Reaksi Ajaib, Hidrogen Peroksida (H2O2) Dan Kalium Permanganat (KMnO4)

Reaksi Ajaib, Hidrogen Peroksida Dan Kalium Permanganat

Bukan Sulap Bukan Sihir, Ini Hanya Reaksi Redoks

Reaksi antara hidrogen peroksida (H2O2) dan kalium permanganat (KMnO4) berikut akan menampilkan demonstrasi menarik dari reaksi redoks..

Perhatikan, kalium permanganat yang berwarna ungu dituangkan ke dalam cairan bening hidrogen peroksida, apa yang terjadi..? Dengan sekejap cairan kalium permanganat tersebut menghilang. Simak videonya..!


Apakah KMnO4 itu benar-benar menghilang..? tentu saja tidak. Hidrogen peroksida telah mengubah kalium permanganat yang berwarna ungu menjadi cairan bening. Hal tersebut dapat terjadi karena kalium permanganat memiliki atom mangan (Mn) dengan keadaan oksidasi +7. Reaksi dengan hidrogen peroksida akan mengubah atom mangan (Mn) tersebut menjadi keadaan oksidasi +2 yang menyebabkan KMnO4 kehilangan warna ungu yang dimilikinya. Produk sampingan dari reaksi ini adalah dihasilkannya gas oksigen (O2) dan air (H2O), yang dicirikan dengan adanya gelembung-gelembung dalam reaksi campuran tersebut..

2KMnO4 + 3H2O2 → 2MnO2 + 2KOH + 3O2 + 2H2O

Hidrogen peroksida, dengan sifatnya yang demikian maka tidak heran jika H2O2 banyak digunakan sebagai bahan pemutih tekstil..

Baca Juga : Menghilangkan Bulu (Rambut) Dengan Laser Dan Hukum Penggunaannya

——○●※●○——

Esha Ardhie
Selasa, 11 Oktober 2016


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." [HR. Muslim no. 1893]


Blognya Esha Ardhie Updated at: 8:22:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar Anda, berbagi pengetahuan dan sudut pandang Anda. Setiap artikel sangat memungkinkan untuk diperbaiki dan dilakukan pengeditan..