Mengupas Kebohongan Konspirasi Bumi Datar (1) : Gravitasi Dan Archimedes

Mengupas Kebohongan Konspirasi Bumi Datar (1) : Gravitasi

Artikel ini adalah lanjutan dari postingan sebelumnya : Psychology (Trik Sulap Konspirasi Bumi Datar). Saya menyarankan untuk membacanya juga agar kita sedikit mengetahui bagaimana psikologi para pembuat konspirasi. Dengan bahasa yang sederhana, artikel ini akan terus berkelanjutan karena bagaimana pun mereka tetap perlu dibantah, demi menjalankan amanah saintis, hehee males juga sih :p

Kali ini kami akan mengomentari topik gravitasi dalam video ketiga yang berjudul, "Kebohongan Sains Modern". Judulnya elegan bukan..? tapi mari kita lihat kekonyolan mereka..

Fenomena Besi Tenggelam Dan Gabus Terapung Di Air

Mengapa sebuah apel bisa jatuh ke bawah..? Jawaban sederhana, karena adanya gaya tarik bumi atau gaya gravitasi, kisah ini sering kita dengar berdampingan dengan tokoh bernama Newton..

Untuk menciptakan sosok dunia datar, mau tidak mau flat earthers harus menihilkan adanya gravitasi, dan itulah yang mereka lakukan. Mereka menolak adanya gravitasi dengan mengambil contoh dan menampilkan fenomena tenggelamnya besi dan terapungnya gabus pada air..

Dalam video ketiga pada menit 14:52 dikatakan,

Contoh kasus ketiga, fenomena besi tenggelam dan gabus terapung di air. Apa penyebabnya..?

Newton akan menjawab, "Gravitasi". Besi tenggelam karena ditarik oleh gaya tarik bumi..

Archimedes akan menjawab, "Berat Jenis". Besi tenggelam karena berat jenisnya lebih besar dari mediumnya, yaitu air. Gabus terapung karena berat jenisnya lebih kecil dari berat jenis mediumnya, yaitu air..

Kata mereka, gravitasi itu tidak ada. Fenomena apel yang jatuh ke bawah hanyalah masalah berat jenis dan bukan karena gravitasi..

Gravitasi Dan Berat Jenis (Hoax Konspirasi Bumi Datar)

> Jawabannya :

1. Kita harus jeli dan merinci dengan sebuah pertanyaan, siapa yang bertanya pada Newton dan di referensi mana Newton menjawabnya seperti itu..? hehee. Pertanyaan ini tidak lain adalah agar kita lebih menyadari bahwa argumen mereka kebanyakan hanya akal-akalan dan cenderung permainan kata-kata..

2. Gravitasi itu tidak ada, yang ada hanyalah berat jenis..

Entah yang membuat video ini nyadar atau gak nyadar ketika menyebut "Berat Jenis". Ane yang bloon gini alhamdulillah masih nyadar apa itu definisi dari berat jenis, biar lebih gampang mari kita ungkapkan saja dengan rumus..

Rumusnya adalah : s = mg/V

s = berat jenis (N/m³)
m = massa benda (kg)
g = gaya gravitasi (N/kg)
V = volume benda (m³)

ZONK..! Ternyata berat jenis berhubungan dengan gravitasi..!

Butuh Aqua..!?

Ketika kita menyebut kata "berat" maka secara langsung kita telah mendefinisikan "gravitasi", karena berat adalah perkalian antara massa dengan gaya gravitasi..

Rumusnya adalah : W = mg

W = berat (N)
m = massa (kg)
g = gaya gravitasi (N/kg)

3. Lebih lanjut. Jika mereka menolak adanya gravitasi dengan berlandas kepada Archimedes, mari kita membahas sedikit tentang Hukum Archimedes yang menjadi pegangan mereka. Besi yang tenggelam karena berat jenisnya lebih besar daripada berat jenis air, ini betul..

Hukum Archimedes berbunyi, "Benda yang tercelup sebagian atau seluruhnya di dalam fluida, akan mendapat gaya ke atas sebesar volume benda yang tercelup atau sebesar volume fluida yang dipindahkan.."

Fenomena nyata yang sama-sama kita ketahui adalah, jika kita mengangkat benda di dalam air akan terasa lebih ringan dibandingkan mengangkat benda yang sama di udara. Mengapa..? karena Hukum Archimedes tersebut, yaitu adanya gaya angkat ke atas yang bekerja pada benda di dalam air sehingga berat benda tersebut menjadi lebih ringan. Untuk membuktikan ini sangat sederhana, kita hanya perlu mengukur berat benda di udara dan berat benda ketika berada di dalam air..

Sekarang, apa rumus dari gaya angkat ke atas dalam Hukum Archimedes..?

Rumusnya adalah : Fa = ρVg

Fa = gaya ke atas (N)
ρ = massa jenis zat cair (kg/m³)
V = volume benda yang tercelup (m³)
g = gaya gravitasi (N/kg)

Dan ternyata, zonk lagi..! Archimedes menggunakan gaya gravitasi..!

Fenomena terapung, melayang, dan tenggelamnya suatu benda di dalam air dipengaruhi oleh 2 (dua) buah gaya, yaitu gaya angkat oleh fluida dan gaya berat dari benda tersebut. Besi tenggelam ke dasar air, disebabkan karena gaya angkat ke atas (Fa) yang nilainya lebih kecil daripada berat besi itu sendiri..

Hukum Archimedes (Hoax Konspirasi Bumi Datar)

Semuanya berhubungan dengan gravitasi. Hukum Newton itu lebih fundamental daripada Hukum Archimedes, jadi bagaimana mungkin menolak yang fundamendal dengan berlandas kepada turunannya..!? Seandainya gravitasi ini ditiadakan, apa yang akan terjadi...? Rusaklah tatanan rumus, aplikasi, dan fenomena yang ada di dunia ini, heheee :)

——○●※●○——

Esha Ardhie
Senin, 11 Juli 2016


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." [HR. Muslim no. 1893]


Blognya Esha Ardhie Updated at: 14.24.00
Please Feel Free to Share