Mengupas Kebohongan Konspirasi Bumi Datar (5) : Mengapa Air Laut Tidak Tumpah..?

Mengupas Kebohongan Konspirasi Bumi Datar (5) : Mengapa Air Laut Tidak Tumpah..?

Beralih ke video ketiga flat earth, "Kebohongan Sains Modern"..

Dua pertanyaan pembuka, yang barangkali akan membuat flat-earthers kocar-kacir nyamperin mbah gugel. Jika dikatakan fenomena jatuhnya apel adalah masalah berat jenis, dan matahari berputar mengelilingi bumi disebabkan karena medan elektromagnetik..

1. Mengapa matahari tidak jatuh ke bumi, bukankah berat jenis matahari jauh lebih besar daripada berat jenis apel..?

2. Mengapa apel bisa jatuh ke permukaan bumi, bukankah apel seharusnya muter-muter seperti matahari karena pengaruh medan elektromagnetik..?

Hayoloh :p :p

Simak juga : Mengupas Kebohongan Konspirasi Bumi Datar (1) - Gravitasi Dan Archimedes

Centripetal vs Gravity

Apa yang aneh dari gambar di atas..? Istilah laut tumpah sama anehnya dengan istilah jatuh ke atas. Air laut yang tidak tumpah, sama halnya dengan fenomena air di dalam gelas yang diletakkan di atas meja. Kalo dibalik, baru tumpah :p

Air laut juga bisa tumpah kalo dibalik, tapi yang dibalik air lautnya, bukan gambarnya :v

Mengapa air di dalam gelas tidak muncrat-muncrat ke atas..? Karena air tersebut dijaga oleh wadah gelas sehingga tidak tumpah dan gravitasi bumi menjaganya sehingga air di dalam gelas tidak melayang-layang ke atas. Dan begitu pun dengan air laut. Daratan dan lautan berada pada kerak bumi yang tebalnya tidak seberapa jika dibandingkan dengan jari-jari bumi. Daratan diibaratkan dengan wadah gelas yang tadi kita bicarakan..

Jika bumi ini bulat dan berputar, mengapa air laut tidak tumpah, dan mengapa kita bisa minum dengan nyaman..?

Jawabannya adalah, because science is awesome..

> Bonus Video

Daripada kita belepotan ngomongin rumus, mending kita tonton aja videonya, cuma 2 (dua) menit, jangan lupa siapin popcorn :)



Kalo mau tau penjelasan ilmiah dari video tersebut, keywordnya udah ane jadiin sub judul tuh, searching aja gaya sentripetal dan gravitasi. Good luck sob :)

——○●※●○——

Esha Ardhie
Rabu, 10 Agustus 2016


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." [HR. Muslim no. 1893]


Blognya Esha Ardhie Updated at: 10.19.00
Please Feel Free to Share