Download Terjemah Kitab Al-I'tisham Asy-Syathibi Edisi Terlengkap (Buku Induk Pembahasan Bid'ah Dan Sunnah)

Kitab Al-I'tisham Karya Imam Asy-Syathibi

Download Ebook PDF Terjemah Kitab Al-I'tisham Karya Imam Asy-Syathibi Edisi Terlengkap (Buku Induk Pembahasan Bid'ah Dan Sunnah)

>> Informasi Buku

Judul Asli : Al-I'tisham
Penulis : Imam Asy-Syathibi
Pengantar : Muhammad Rasyid Ridha
Judul Terjemah : Al-I'tisham (Buku Induk Pembahasan Bid'ah Dan Sunnah)
Keterangan : Edisi Terlengkap Jilid 1 dan Jilid 2
Link Ebook : Download
Jumlah Halaman : 954 Halaman
Ukuran File : 5 MB (PDF)

Imam Al-Baihaqi dalam Al-Kubro 2/466, Abdurrazak 3/55, Sunan Ad-Darimi 1/116 dan yang lainnya, dengan sanad Shahih  menceritakan sebuah atsar dari Sa'id Al-Musayyib rahimahullah, "Sesungguhnya Dia (Sa'id) melihat seorang lelaki yang sholat setelah terbit fajar lebih dari dua rokaat dengan memperpanjang ruku dan sujudnya, maka Sa'id bin Al-Musayyib pun melarangnya. Kemudian lelaki tadi pun berkata kepada beliau, "Wahai Abu Muhammad (Sa'id), Apakah Allah akan menyiksaku dengan sebab sholat?" Sa'id pun menjawab, "Tidak, namun Allah akan menyiksamu karena menyelisihi Sunnah.."

Syaikh Al-Albani rahimahullah dalam kitab beliau Irwaul Ghalil 2/236 mengomentari atsar ini dengan perkataan, "Ini adalah jawaban yang sangat bagus dari Sa'id Al-Musayyib rahimahullah dan merupakan senjata tajam atas ahlu bid'ah yang sering menganggap baik perbuatan bid'ah dengan label ibadah kemudian mereka mengingkari Ahlus Sunnah yang membantah perbuatan mereka dan menuduh Ahlus Sunnah telah mengingkarinya. Padahal Ahlus Sunnah hanyalah mengingkari perbuatan penyimpangan mereka yang menyelisihi sunnah dalam dzikir, sholat dan ibadah lainnya.."

Begitu banyak bid'ah dan penyimpangan yang dilakukan muslimin yang sangat jauh dari tuntunan agama yang disebabkan karena kebodohan dan hawa nafsu. Dan sesungguhnya penyimpangan yang dilakukan karena mereka memiliki metode sendiri dalam memahami dan mengambil suatu dalil sebagai hujjah yang berbeda dengan manhaj salafush shalih. Di antara mereka seringkali memakai hadits-hadits dhoif, menolak hadits yang shahih, menyelewengkan dalil dan banyak lagi perbuatan mereka yang menyimpang..

Telah banyak para ulama yang mengumpulkan dan membahas semua hal ini dalam kitab-kitab mereka. Di antaranya adalah Kitab Al-I'tishom karya Imam Asy-Syathibi ini. Salah satu kitab yang menjadi rujukan para ulama dalam memahami secara detail bid'ah dan pernik-perniknya..

  • Bab 1 : Definisi, penjelasan arti dan pengambilan kata bid'ah dari segi lafadzhnya..
  • Bab 2 : Tercelanya bid'ah dan buruknya tempat kembali bagi para pelaku bid'ah..
  • Bab 3 : Tentang umumnya celaan terhadap bid'ah dan hal-hal baru dalam agama..
  • Bab 4 : Sumber pengambilan Ahli Bid'ah dalam berdalil..
  • Bab 5 : Hukum bid'ah hakikiyah dan idhafiyyah serta perbedaan keduanya..
  • Bab 6 : Hukum-hukum bid'ah tidak hanya satu macam..
  • Bab 7 : Bidah masuk dalam perkara adat atau hanya perkara ibadah..
  • Bab 8 : Perbedaan antara bidah, Al-Maslahat Al-mursalah dan istihsan..
  • Bab 9 : Sebab-sebab perpecahan kelompok yang membuat bidah di kalangan umat Islam..
  • Bab 10 : Penjelasan makna "Shirothol Mustaqim" yang diselewengkan oleh Ahli Bidah kemudian mereka tersesat setelah adanya petunjuk yang jelas..

>> Download Ebook Terjemah Al-I'tishom


Kitab Al-I'tisham Karya Imam Asy-Syathibi

Link Ebook (Edisi Lengkap) : Download
Jumlah Halaman : 954 Halaman
Ukuran File : 5 MB (PDF)

***

Demikian artikel Download Terjemah Kitab Al-I'tisham Imam Asy-Syathibi Edisi Terlengkap (Buku Induk Pembahasan Bid'ah Dan Sunnah) yang dapat kami cantumkan, nantikan update selanjutnya.. ^^

Ebook bermanfaat lainnya dapat diunduh pada kategori Buku dan Majalah..

Baca Juga : Download Ebook PDF Panduan Islam Untuk Tinggal Di Luar Negeri

——○●※●○——

Esha Ardhie
Sabtu, 11 November 2017


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." [HR. Muslim no. 1893]


Blognya Esha Ardhie Updated at: 12.39.00
Please Feel Free to Share