Sa'id Bin Jubair : "Aku Tidak Membutuhkan Ruqyah"

 Ruqyah, Al-Iman

Aku Tidak Membutuhkan Ruqyah

Dari Musa bin Rafi', dia mengatakan:

دخلت على سعيد بن جبير بمكة وقد أخذه صداع شديد فقال له رجل ممن عنده هل لك أن نأتيك برجل يرقيك من هذه الشقيقة قال لا حاجة لي في الرقى


"Aku menemui Sa'id bin Jubair di Makkah, dan beliau sedang mengalami sakit kepala yang parah, maka seseorang yang ada di sisinya mengatakan kepada beliau, 'Sudikah bila kami datangkan kepadamu seseorang yang akan meruqyahmu dari penderitaan ini?' Dia menjawab, 'Aku tidak membutuhkan ruqyah'." [Hilyah al-Auliya', Abu Nu'aim, 4/280]


Dari Abu Sinan, dari Sa'id bin Jubair, dia mengatakan:


لدغتني عقرب، فأقسمت علي أمي أن أسترقي، فأعطيت الراقي يدي التي لم تلدغ، وكرهت أن أحنثها


"Aku pernah disengat kalajengking, maka ibuku bersumpah padaku agar aku minta diruqyah. Aku pun memberikan tanganku yang TIDAK disengat kalajengking kepada peruqyah, karena aku tidak suka melanggar sumpah ibuku." [Siyar A'lam an-Nubala', adz-Dzahabi, 4/333]


Sa'id bin Jubair meriwayatkan dari gurunya, Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma bahwa Nabi menceritakan tentang 70.000 umatnya yang akan masuk surga tanpa hisab dan tanpa azab, beliau shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:


"Mereka itu adalah orang-orang yang tidak pernah meminta diruqyah, tidak meminta dikay, dan tidak pernah melakukan tathayyur (ramalan kesialan), serta mereka bertawakal kepada Rabb mereka.." [HR. Bukhari dan Muslim]

Kay adalah pengobatan dengan menempelkan luka dengan besi yang dipanaskan. Tathayyur adalah merasa pesimis, merasa bernasib sial atau bernasib buruk karena melihat burung, atau hewan lainnya, atau apa saja yang dianggap membawa sial..

Allahu a'lam..

Baca Juga : Untaian Hikmah Mutiara Salaf

——○●※●○——

Esha Ardhie
Kamis, 21 Januari 2016


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." [HR. Muslim no. 1893]


Blognya Esha Ardhie Updated at: 11.00.00
Please Feel Free to Share