Mengapa Wajah Bulan Selalu Tampak Sama..?

Mengapa Wajah Bulan Selalu Tampak Sama..?

Mengapa Permukaan Bulan Yang Menghadap Bumi Selalu Sisi Yang Sama?

Cinta pertama itu seperti seseorang meletakkan bulan di antara bintang-bintang, tak ada yang lebih terang dari purnama. Begitulah saya mengungkapkannya. Namun pernahkah kita memperhatikan, kita selalu melihat sisi permukaan bulan yang sama, di bawah langit yang sama. Mengapa demikian..?

Bukankah bulan setia mengelilingi bumi, dan apakah bulan tak memiliki rotasi..? Nyatanya adalah sama, bulan memiliki keduanya..

Bulan ditakdirkan memiliki periode rotasi yang sama dengan waktu tempuh revolusinya dalam mengitari Bumi. Artinya, tepat ketika bulan melakukan satu kali putaran rotasi, maka ketika itu ia juga telah selesai mengitari Bumi dalam satu putaran. Itulah yang menyebabkan wajah bulan yang tampak dari bumi, adalah selalu permukaan yang sama..

Perhatikan gambar berikut, garis merah menandakan sisi bulan yang terlihat dari bumi..

Permukaan Bulan Yang Menghadap Bumi

Jika bulan tak berotasi, justru sisi bulan yang tampak dari bumi akan berbeda-beda. Begitu pun dengan rotasi bulan jika terjadi dengan sangat cepat, wajah bulan yang tampak dari bumi tidak akan sama dalam setiap waktu..

Berikut video simulasi yang akan memudahkan kita dalam memahami masalah ini..


Mengapa periode rotasi bulan bisa sama dengan periode revolusinya..?

Hal tersebut bisa terjadi karena fenomena yang dinamakan dengan tidal locking atau penguncian gravitasi, tidal locking merupakan fenomena yang umum dalam sistem gravitasi. Bumi memberikan torsi kepada bulan, lalu bulan bereaksi dengan menyesuaikan periode rotasinya sehingga tercapailah pola yang seimbang..

Baca Juga : Mengupas Fakta Mitos Minuman Bersoda Oleh SEAFAST Center IPB

——○●※●○——

Esha Ardhie
Rabu, 16 September 2015


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." [HR. Muslim no. 1893]


Blognya Esha Ardhie Updated at: 18.18.00
Please Feel Free to Share