HOAX, NASA Membenarkan Matahari Akan Terbit Dari Barat?


Berita-berita seperti ini sering kita dengar dan sering terulang-ulang kembali dengan berbagai modifikasi yang mereka buat, seperti halnya Neil Armstrong yang dikabarkan telah masuk Islam karena mendengar Adzan di bulan [Link], NASA yang diklaim membenarkan mukjizat terbelahnya bulan [Link], dan lain-lain yang semuanya hanyalah modus belaka demi menggugah keimanan orang-orang muslim. Kita perlu catat bahwa kebenaran Islam sama sekali tidak butuh pengakuan dari berita-berita yang semacam itu. Berhati-hatilah dalam menulis dan menyebarkan tulisan, karena menulis sejatinya adalah memperlihatkan kualitas akal kita kepada manusia.

وقال المؤتمن : كان الخطيب يقول : من صنف فقد جعل عقله على طبق يعر ضه على الناس

Al-Mu'taman mengatakan, "Al-Khathib mengatakan, 'Barangsiapa menulis, maka dia telah meletakkan akalnya di atas nampan untuk diperlihatkan kepada manusia'." [Siyar A'lam an-Nubala, 18/281]

Jika kita menelusuri topik ini maka akan kita dapatkan banyak sekali berbagai versi cerita yang tersebar mengenai NASA yang diklaim telah mengkonfirmasi kemungkinan peristiwa terbitnya matahari dari barat. Tidak diketahui secara jelas darimana asal-usul pemberitaan ini, yang jelas klaim tersebut tidak terdapat dalam situs-situs resmi milik NASA. Kami mengira bahwa sumber pemberitaan ini berasal dari surat kabar "Business Recorder" pada foto di atas, karena foto tersebut nyatanya tersebar sebagai dalil pembenaran mereka. Entah itu benar suatu publikasi atau hanya editan, yang akan kami kritisi di sini adalah mengenai isi dari pemberitaan tersebut.

ILUSI GERAK RETROGRADE

Ada yang berkomentar bahwa penggunaan bahasa inggris yang buruk dan tipe penulisan yang tidak sesuai dengan kaidah jurnalistik pada pemberitaan tersebut merupakan ciri-ciri berita yang tidak otentik.

>> KEGANJILAN

Dalam judul berita disebutkan kata "NASA" namun dalam isinya sama sekali tidak terdapat kata "NASA", tidak ada kutipan, tidak ada link, foto, video youtube, atau hal apapun yang dapat dijadikan bukti atau referensi. Ini sudah cukup untuk mempertanyakan keabsahan berita tersebut. Ciri utama kedustaan yang mengatasnamakan NASA adalah tidak ditemukannya berita tersebut di situs resmi milik NASA.

Dua paragraf pertama adalah poin penting yang perlu kita kritisi kebenarannya dengan seksama,

"The science of astronomy states that the speed of planet Mars has been decreasing in its course toward the eastern direction in the few past weeks to the level we notice the "waver" between the east and the west and on Wednesday the 30th of July 2003 the planet movement stopped going toward the eastern direction. Then in the months of August and September Mars changed its course in the opposite direction to the West- and that until the end of September which means the sun rise from the west on Mars!! And this weird phenomena of the opposite movement called "Retrograde Motion" Most scientist state that all the planets will go through the same once at least and our planet Earth is one of them. Planet Earth will move in the opposite direction some day and the sun will rise from the west!!"

"Ilmu astronomi menyatakan bahwa planet Mars semakin berkurang kecepatannya dalam lintasan yang menuju ke arah timur dalam beberapa minggu terakhir sampai kami perhatikan pada level "bimbang" antara timur dan barat dan pada hari Rabu tanggal 30 Juli 2003 gerakan planet akan berhenti menuju ke arah timur. Kemudian pada bulan Agustus dan September...Mars berubah haluan pada arah yang berlawanan (yaitu) ke barat- dan itu terjadi sampai akhir September..yang berarti matahari terbit dari barat di Mars!! Dan fenomena aneh dari gerakan yang berlawanan ini disebut dengan "Retrograde Motion" Kebanyakan ilmuwan menyatakan bahwa semua planet akan mengalami hal yang sama setidaknya satu kali, termasuk juga planet Bumi. Planet Bumi akan bergerak ke arah yang berlawanan selama beberapa hari dan matahari akan terbit dari barat!!"

