang sedang berbelanja di pasar begitu entengnya menawar dagangan kami entah sayuran, buah atau yang lain dengan begitu murahnya..

Seperti halnya beberapa hari yang lalu.. Sayur kangkung satu ikat seharga 2000, tapi ditawar tiga ikat 5000.. Ada juga ketimun yang sekilo cuma 1500 ditawar jadi 800 (padahal penjualnya nenek-nenek)..

Masih banyak orang-orang kaya yang dengan mudah menawar dagangan kami begitu murahnya.. Dan lebih lucunya sampai berkata,

"Ya sudah kalo engga boleh segitu saya ngga jadi beli.."
"Kalo jualan jangan mahal-mahal.."
Bla..blaa..blaaa..

Tapi di lain tempat saat mereka makan di restoran mewah dengan harga ratusan ribu bahkan jutaan, "mereka" juga tidak segan memberi uang tips..

Saat berbelanja di swalayan, "mereka" tidak mau menawar barang yang dibeli.. Walau harganya ratusan ribu, sampai jutaan pun mereka tidak perduli..

Bu.. Ibu..
Perlu anda ketahui..!!

Sebagai pedagang pasar, tidak semua barang dagangan "kami" itu hasil panen sendiri.. Karena sebagian pedagang "kami" harus beli dari para petani-tengkulak..

Tahukah anda jam berapa kami harus menunggu untuk membeli dagangan..?? Jam 03.00 pagi..!! Bahkan ada yang datang jam 01.00 atau jam 02.00 (tengah malam)..

Untuk mengambil untung 200-500 perak, kami harus menunggu sepagi itu.. Tapi dengan enteng dan mudahnya anda "para orang kaya" menganggap remeh dagangan kami..

Terkadang kami memang lebih memilih menjual dengan harga murah (tidak mendapat untung) supaya dagangan kami tidak mubadzir (busuk)..

Catatan:

Jangan merasa hebat untuk menekan orang miskin, tetapi melunak dan segan kepada orang yang memang sudah sama-sama berpenghasilan besar..

Kapankah rasa kemanusiaan ini bisa mengalahkan gengsi..? Padahal Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mengatakan:
"Kalian dibantu dan dikayakan oleh orang-orang lemah di antara kalian.."

Maka renungkanlah..!!!

***

Penulis : Hafizh Abu Yusuf
Judul dibuat oleh admin

Bantu para pedagang kecil dengan ikut menyebarkan pesan ini..

Don't forget to share with your friends and family. You never know who you might end up helping..!


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." [HR. Muslim no. 1893]


Blognya Esha Ardhie Updated at: 15.55.00
Please Feel Free to Share