Reaksi Unik Kolaborasi Superasam Dan Jeruk...

Superacid

Reaksi Keras Dari Kolaborasi Superasam Dan Jeruk

Definisi klasik dari superasam (superacid) ialah asam yang memiliki tingkat keasaman lebih tinggi daripada 100% asam sulfat murni (H2SO4). Dalam larutan yang sangat terkonsentrasi (pekat), persamaan Henderson-Hasselbalch yang digunakan untuk menentukan skala pH tidak dapat berlaku lagi. Maka, untuk mengukur keasaman larutan yang sangat pekat tersebut, diperkenalkanlah metrik serupa yang disebut dengan fungsi keasaman Hammett (H0). Dengan menggunakan skala dari fungsi ini, asam sulfat 100% memiliki nilai H0 sebesar -12..

Asam yang digunakan dalam video berikut adalah asam klorosulfat (HSO3Cl) yang memiliki H0 = -12,78. Superasam ini bereaksi keras dengan air pada jeruk untuk menghasilkan gas asam sulfat dan hidrogen klorida (HCl). Asam sulfat yang dihasilkan tersebut kemudian bereaksi dengan sukrosa dari jeruk melalui reaksi dehidrasi eksotermik yang intens, sehingga menghasilkan karbon dalam bentuk grafit hitamnya. Simak video menarik dari Chemistry Flicks berikut..


Baca Juga :

Mengenal Dry Ice (Biang Es) Dan Sublimasinya Yang Unik
Reaksi Ajaib, Hidrogen Peroksida (H2O2) Dan Kalium Permanganat (KMnO4)
Hujan Peluru, Antara Adegan Film Dan Realita Sains
Kupas Fakta Seputar Mitos Minuman Bersoda
Garam Tidak Boleh Dimasak? Antara Hoax Dan Hadits Nabi

——○●※●○——

Esha Ardhie
Selasa, 03 Oktober 2017


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." [HR. Muslim no. 1893]


Blognya Esha Ardhie Updated at: 18.50.00
Please Feel Free to Share