Beberapa Surat Pilihan Dan Tafsirnya

Beberapa Surat Pilihan Dan Tafsirnya

Membaca Al-Qur’an adalah salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh ummat Muslim dalam melakukan kegiatan beribadah. Kegiatan seperti ini dilakukan dalam banyak kesempatan, seperti selepas Shalat, ketika menghadiri kegiatan pengajian, atau bahkan ketika menghadiri acara syukuran tertentu. Namun yang tidak banyak disadari oleh banyak ummat Muslim adalah, tidak hanya membaca Al-Qur’an saja yang wajib dan harus dibaca, namun mempelajari arti, serta memperdalam maknanya itu juga harus. Ini yang akan didapat seorang Muslim, ketika mempelajari tafsir..

Tafsir sendiri artinya adalah menyingkap sesuatu yang tertutup untuk menjadi lebih jelas. Jadi secara tidak langsung ketika seorang Muslim membaca tafsir Al-Qur’an, maka sesuatu yang awalnya kurang jelas, dan sulit untuk dimengerti, terutama masalah bahasa yang tidak dimengerti, jadi lebih dimengerti. Lantaran bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia..

Dibandingkan dahulu, saat ini tafsir jauh lebih mudah untuk dipelajari dan dipahami. Kita dapat memperoleh ilmu tentang tafsir ini dari beberapa pengajian yang memang secara khusus membahasnya, melalui buku tafsir itu sendiri, atau juga melalui TafsirWeb, yang InsyaAlloh isinya cukup lengkap. Di dalam web tersebut, kita akan menemukan tafsir yang sudah disahkan oleh Kementrian Agama RI, yang sebelumnya diberikan oleh pihak Kementrian Agama Saudi Arabia. Di mana Tafsir yang dimaksud adalah Tafsir al-Muhktashar yang sebelumnya sudah disupervisi oleh Dr. Shalih Humaid (Imam Masjidil Haram), dan juga yang lainnya..

Di antara 30 Juz yang ada di dalam Al-Qur’an, ada beberapa buah Surat yang paling sering dibaca. Kali ini sebaiknya, tidak hanya membacanya, pelajari juga tafsirnya. Kita akan menemukannya dan membacanya di TafsirWeb, hasilnya kita jadi lebih mengerti akan surat yang paling sering dibaca tersebut, seperti:

1. Surat Yasin. Tafsir surat yang satu ini sangat kami sarankan, karena sangat populer di Indonesia. Lantaran banyak ummat Islam yang rutin membaca surat tersebut pada setiap pekan dan juga dalam berbagai event lainnya. Jadi sudahkah kita paham artinya? Jika belum, coba baca!

2. Surat al-Kahfi. Selain surat Yasin, al-Kahfi juga salah satu surat yang rutin dibaca oleh berbagai besar kalangan di setiap pekannya. Dengan demikian, kita juga perlu mengetahui makna dan kandungan dari surat tersebut..

3. Surat al-Waqiah. Ini adalah salah satu surat yang dikenal, karena sering disebut dalam salah satu hadist. Terlepas dari status hadist dan hukumnya, tidak ada salahnya jika Anda membaca surat tersebut serta mengetahui makna dan arti dari surat tersebut..

4. Surat ar-Rahman. Tahukah Anda bahwa ini adalah salah satu surat yang cukup populer. Alasannya karena susunan ayatnya yang sangat indah serta mempesona. Ini yang menjadi alasan para imam di berbagai masjid sering membaca surat tersebut ketika shalat berjama’ah. Kita dalam hal ini, sebaiknya membaca serta mempelajari makna dan arti dari surat yang sering dibaca oleh para imam di saat shalatnya tersebut..

5. Surat al-Baqarah. Surat yang satu ini, tidak hanya terkenal akan surat yang paling panjang, tapi kandungan surat tersebut, yang isinya tentang prinsip aqidah dan juga berbagai hukum kehidupan..

6. Surat al-Mulk. Ketika kita menjelang tidur, sebaiknya baca surat yang satu ini. Agar lebih mengenal, sebaiknya suratnya sambil merenungi arti dan makna yang ada didalamnya..

7. Surat al-Fatihah. Surat yang paling sering dibaca, bahkan hingga minimal 17 kali dalam sehari semalam, juga harus kita pelajari makna dan artinya. Jangan sampai kita hanya hapal di bibir tanpa pernah memahami makna di dalamnya..

8. Surat adh-Dhuha. Ini adalah surat yang banyak dibaca ketika shalat dhuha. Alasannya mungkin karena namanya yang mirip, jadi langsung membacanya ketika shalat. Karena sering dibaca, jadi jangan sampai terlewat belajar tafsirnya..

9. Surat an-Naba. Tahukah Anda bahwa kata Amma yang ada dalam Juz Amma itu sendiri, adalah kata pertama yang ada pada surat tersebut. Ini yang membuat surat ini jadi terasa istimewa. Ingin tahu lebih dalam tentang surat tersebut, sebaiknya pelajari tafsirnya..

10. Surat Yusuf. Berisi tentang kisah terbaik dalam Qur’an, sebagaimana yang disebutkan pada ayat ke-3. Apakah kita sudah mengenal kisah dan hikmah di dalamnya? Jika belum, sebaiknya kita mempelajari dengan membaca tafsirnya..

Dengan meluangkan waktu untuk membacanya, memahami serta merenungi maknanya. Tentu tidak ada ruginya, namun justru, akan memberikan ilmu yang bermanfaat, yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari..


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." [HR. Muslim no. 1893]


Blognya Esha Ardhie Updated at: 18.26.00
Please Feel Free to Share