Kita lupakan dulu soal bahasa dan penulisan meski bentuk surat kabar itu pun sangat meragukan. Teorinya mengatakan bahwa planet Mars yang mulanya bergerak ke arah timur dikabarkan telah mengubah lajurnya menuju barat untuk beberapa waktu dengan gerakan yang disebut dengan "Retrograde". Retrograde (mundur) adalah istilah untuk fenomena gerakan yang berlawanan dengan arah yang biasanya.

>> JAWABAN

Gerak retrograde pada planet Mars hanyalah ilusi. Artinya, planet Mars hanya terlihat seperti bergerak ke arah barat namun sejatinya tetap bergerak ke arah timur. Ini hanyalah gerak semu yang dilihat dari sudut pandang Bumi, Mars tidak benar-benar mengubah arah lintasan..!

Berikut penjelasan dari NASA,

"If you were to look up in the eastern sky at the same time each night and note where Mars appears to be compared to the constellations of stars, you would find the planet a little farther east with each viewing. That is, Mars appears to move from west to east from one night to the next. Every two years or so, there are a couple of months when Mars' position from night to night seems to change direction and move east to west. This strange behavior was very puzzling to early skywatchers. Did the planet really stop, back up, change its mind, and then continue to move forward? Did it have some weird, mystical meaning? Today we know what's going on. It's an illusion, caused by the ways that Earth and Mars orbit the sun." [source: http://marsmobile.jpl.nasa.gov/allaboutmars/nightsky/retrograde]

"Jika anda mengamati langit timur di setiap malam pada waktu yang sama, dan menandai dimana planet Mars muncul lalu dipetakan dengan rasi bintang, anda akan menemukan bahwa planet Mars sedikit menjauh ke arah timur dalam setiap pengamatan. Artinya planet Mars tampak bergerak dari barat ke timur dari satu malam ke malam berikutnya. Setiap dua tahun sekali atau lebih,  terdapat beberapa bulan dimana posisi planet Mars dari malam ke malam tampaknya mengubah arah dan bergerak dari timur ke barat. Perilaku aneh ini sangat membingungkan para pengamat langit di awal-awal. Apakah planet ini benar-benar berhenti, mundur, berubah haluan, dan kemudian terus bergerak maju? Apakah ini sebuah keajaiban, sesuatu yang mistis..? Hari ini kita mengetahui apa yang terjadi. Ini adalah ilusi yang disebabkan oleh pergerakan Bumi dan Mars dalam mengorbit matahari.."

Perhatikan gambar di bawah ini,


Bumi dan Mars sama-sama bergerak ke arah timur dalam mengelilingi matahari, tetapi perhatikanlah apa yang ada di dalam kotak, jika Mars diamati dari sudut pandang bumi maka seolah-olah ia bergerak berlawanan ke arah barat pada lintasan yang berwarna merah. Hal ini disebabkan karena jarak Bumi yang lebih dekat dengan matahari dan memiliki gerak revolusi yang lebih cepat dari Mars. Dua planet seperti mobil balap di trek oval, bumi memiliki lajur dalam dan bergerak lebih cepat dari Mars, bahkan jauh lebih cepat. Inilah yang menyebabkan seolah-olah planet Mars sedang bergerak mundur. Fenomena ini hanya terjadi dalam beberapa bulan saja, jika sudut antara Bumi dan Mars sudah berubah maka planet Mars akan tampak seperti semula yang bergerak ke arah timur.

Gerak retrograde akan teramati jika Bumi berada pada lintasan dalam. Artinya, ilusi ini tidak hanya terjadi pada planet Mars, tetapi juga pada Jupiter dan semua planet yang memiliki orbit lebih jauh ke matahari, namun tidak terjadi pada Merkurius dan Venus karena mereka lebih dekat dengan matahari.

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan video simulasi berikut,


>> KESIMPULAN

1. Tidak ditemukan adanya pernyataan dari NASA bahwa mereka telah mengkonfirmasi kemungkinan matahari akan terbit dari barat.

