Ilustrasi Tentang Adanya Allah Oleh Imam Abu Hanifah

Perahu, Kapal Nelayan Fotografi

Ilustrasi Oleh Imam Abu Hanifah

Terkadang Abu Hanifah memberikan ilustrasi-ilustrasi (permisalan) jika ia melihat hal itu dibutuhkan oleh pendengar. Banyak contoh nyata tentang hal ini..

Di zaman Abu Hanifah banyak muncul kelompok-kelompok ateis, suatu hari ia pergi menemui mereka yang sedang berkumpul, seraya berkata:

"Wahai saudaraku, aku melihat sebuah kapal yang dipenuhi sesak oleh penumpang (laki-laki atau perempuan) dan barang. Perahu itu berjalan dengan tenang di tengah deburan ombak yang menggunung dan tiupan angin yang kencang, anehnya kapal tersebut berjalan tanpa nahkoda yang mengendalikannya.."

Salah seorang di antara mereka menjawab, "Apa kisah itu masuk akal..?"

Sementara orang kedua berkata, "Kisah itu jelas, tidak mungkin bisa diterima oleh akal.."

Orang ketiga pun berkata, "Bagaimana anda bisa mengatakan bahwa ada sebuah kapal bisa berjalan di atas lautan dengan tenang tanpa nahkoda..?"

Abu Hanifah menjawab,

"Ya, Subhanallah. Jika sekiranya tidak mungkin ada sebuah kapal yang berjalan di atas lautan dengan tenang tanpa nahkoda, lalu bagaimana mungkin dunia dengan segala keberagamannya, pekerjaan dan masalah yang selalu berubah-ubah, ujung yang sangat luas, serta sisi yang sangat berbeda, bisa tercipta tanpa pencipta dan penjaga..?

Allah-lah satu-satunya Pencipta dunia ini beserta seluruh isinya, Dia berkuasa atas segala sesuatu, mengetahui yang ada di dalamnya secara detail, Dia Maha Tinggi (Agung) dan mampu mencipta segalanya,

'Dia (Allah) tidak serupa dengan apapun dan Dia Maha Mendengar dan Maha Melihat.' (QS. Asy-Syura: 11).."

Baca Juga : Teladan Imam Abu Hanifah Dalam Berbisnis

——○●※●○——

Sumber : Biografi 10 Imam Besar (edisi terjemah) halaman 13-14. Judul Asli : حياة الأئمة. Penulis : Syaikh Muhammad Hasan Al-Jamal. Penerjemah : M Khaled Muslih, MA & Imam Awaluddin, MA. Penerbit : Pustaka Al-Kautsar, Cetakan ke-6 Tahun 2013

Disalin ulang oleh : Esha Ardhie
Jum'at, 30 Januari 2015


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." [HR. Muslim no. 1893]


Blognya Esha Ardhie Updated at: 8:24:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar Anda, berbagi pengetahuan dan sudut pandang Anda. Setiap artikel sangat memungkinkan untuk diperbaiki dan dilakukan pengeditan..