Trik Jawaban Dari Persegi Ajaib 3x3

Trik Jawaban Dari Persegi Ajaib 3x3

Dulu sewaktu SMA saya memiliki seorang guru yang unik dalam mengajar. Pasalnya, cuma guru itu yang sering memberikan tebak-tabakkan di jam pelajaran, mungkin untuk mencairkan suasana dari pelajaran fisika yang kadang bikin ruwet. Antusias kami memang terlihat dalam menjawab tebak-tebakkan yang sebenarnya juga butuh mikir, hehee..

Dan ini dia salah satu tebak-tebakkannya..

"Bayangkan selembar kertas berwarna putih berada tepat di atas meja belajar anda. Sebuah garis mulai digoreskan pada kertas tersebut, jadilah sebuah kotak persegi. Bagi menjadi 3 bagian yang sama dalam kotak tersebut secara horizontal dan secara vertikal. Kotak persegi ukuran 3x3 pun tercipta.."

Kemudian disebutkanlah angka 15. Maksudnya, tugas kita adalah mengisi kotak-kotak tersebut dengan angka-angka, berapa pun nilainya (boleh bilangan negatif, nol, atau positif). Tetapi jika tiap bagian horizontal, vertikal, atau diagonalnya dijumlahkan masing-masing harus tepat berjumlah 15. Syaratnya adalah maksimal hanya diperbolehkan terdapat 2 angka yang sama, tidak boleh ada 3 angka yang sama di dalam kotak tersebut apalagi melebihinya, atau kalau mau mudah, isi saja semuanya dengan angka 5 hehee, (perhatikan gambar di atas)..

Secara horizontal :

8 + 3 + 4 = 15
1 + 5 + 9 = 15
6 + 7 + 2 = 15

Secara vertikal :

8 + 1 + 6 = 15
3 + 5 + 7 = 15
4 + 9 + 2 = 15

Secara diagonal :

8 + 5 + 2 = 15
6 + 5 + 4 = 15

Trik Dan Jawabannya

  • Pertama. Mengapa dipilih angka 15..? Karena 15 itu habis dibagi 3. Tebak-tebakkan ini khusus untuk bilangan yang habis dibagi 3..
  • Kedua. Karena yang diperintahkan harus berjumlah 15, maka 15 dibagi 3 hasilnya adalah 5. Letakkanlah angka 5 tersebut di tengah-tengah kotak..
  • Ketiga. Kita namakan tiap kotak dengan alfabet dari (a) sampai (i)..

Angka pada kotak (b) jika dijumlahkan dengan kotak (d) lalu dibagi dua, maka hasilnya adalah angka di kotak (i). Misalnya, kita pilih (b) = 3 dan (d) = 1 maka kotak (i) = 2..


Dan ini pun berlaku jika kotak (f) ditambah angka pada kotak (h) lalu dibagi dua, maka nilainya ditempatkan pada kotak (a). Misalnya, kita pilih (f) = 9 dan (h) = 7 maka kotak (a) = 8..

  • Keempat. Setelah itu, kotak-kotak yang kosong tinggal disempurnakan dengan "kekuataun pikiran" anda supaya jumlah masing-masing bagian jadi bernilai 15..
  • Kelima. Sekarang kita sudah memiliki susunan angka-angka untuk jumlah 15. Angka-angka yang sudah kita buat bisa kita manfaatkan untuk jumlah lainnya. Misalnya kita menginginkan jumlah 45, maka angka-angka yang ada tinggal dikalikan 3 semuanya, contoh: [(8x3) + (3x3) + (4x3) = 45]. Dan begitu pun ketika kita menginginkan jumlah 150, maka angka-angka yang ada tinggal dikalikan 10 semuanya, contoh: [(8x10) + (3x10) + (4x10) = 150]. Trik ini akan memudahkan kita untuk jumlah bilangan yang besar..
Mudah bukan..? Silahkan berkreasi untuk jumlah dan angka-angka yang lain, atau misalnya dengan membatasi angka tertentu seperti contoh pada gambar yaitu dengan jumlah 15 tetapi angka yang digunakan hanya boleh dari angka 1 sampai 9..

Ini bukan sulap, tapi jika anda ingin show off, tentunya anda harus menghafalkan langkah-langkah ini, anda harus mulai mengisi angkanya berurutan dari kotak (a), (b), (c), dst sampai kotak (i), tujuannya tentu saja untuk menyembunyikan trik. "Magician" bukanlah seseorang yang pandai menipu orang lain, tetapi yang pandai menyembunyikan "kebohongan" dirinya..

——○●※●○——

Esha Ardhie
Sabtu, 10 Januari 2015


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." [HR. Muslim no. 1893]


Blognya Esha Ardhie Updated at: 4:04:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar Anda, berbagi pengetahuan dan sudut pandang Anda. Setiap artikel sangat memungkinkan untuk diperbaiki dan dilakukan pengeditan..