2. Penulis mencatut kalimat yang mengatasnamakan "kebanyakan ilmuan" dan hal ini sama sekali tidak bisa dipertanggungjawabkan.

3. Keliru dalam memahami konsep "retrograde motion". Mars tidak pernah mengubah arah lintasannya. Artinya, klaim bahwa bumi pada suatu saat nanti akan berhenti dan bergerak berlawanan arah tidaklah ilmiah dan hanya dibuat-buat. Yang paling penting, NASA tidak pernah membenarkan klaim dari kepalsuan mereka. Bahkan hal ini menyalahi konsep fisika dasar, kita mengingat kaidah Hukum Pertama Newton bahwa sifat benda adalah mempertahankan geraknya. Jika sebuah benda mulanya dalam keadaan diam maka akan selalu tetap diam selama tidak ada gaya pengganggu yang mempengaruhinya. Dan benda yang mulanya bergerak dengan kecepatan konstan pun akan tetap bergerak demikian. Maka planet yang asalnya bergerak ke arah timur lalu tiba-tiba berhenti dan bergerak berlawanan arah itu bagaimana mungkin bisa terjadi tanpa sebab..?

4. Dan pertanyaan yang tidak kalah menariknya adalah, seandainya bumi benar-benar berevolusi ke arah sebaliknya, apakah matahari di bumi akan tampak terbit dari barat..?? Ataukah ini hanya cocoklogi yang ternyata tidak cocok..?!

MENGAPA MATAHARI TERBIT DARI TIMUR DAN TERBENAM DI BARAT?

Secara umum, planet-planet dan benda-benda Tata Surya bergerak berlawanan dengan arah jarum jam (dari barat ke timur) jika dilihat dari utara Ekliptika. Namun jika dilihat dari pengamat di bumi, benda-benda langit secara umum akan terlihat bergerak dari timur ke barat.

Matahari, bulan, planet-planet, dan bintang-bintang semuanya terbit di timur dan terbenam di barat jika dilihat dari Bumi. Hal ini disebabkan karena Bumi berputar pada porosnya (berotasi) ke arah timur. Bayangkan jika kita berada dalam sebuah kendaraan yang sedang bergerak ke utara, maka kita akan melihat seolah-olah benda-benda di luar sekeliling kita (rumah, pohon, gedung, dll) sedang bergerak ke arah sebaliknya, yaitu ke arah selatan. Maka jika Bumi berputar ke arah timur, benda-benda langit akan terlihat bergerak ke arah barat, bergerak dari timur ke barat, terbit di timur dan tenggelam di barat.

Menariknya, tidak semua planet memiliki tipe gerak rotasi dari barat ke timur. Istilah retrogrde tidak hanya digunakan dalam gerak revolusi, istilah ini juga dipakai untuk menggambarkan gerak rotasi yang "tidak normal".

Venus [Link] dan Uranus [Link] adalah planet dengan tipe gerak rotasi retrograde, mereka berotasi ke arah sebaliknya yaitu dari timur ke barat. Itu berarti bahwa semua benda-benda langit yang terlihat dari planet Venus dan Uranus, termasuk juga matahari akan tampak TERBIT DARI BARAT dan terbenam di arah timur. Pluto [Link] juga memiliki tipe rotasi retrograde, namun sayangnya Pluto tidak lagi didefinisikan sebagai sebuah planet.

Lalu bagaimana mekanisme matahari di Bumi akan terbit dari barat pada hari akhir kelak..? Jawabannya adalah, Allahu a'lam.

Imam Ath-Thahawi rahimahullah berkata,

فإنه ما سلم في دينه إلا من سلم لله عز وجل ولرسوله صلى الله عليه وسلم . ورد علم ما اشتبه عليه إلى عالمه

"Tidaklah selamat seorang hamba dalam agamanya kecuali apabila dia tunduk dan pasrah terhadap Allah azza wa jalla dan Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam dan mengembalikan segala kesamaran kepada Dzat Yang Maha Mengetahui." [Aqidah Ath-Thahawiyah no. 35]

——○●※●○——

Esha Ardhie
24 November 2015


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." [HR. Muslim no. 1893]


Blognya Esha Ardhie Updated at: 18.54.00
Please Feel Free to Share