TafsirWeb, Pustaka Online Tafsir Alquran Terlengkap Bahasa Indonesia

 Alquran Tafsir

TafsirWeb, Pustaka Online Tafsir Alquran Terlengkap Bahasa Indonesia


Sobat sedang mencari tempat belajar tafsir online yang lengkap..? Yang memuat berbagai tafsir dari para ulama terkemuka..?

Alhamdulillah, salah satu nikmat yang Allah Ta'ala berikan kepada kita di zaman ini ialah dibukanya pintu-pintu ilmu, kemudahan kita dalam mengakses sumber-sumber ilmu syar'i yang merupakan warisan para nabi dan rasul Allah. Di sisi lain, kita juga harus selektif dalam mencari dan mengambilnya, era keterbukaan seperti ini menjadikan syubhat-syubhat menyebar dengan mudahnya dan menularkan racunnya melalui berbagai situs dan media sosial..

Muhammad bin Sirin rahimahullah memberikan kita sebuah wejangan:

إن هذا العلم دين فانظروا عمن تأخذون دينكم

"Sesungguhnya ilmu ini adalah agama, maka lihatlah dari siapakah kalian mengambil agama kalian.." [Diriwayatkan oleh Muslim dalam muqaddimah kitab Shahihnya 1/7]

TafsirWeb, Belajar Tafsir Alquran Kini Menjadi Lebih Mudah


Alquran merupakan pokok pegangan seorang muslim, dan mempelajari tafsirnya merupakan keutamaan dan sebuah keindahan dalam kita memahami kalam-kalam Allah Subhanahu wa Ta'ala. Kami memandang bahwa perkara ini sangatlah penting, sebab banyak sekali kita perhatikan orang-orang di masa ini yang berbicara tanpa ilmu, begitu pun dalam menafsirkan Alquran hanya berdasarkan prasangka bahkan dengan hawa nafsunya sendiri..

Alhamdulillah, TafsirWeb hadir dengan membawa solusi dan nilai manfaat. Kini untuk belajar dan mengetahui tafsir ayat-ayat Alquran bukan lagi hal yang sulit. TafsirWeb merupakan sebuah website yang fokus kepada penerjemahan kitab-kitab tafsir ulama yang tersebar di seluruh dunia, menjadikannya sebagai pustaka tafsir terlengkap yang ada di Indonesia, insyaallah. Situs tersebut dapat kita akses melalui https://tafsirweb.com, dan telah berkomitmen hanya menggunakan sumber-sumber yang valid dan diakui oleh kaum muslimin..

Menurut informasi yang kami dapatkan, TafsirWeb memiliki beberapa penulis atau penerjemah, yang salah satunya bergelar Doktor telah menempuh S3 di Malaysia, juga merupakan alumnus tafsir di Madinah..

Di antara kitab-kitab tafsir terpercaya yang digunakan oleh TafsirWeb sebagai tahap awal ialah:

  1. 1. Tafsir al-Muyassar karya Syaikh Dr. Shalih Alu Syaikh, Menteri Urusan Islam, Dakwah dan Penyuluhan Saudi Arabia sejak tahun 1420 H sampai dengan tahun 1436 H..
  1. 2. Tafsir as-Sa'di karya Syaikh 'Abdurrahman bin Naashir as-Sa'di, wafat 1376 H. Kitab ini sering dikaji di Masjid Nabawi, Madinah..
  1. 3. Tafsir al-Aisar karya Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, pakar tafsir Kota Madinah, pengajar di Masjid Nabawi, wafat 1439 H..
  1. 4. Tafsir Juz 'Amma karya Syaikh Prof. Dr. Shalih Fauzan al-Fauzan, anggota Komite Fatwa Majelis Ulama Saudi Arabia..

Cukup lengkap bukan? Hanya dengan sekali akses kita telah disuguhkan dengan berbagai macam faedah tafsir dari ayat-ayat Alquran. Tak ketinggalan dengan dicantumkannya tafsir dari Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), dan sangat dimungkinkan untuk ditambah dengan referensi tafsir yang lainnya..

Kami mencoba mengunjungi website TafsirWeb pada halaman Tafsir Surat Al-Fatihah ayat ke-1 (https://tafsirweb.com/44-surat-al-fatihah-ayat-1.html), dan kita akan melihat sebanyak 11 referensi tafsir yang digunakan ialah sebagai berikut:

  1. 1. Al-Aisar / Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mufassir Masjid Nabawi - Madinah, wafat 1439 H..
  1. 2. Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Lid Diraasatil Qur'aniyyah - Riyadh, terbit 1435 H..
  1. 3. Al-Muyassar / Dr. Shalih Alu Syaikh et al., Menteri Agama KSA, diangkat 1420 H..
  1. 4. As-Sa'di / 'Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir kontemporer, wafat 1376 H..
  1. 5. Fathul Qadir / Asy-Syaukani, wafat 1250 H, diringkas Dr. M. Sulaiman al-Asyqar..
  1. 6. Ibnu Katsir / Ibnu Katsir, wafat 774 H, diringkas Shafiyurrahman al-Mubarakfuri et al..
  1. 7. Juz 'Amma / Prof. Dr. Shalih Fauzan, anggota Komite Fatwa KSA, diangkat 1412 H..
  1. 8. Juz 'Amma / Dr. Abdul Malik bin Muhammad bin 'Abdurrahman al-Qaasim..
  1. 9. Juz 'Amma / M. Shalih al-Utsaimin, anggota Dewan Ulama Senior KSA, wafat 1421 H..
  1. 10. Hidayatul Insan / Marwan bin Musa, Mudarris Ibnu Hajar Boarding School - Jakarta..
  1. 11. Kemenag / Kementrian Agama Republik Indonesia, diakses tahun 2018..

Sisi Lain TafsirWeb

Tampilan Home TafsirWeb Versi Mobile.

TafsirWeb mengusung tampilan yang sederhana dan fast loading, menjadikan kita nyaman untuk berselancar menjelajahi satu per satu tafsir ayat-ayat Alquran. Dan apabila tata letaknya diberi sentuhan desain lebih lanjut, sepertinya akan lebih menarik, mungkin dengan pewarnaan, tabel, atau selainnya. Di samping itu, TafsirWeb menyajikan tafsir tersebut hanya dalam bahasa Indonesia saja (terjemahan). Tentunya akan semakin menambah khazanah apabila dicantumkan juga teks aslinya dalam bahasa Arab. Apalagi kalau tersedia pula aplikasi mobilenya, masyaallah :)

Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala senantiasa memudahkan langkah kita dan memberikan taufik-Nya terhadap amal-amal kebaikan yang kita lakukan..

Yuk, jelajahi sendiri TafsirWeb di sini (https://tafsirweb.com), jangan lupa untuk disebarkan kepada sanak saudara dan kawan-kawan, semoga dapat menjadi media pembelajaran yang bermanfaat bagi kaum muslimin dan menjadi amal jariyah bagi kita semua..

***

Esha Ardhie
Ahad, 30 September 2018


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." [HR. Muslim no. 1893]


Blognya Esha Ardhie Updated at: 09.19.00
Please Feel Free to Share