Hukum Menjual Jilbab Gaul

Hukum Menjual Jilbab Gaul

Hukum Menjual Jilbab Gaul


>> Pertanyaan :

Assalamu'alaykum ustadz, ana mau tanya. Apa hukumnya menjual jilbab gaul yg model sekarang. Karena ada orang yang mengatakan itu sama saja mendukung mereka dalam kemaksiatan. Tetapi setelah orang tersebut bicara kepada pedagangnya, pedagang tersebut jawab kalau itu adalah mendakwahi orang yang belum memakai jilbab, karena tidak mungkin orang pake jilbab langsung pakai yang syar'i? mohon penjelasannya ustadz. Jazakallaahu khoir..

>> Jawaban :

Wa'alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh. Hukum berjualan "jilbab gaul" (jilbab kecil atau pendek yang banyak dipakai sekarang ini) pada asalnya haram, karena tidak ada jilbab dalam Islam kecuali jilbab yang syar’i yang syarat-syaratnya telah disebutkan oleh para Ulama. Namun jika menjualnya untuk meminimalisir kerusakan berpakaian yang mendominasi pada masyarakat maka hal itu diperbolehkan. Hukum ini berpijak pada kaidah:

إرتكاب أخف الضررين

"Memilih kerusakan yang lebih ringan saat menghadapi dua kerusakan.."

Maka bila seorang pedagang bertujuan untuk dakwah di jalan Allah, ia juga harus konsekuen menjual jilbab atau busana syar'i lainnya, serta berusaha menyampaikan al-haq kepada setiap pembeli. Jadi tidak benar jika hanya berjualan "jilbab gaul" semata lalu kemudian beralasan dalam rangka dakwah. Wa billahit tawfiq..

Baca Juga : Tafsir "Hukuman Bagi Para Penyamun"

——○●※●○——

Sumber : Whatsapp Group | المدرسة السلفية

Esha Ardhie
Kamis, 03 Desember 2015


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." [HR. Muslim no. 1893]


Blognya Esha Ardhie Updated at: 7:49:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar Anda, berbagi pengetahuan dan sudut pandang Anda. Setiap artikel sangat memungkinkan untuk diperbaiki dan dilakukan pengeditan..