Video 3D Pertama Di Balik Kisah Embrio Alga Hijau Bernama Volvox

Video 3D Pertama Yang Merekam Kejadian Menarik Pada Embrio Alga Hijau (Volvox)

Video 3D Pertama Yang Merekam Kejadian Menarik Pada Embrio Alga Hijau Volvox

Peneliti dari University of Cambridge telah mengambil video 3-D pertama dari sebuah embrio alga hijau yang masih hidup. Embrio tersebut melakukan proses pembalikan diri yang sangat menarik, dari sebuah bentuk bola kemudian berubah menjadi seperti jamur, dan kembali lagi berbentuk seperti bola..

Hasil ini tentu saja dapat membantu mengungkap proses mekanis dalam kasus serupa yang terjadi pada hewan..

Embrio dari Alga hijau yang disebut Volvox tersebut diamati menggunakan Mikroskop Fluorescence, para peneliti dapat menguji model matematika morfogenesis (asal-usul dan perkembangan struktur dan bentuk organisme) dan memahami bagaimana pergerakan bentuk sel pada proses inversi (pembalikan) tersebut..

Temuan ini diterbitkan pada tanggal 27 April 2015 dalam jurnal Physical Review Letters..

Proses yang diamati pada embrio Volvox mirip dengan proses gastrulasi pada embrio hewan. Ahli biologi Lewis Wolpert menyebutnya dengan ungkapan, "Peristiwa yang paling penting dalam hidup Anda.."

Gastrulasi pada hewan adalah hasil interaksi kompleks dari perubahan bentuk sel, pembelahan dan perpindahan sel, sehingga sulit untuk membangun pemahaman kuantitatif dari proses tersebut. Namun embrio Volvox menyelesaikan perubahan bentuk mereka hanya dengan mengubah bentuk sel dan lokasi hubungan antara sel-sel. Kesederhanaan ini menjadikan mereka sebagai model yang ideal untuk memahami lipatan lembaran sel. Proses yang luar biasa tersebut berlangsung kurang lebih selama satu jam..

Video yang amat menarik dapat kita saksikan sebagai berikut..


Baca Juga : Kebenaran Tentang Rokok, Rahasia Besar Yang Mereka Sembunyikan Darimu

——○●※●○——


Esha Ardhie
Jum'at, 12 Agustus 2016


*Image Credit : Stephanie Hohn, Aurelia Honerkamp Smith, Raymond E. Goldstein


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." [HR. Muslim no. 1893]


Blognya Esha Ardhie Updated at: 13.01.00
Please Feel Free to Share